Nama: wi’edhya ilvi darmaputri Npm : 1119210215 1. MANFAAT STATISTICAL PROCESS CONTROL DI MANAJEMEN KUALITAS 1) Pemantauan Kualitas (QC) yang Lebih Mudah PC membuat kita lebih mudah untuk memantau kualitas produk yang sedang diproduksi secara real-time. 2) Keseragaman dan Kualitas Produk yang Lebih Baik Yaitu membantu membuat produk dengan kualitas yang lebih seragam, sehingga mengurangi pemborosan. 3) Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi Produktivitas proses manufaktur yang meningkat adalah salah satu manfaat utama dari SPC. Ini karena tool SPC membantu kita menemukan dan memperbaiki root cause (akar masalah) dengan lebih mudah.
2. APA ITU QFD DAN APA MANFAATNYA BAGI PERUSAHAAN
Quality Function Deployment (QFD) merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menggabungkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dalam produk dan jasa yang disediakan bagi konsumen. MANFAAT: Membantu tim pengembangan produk berkomunikasi dengan manajemen tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan menunjukkan strategi untuk melangkah. Manajemen dapat meninjau rencana ini untuk kemudian mengalokasikan anggaran dan sumber daya lainnya.
Farah Alivia Nur Azizah 1119210234 1.SPC berguna untuk mengidentifikasi permasalahan atau kejadian yang tidak lazim, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan. 2.QFD merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menggabungkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dalam produk dan jasa yang disediakan bagi konsumen. Manfaat utama QFD adalah membantu tim pengembangan produk berkomunikasi dengan manajemen tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan menunjukkan strategi untuk melangkah, bagi perusahaan yang berusaha meningkatkan daya saingnya melaui perbaikan kualitas dan produktifitasnya secara berkesinambungan adalah sebagai berikut : 1. Fokus pada pelanggan. 2. Efisiensi waktu. 3. Orientasi kerja sama tim (Teamwork Oriented).
1. Keuntungan dari melakukan pengendalian kualitas dengan mengggunakan statistic process control adalah pengendalian (control), di mana perusahaan dapat melakukan penyelidikan yang sekiranya dibutuhkan sehingga dapat mengurangi ataupun menghilangkan titik kesulitan tertentu, baik dalam spesifikasi ataupun dalam proses produksi.
2. QFD merupakan praktek untuk merancang suatu proses sebagai tanggapan terhadap kebutuhan pelanggan. Manfaat QFD bagi perusahaan yaitu mendorong kerjasama di perusahaan, QFD berusaha meningkatkan komunikasi secara horizontal. Input yang digunakan dalam sistem organisasi dimulai dari pemasaran, produksi, hingga bagian penjualan. Setiap keinginan pelanggan diproses melalui setiap departemen. Sehingga Efisiensi dan produktivitas selalu ditingkatkan bersamaan dengan kerjasama.
1.SPC berguna untuk mengidentifikasi permasalahan atau kejadian yang tidak lazim, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan. 2.QFD atau Quality Function Deployment merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam proses produksi (pelayanan) dengan menterjemahkan keinginan konsumen kedalam karakteristik teknis yang dimiliki perusahaan. Dan secara spesifik manfaat dari penerapan QFD ini yaitu untuk meningkatkan kepuasan konsumen, memperpendek time to market, mereduksi biaya perancangan, meningkatkan komunikasi, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan keuntungan perusahaan.
1. Apa manfaat Statistic Process Control di dalam Manajemen Kualitas? Jawab : SPC berguna untuk mengidentifikasi permasalahan atau kejadian yang tidak lazim, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan. 2. Apa itu QFD dan apa manfaatnya bagi perusahaan? Jawab : • Definisi QFD : Quality Function Deployment (QFD) adalah suatu metode terstruktur yang digunakan dalam proses perencanaan dan pengembangan produk untuk menetapkan spesifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta mengevaluasi secara sistematis kapabilitas suatu produk atau jasa dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. • Manfaat bagi perusahaan : 1. Fokus pada pelanggan QFD memerlukan pengumpulan masukan dan umpan balik dari pelanggan, hal ini menunjukkan bahwa organisasi yang menerapkan QFD terbukti berfokus pada pelanggan. 2. Efisiensi waktu QFD dapat mengurangi waktu pengembangan produk, karena memfokuskan pada persyaratan pelanggan yang spesifik dan melakukan identifikasi dengan jelas. 3. Orientasi kerja sama tim (Teamwork Oriented) QFD merupakan pendekatan kerjasama tim, semua keputusan dalam proses didasarkan konsensus dan dicapai melalui diskusi mendalam dan brainstorming. 4. Orientasi pada dokumentasi Salah satu produk yang dihasilkan dari proses QFD adalah dokumen komprehensif, yang berisi mengenai semua data yang berhubungan dengan segala proses yang ada dan perbandingannya dengan persyaratan pelanggan.
1. Manfaat SPC dalam manajemen kualitas dapat melakukan analisa berdasarkan variasi proses dalam bentuk grafik dan Pengambilan kesimpulan berdasarkan data, bukan berdasarkan perkiraan belaka. 2. QFD merupakan metode perencanaan yang digunakan untuk memperbaiki proses produksi melalui pengumpulan informasi mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen. Manfaatnya bagi perusahaan QFD ini akan membantu tim fokus pada karakteristik produk maupun layanan yang ada dari sudut pandang segmentasi pasar, perusahaan, atau kebutuhan pengembangan teknologi.
Fachrul Rozi 1119210156 1. SPC membuat kita lebih mudah untuk memantau kualitas produk yang sedang di diproduksi secara real-time. -mengidentifikasi adanya variasi tempat sebelum kita terjebak dalam masalah produksi besar yang mahal untuk diperbaiki -membantu membuat produk dengan kualitas yang lebih seragam, sehingga mengurangi pemborosan.
2. (QFD) merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen. Manfaat QFD bagi perusahaan yang berusaha meningkatkan daya saingnya melalui perbaikan kualitas dan produktifitasnya secara berkesinambungan
1). Manfaat SPC berguna untuk mengidentifikasi permasalahan atau kejadian yang tidak lazim, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan.
2). Quality Function Deployment (QFD) merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam proses produksi (pelayanan) dengan menterjemahkan keinginan konsumen kedalam karakteristik teknis yang dimiliki perusahaan. manfaat penerapan QFD yaitu meningkatkan Keandalan Produk; Meningkatkan Kualitas Produk; Meningkatkan Kepuasan Konsumen; Memperpendek Time to market; Mereduksi Biaya Perancangan; Meningkatkan Komunikasi; Meningkatkan Produktivitas;
SPC membantu mengurangi skrap, limbah, cacat, dan pengerjaan ulang, meningkatkan kualitas produk, menghilangkan variasi dalam proses, dan menjaga kepatuhan terhadap peraturan dan persyaratan pelanggan. QFD adalah sebuah sistem pengembangan produk yang dimulai dari mendesain, porses manufaktur sampai produk tersebut ke tangan konsumen, di mana pengembangan produk berdasarkan kepada konsumen. 1.menentukan dan menerjemahkan kebutuhan pelanggan ke dalam karakteristik dan spesifikasi teknis; 2.membangun dan memberikan produk atau layanan yang berkualitas dengan memfokuskan semua karyawan pada kepuasan pelanggan 3.meningkatkan kepuasan pelanggan 4.meningkatkan kualitas
Anisa Sri Utami 1119210089 1. Pengendalian kualitas proses statistik atau lebih dikenal dengan pengendalian kualitas statistik statistical quality control dikatakan berada dalam batas pengendalian apabila hanya terdapat kesalah yang disebabkan oleh sebab umum. Berdasarkan hal tersebut tentunya memberikan manfaat penting, yaitu Gryna,2001: 1. Proses memiliki stabilitas yang akan memungkinkan organisasi dapat memprediksi perilaku paling tidak untuk jangka pendek. 2. Proses memiliki identitas dalam menyusun seperangkat kondisi yang penting untuk membuat prediksi masa mendatang. 3. Proses yang berada dalam kondisi “berada dalam batas pengendalian statistik” beroperasi dengan variabilitas yang lebih kecil daripada proses yang memiliki penyebab khusus, variabilitas yang rendah penting untuk memenangkan persaingan. 2.Adapun manfaat lainnya dari QFD sebagai berikut:
1. Fokus pada konsumen
Perusahaan akan lebih fokus pada konsumen. Sehingga metode QFD ini secara tidak langsung memberikan arti bahwa konsumen adalah segalanya. Perusahaan mengumpulkan sejumlah informasi seperti apa saja masukan dari konsumen. Kemudian innformasi tersebut diterjemahkan kedalam persyaratan pelanggan yang spesifik terhadap produk yang diinginkannya.
2. Menghemat biaya
Metode QFD dapat menghemat cost production (biaya produksi) karena perbaikan yang dilakukan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan. Perusahaan tidak memerlukan pengulangan pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.
1.) Manfaat SPC Meningkatakan mutu bahan dan material yang dibeli melalui penerapan Incoming Inspection. Meningkatkan produktivitas dengan menekan prosentase produk cacat, kesalahan produksi, proses rework produk gagal atau cacat. Kemampuan melakukan analisa berdasarkan variasi proses dalam bentuk grafik.
2.)QFD adalah suatu metodologi terstruktur yang digunakan dalam proses perencanaan dan pengembangan produk untuk menetapkan spesifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta mengefaluasi secara sistematis kapabilitas suatu produk atau jasa dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Berdasarkan definisinya, QFD merupakan praktek untuk merancang suatu proses sebagai tanggapan terhadap kebutuhan pelanggan. QFD menterjemahkan apa yang dibutuhkan pelanggan menjadi apa yang dihasilkan oleh organisasi. QFD memungkinkan organisasi untuk memprioritaskan kebutuhan pelanggan, menemukan tanggapan inovatif terhadap kebutuhan tersebut dan memperbaiki proses hingga tercapainya efektifitas maksimum.
QFD juga merupakan praktik menuju perbaikan proses yang dapat memungkinkan organisasi untuk melampaui harapan pelanggan. Manfaat QFD bagi perusahaan yang berusaha meningkatkan daya saingnya melalui perbaikan kualitas dan produktifitasnya secara berkesinambungan adalah sebagai berikut :
1.Fokus pada pelanggan. Organisasi TQM merupakan organisasi yang berfokus pada pelanggan. QFD memerlukan pengumpulan masukkan dan umpan balik dari pelanggan.
2.Efisiensi waktu. QFD dapat mengurangi waktu pengembangan produk karena memfokuskan pada persyaratan pelanggan yang spesifik dan telah diidentifikasikan dengan jelas
Manfaat Training Statistical Process Control (SPC) Meningkatakan mutu bahan dan material yang dibeli melalui penerapan Incoming Inspection.
2. Quality Function Deployment (QFD) merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menggabungkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dalam produk dan jasa yang disediakan bagi konsumen. Meningkatkan produktivitas dengan menekan persentase cacat, kesalahan ataupun rework.
manfaat penerapan QFD yaitu meningkatkan Keandalan Produk; Meningkatkan Kualitas Produk; Meningkatkan Kepuasan Konsumen; Memperpendek Time to market; Mereduksi Biaya Perancangan; Meningkatkan Komunikasi; Meningkatkan Produktivitas.
1.) Manfaat SPC Meningkatakan mutu bahan dan material yang dibeli melalui penerapan Incoming Inspection. Meningkatkan produktivitas dengan menekan prosentase produk cacat, kesalahan produksi, proses rework produk gagal atau cacat. Kemampuan melakukan analisa berdasarkan variasi proses dalam bentuk grafik
1. manfaat statictic process control yaitu dapat membantu perusahaan lebih mudah memantau kualitas produk, memastikan bahwa produknya seragam, lebih memuaskan pelanggan dan membuat proses produksi lebih efisien. Manfaat lain termasuk reputasi perusahaan yang meningkat, berbagai penghematan biaya, dan pencegahan recall produk serta pengembalian produk yang cacat. Saat membuat produk, kita dapat menghemat waktu ketika terjadi kerusakan pada bagian tertentu. Ini karena tool SPC membantu kita menemukan dan memperbaiki root cause (akar masalah) dengan lebih mudah, mengurangi kebutuhan untuk mematikan seluruh lini produksi ketika menangani root cause tersebut.
2. Quality Function Deployment (QFD) atau juga dikenal sebagai voice of the customer (suara konsumen) adalah metode perencanaan yang digunakan untuk memperbaiki proses produksi melalui pengumpulan informasi mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen. QFD ini digunakan untuk mendukung dan melaksanakan TQM (Total Quality Management) karena baik QFD dan TQM memiliki tujuan akhir yang sama, yakni memenuhi kepuasan pelanggan. manfaat dari QFD yaitu fokus pada konsumen dg cara mengumpulkan informasi seperti apa saja masukan konsumen. dapat menghemat biaya produksi, efisiensi waktu dibutuhkan dalam pengembangan produk dan meningkatkan pendapatan perusahaan
rifqi fauzan 1119210073 1)SPC berguna untuk mengidentifikasi permasalahan atau kejadian yang tidak lazim, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan. 2)Quality Function Deployment (QFD) merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menggabungkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dalam produk dan jasa yang disediakan bagi konsumen. manfaat: a.Fokus pada pelanggan. Organisasi TQM merupakan organisasi yang berfokus pada pelanggan. QFD memerlukan pengumpulan masukkan dan umpan balik dari pelanggan.
b.Efisiensi waktu. QFD dapat mengurangi waktu pengembangan produk karena memfokuskan pada persyaratan pelanggan yang spesifik dan telah diidentifikasikan dengan jelas.
c.Orientasi kerja sama tim (Teamwork Oriented). QFD merupakan pendekatan kerjasama tim. Semua keputusan dalam proses didasarkan konsensus dan dicapai melalui diskusi mendalam dan brainstorming.
d.Orientasi pada dokumentasi. Salah satu produk yang dihasilkan dari proses QFD adalah dokumen komprehensif mengenai semua data yang berhubungan dengan segala proses yang ada dan perbandingannya dengan persyaratan pelanggan.
1.SPC berguna untuk mengidentifikasi permasalahan atau kejadian yang tidak lazim, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan.
2.Quality Function Deployment (QFD) merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam proses produksi (pelayanan) dengan menterjemahkan keinginan konsumen kedalam karakteristik teknis yang dimiliki perusahaan.
Manfaat utama QFD adalah membantu tim pengembangan produk berkomunikasi dengan manajemen tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan menunjukkan strategi untuk melangkah. Manajemen dapat meninjau rencana ini untuk kemudian mengalokasikan anggaran dan sumber daya lainnya
1. Pengendalian (control), di mana perusahaan dapat melakukan penyelidikan yang sekiranya dibutuhkan sehingga dapat mengurangi ataupun menghilangkan titik kesulitan tertentu, baik dalam spesifikasi ataupun dalam proses produksi. Mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan pada proses karena dilakukannya pengawasan dan pengendalian sebelum terjadi masalah yang serius. Dengan begitu, jumlah produk cacat (defect) dapat dikurangi. Mampu menghemat waktu dan biaya analisa karena dalam pelaksanaannya menggunakan teknik sampling, di mana produk yang akan diperiksa/dianalisa hanya sebagian dari seluruh jumlah produksi.
2.Quality Function Deployment (QFD) merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam proses produksi (pelayanan) dengan menterjemahkan keinginan konsumen kedalam karakteristik teknis yang dimiliki perusahaan. manfaatnya : Meningkatkan Keandalan Produk. Meningkatkan Kualitas Produk. Meningkatkan Kepuasan Konsumen. Memperpendek time to market. Mereduksi biaya perancangan. Meningkatkan komunikasi. Meningkatkan Produktivitas. Meningkatkan keuntungan perusahaan.
1.SPC berguna untuk mengidentifikasi permasalahan atau kejadian yang tidak lazim, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan. 2.Quality Function Deployment (QFD) merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menggabungkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dalam produk dan jasa yang disediakan bagi konsumen.
Bunga Tasya Adelia 1119210096 1) manfaat SPC untuk mengidentifikasi permasalahan atau kejadian yang tidak lazim, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan.
2) QFD merupakan suatu metode perencanaan yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen. Manfaat QFD bagi perusahaan : a)Fokus pada pelanggan. b)Efisiensi waktu. c)Orientasi kerja sama tim. d) meningkatkan keuntungan pada perusahaan.
1. SPC berguna untuk mengidentifikasi permasalahan, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan. 2. QFD adalah suatu metodologi terstruktur yang digunakan dalam proses perencanaan dan pengembangan produk untuk menetapkan spesifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta mengefaluasi secara sistematis kapabilitas suatu produk atau jasa dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Manfaaat QFD bagi perusahaan - Fokus pada pelanggan. Organisasi TQM merupakan organisasi yang berfokus pada pelanggan. QFD memerlukan pengumpulan masukkan dan umpan balik dari pelanggan. - Efisiensi waktu. QFD dapat mengurangi waktu pengembangan produk karena memfokuskan pada persyaratan pelanggan yang spesifik dan telah diidentifikasikan dengan jelas.
Santoso Tri Indra Putra (1119210119) 1. Statistic process control digunakan perusahaan / organisasi untuk memastikan proses memenuhi standar untuk menghasilkan sebuah produk yang berkualitas 2. QFD ( Quality Function deployment ) adalah sebuah sistem pengembangan produk yang dimulai dari mendasain, proses manufaktur sampai produk tersebut ke tangan konsumen, di mana pengembangan produk berdasarkan kepada kehendak konsumen. manfaat penerapan QFD yaitu : meningkatkan keandalan produk, meningkatkan kualitas produk, meningkatkan kepuasan konsumen, memperpendek time to market, mereduksi biaya, meningkatkan komunikasi, meningkatkan produktivitas, meningkatkan keuntungan perusahaan.
SPC membuat kita lebih mudah untuk memantau kualitas produk yang sedang diproduksi secara real-time. SPC juga mengidentifikasi adanya variasi tempat sebelum kita terjebak dalam masalah produksi besar yang mahal untuk diperbaiki. Meskipun matematika di balik SPC kadang rumit, ada beberapa opsi perangkat lunak (software SPC) yang menangani analisis dan pelaporan sehingga kita tak perlu sering melakukan inspeksi manual.
Keuntungan lain dari SPC adalah membantu membuat produk dengan kualitas yang lebih seragam, sehingga mengurangi pemborosan.
Manfaat utama QFD adalah membantu tim pengembangan produk berkomunikasi dengan manajemen tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan menunjukkan strategi untuk melangkah. Manajemen dapat meninjau rencana ini untuk kemudian mengalokasikan anggaran dan sumber daya lainnya
1) Keuntungan SPC : SPC membuat kita lebih mudah untuk memantau kualitas produk yang sedang diproduksi secara real-time, membantu membuat produk dengan kualitas yang lebih seragam, sehingga mengurangi pemborosan.Menggunakan SPC juga membantu mengurangi waktu dan uang yang dihabiskan untuk menangani pengembalian produk oleh pelanggan, atau klaim garansi, karena pelanggan tidak menerima produk yang tepat atau menerima produk yang rusak.
2) QFD merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menggabungkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dalam produk/jasa yang disediakan bagi konsumen. Manfaatnya: (1) Membantu dalam membuat trade-off antara apa yang diinginkan oleh pelanggan dengan apa yang mampu dihasilkan oleh perusahaan. (2) Meningkatkan kepuasan pelanggan, karena kebutuhan pelanggan menjadi pertimbangan dalam proses pengembangan produk. (3) Menyebabkan karyawan menyediakan dokumentasi yang cukup karena mereka melihat pentingnya informasi. (4) Meningkatkan komunikasi yang efektif antara divisi perusahaan.
SPC membuat kita lebih mudah untuk memantau kualitas produk yang sedang diproduksi secara real-time. SPC juga mengidentifikasi adanya variasi tempat sebelum kita terjebak dalam masalah produksi besar yang mahal untuk diperbaiki. Meskipun matematika di balik SPC kadang rumit, ada beberapa opsi perangkat lunak (software SPC) yang menangani analisis dan pelaporan sehingga kita tak perlu sering melakukan inspeksi manual.
Keuntungan lain dari SPC adalah membantu membuat produk dengan kualitas yang lebih seragam, sehingga mengurangi pemborosan.
Manfaat utama QFD adalah membantu tim pengembangan produk berkomunikasi dengan manajemen tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan menunjukkan strategi untuk melangkah. Manajemen dapat meninjau rencana ini untuk kemudian mengalokasikan anggaran dan sumber daya lainnya
1. Manfaat Statistic Process Control di dalam Manajemen Kualitas Manfaat terbesar dari kontrol proses statistik adalah bukan tindakan setelah kegagalan namun fokusnya adalah pada fungsi pencegahan. Bahkan jika cacat itu tidak segera terjadi berdasarkan statistik, mungkin untuk mengidentifikasi potensi risiko cacat dalam proses saat ini memungkinkan untuk mengambil tindakan sebelumnya. Dengan meminimalkan tingkat cacat di semua proses perusahaan, biaya pemeriksaan kualitas setelah produksi dan mengurangi biaya penanganan produk yang cacat. Mampu menanggapi terlebih dahulu risiko potensi cacat dalam proses, meminimalkan tingkat cacat dengan sistem pemantauan rutin karena peningkatan yang dihasilkan dalam produktivitas dan penurunan biaya, serta memaksimalkan keuntungan perusahaan.
2. Apa itu QFD dan apa manfaatnya bagi perusahaan Quality Function Deployment (QFD) adalah teknik pengambilan keputusan yang digunakan untuk mengembangkan produk baru atau meningkatkan produk yang sudah ada, membantu mencerminkan kebutuhandan harapan pelanggan dalam desain produk perusahaan. Manfaat QFD adalah sebagai berikut: (1) Digunakan untuk memprioritaskan kebutuhan pelanggan. (2) Mengubah kebutuhan pelanggan menjadi desain yang dapat ditindaklanjuti seperti karakteristik dan spesifikasi teknis. (3) Mengkonsentrasikan berbagai kegiatan bisnis untuk mencapai tujuan bersama yaitu kepuasan pelanggan, dengan demikian membangun sistem untuk menyediakan produk dan layanan yang berkualitas. (4) QFD telah diterapkan ke semua industri.
Rizca Puteri Khairunisa 1119210155 1. MANFAAT STATISTICAL PROCESS CONTROL DI MANAJEMEN KUALITAS 1) Pemantauan Kualitas (QC) yang Lebih Mudah PC membuat kita lebih mudah untuk memantau kualitas produk yang sedang diproduksi secara real-time. 2) Keseragaman dan Kualitas Produk yang Lebih Baik Yaitu membantu membuat produk dengan kualitas yang lebih seragam, sehingga mengurangi pemborosan. 3) Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi Produktivitas proses manufaktur yang meningkat adalah salah satu manfaat utama dari SPC. Ini karena tool SPC membantu kita menemukan dan memperbaiki root cause (akar masalah) dengan lebih mudah.
2. APA ITU QFD DAN APA MANFAATNYA BAGI PERUSAHAAN
Quality Function Deployment (QFD) merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menggabungkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dalam produk dan jasa yang disediakan bagi konsumen. MANFAAT: Membantu tim pengembangan produk berkomunikasi dengan manajemen tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan menunjukkan strategi untuk melangkah. Manajemen dapat meninjau rencana ini untuk kemudian mengalokasikan anggaran dan sumber daya lainnya.
1. Menggunakan SPC dapat membantu perusahaan lebih mudah memantau kualitas produk, memastikan bahwa produknya seragam, lebih memuaskan pelanggan dan membuat proses produksi Anda lebih efisien.
2. Quality Function Deployment (QFD) merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam proses produksi (pelayanan) dengan menterjemahkan keinginan konsumen kedalam karakteristik teknis yang dimiliki perusahaan. Manfaat utama QFD adalah membantu tim pengembangan produk berkomunikasi dengan manajemen tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan menunjukkan strategi untuk melangkah. Manajemen dapat meninjau rencana ini untuk kemudian mengalokasikan anggaran dan sumber daya lainnya.
1. Manfaat Training Statistical Process Control (SPC) Mengurangi biaya-biaya yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan, misalnya : rework cost, sorting cost, Punishment cost akibat customer complaint, dll. Meningkatakan mutu bahan dan material yang dibeli melalui penerapan Incoming Inspection.
2.Quality Function Deployment (QFD) merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam proses produksi (pelayanan) dengan menterjemahkan keinginan konsumen kedalam karakteristik teknis yang dimiliki perusahaan. Manfaat (QFD) Meningkatkan kerja sama tim antara teknisi-teknisi di departemen. Meningkatkan kepuasan pelanggan (hal ini disebabkan karena kebutuhan pelanggan menjadi pertimbangan dalam proses pengembangan produk) Mempersingkat waktu sampai dengan diluncurkan ke pasar.
1. SPC membuat kita lebih mudah untuk memantau kualitas produk yang sedang diproduksi secara real-time. SPC juga mengidentifikasi adanya variasi tempat sebelum kita terjebak dalam masalah produksi besar yang mahal untuk diperbaiki. Meskipun matematika di balik SPC kadang rumit, ada beberapa opsi perangkat lunak (software SPC) yang menangani analisis dan pelaporan sehingga kita tak perlu sering melakukan inspeksi manual.
Kita cukup menggunakan informasi langsung terkait proses untuk menemukan masalah besar lebih awal, membandingkan kinerja saat ini dengan data sebelumnya dan meningkatkan proses produksi dalam jangka panjang. Pada saat yang sama, kita akan tahu persis proses mana yang bekerja dengan baik, sehingga dapat menghindari penyesuaian yang tidak perlu. Keuntungan lain dari SPC adalah membantu membuat produk dengan kualitas yang lebih seragam, sehingga mengurangi pemborosan. Jika perusahaan kita memproduksi sepatu kulit desainer, misalnya, menggunakan SPC akan membantu memastikan bahwa masing-masing sepatu memiliki ukuran dan desain yang sama sehingga pelanggan mendapatkan produk tepat seperti yang mereka pesan dari kita. Kalau tidak, kita harus berkutat dengan sepatu-sepatu yang perlu diperbaiki, membuat material dan waktu produksi terbuang percuma.
Menggunakan SPC juga membantu mengurangi waktu dan uang yang dihabiskan untuk menangani pengembalian produk oleh pelanggan, atau klaim garansi, karena pelanggan tidak menerima produk yang tepat atau menerima produk yang rusak. Sebagai manfaat tambahan, kepuasan pelanggan akan meningkat dan perusahaan kita akan memiliki reputasi yang lebih baik karena menghasilkan produk yang berkualitas. Produktivitas proses manufaktur yang meningkat adalah salah satu manfaat utama dari SPC. Saat membuat produk, kita dapat menghemat waktu ketika terjadi kerusakan pada bagian tertentu. Ini karena tool SPC membantu kita menemukan dan memperbaiki root cause (akar masalah) dengan lebih mudah, mengurangi kebutuhan untuk mematikan seluruh lini produksi ketika menangani root cause tersebut.
2. karena penerapan Quality Function Deployment itu dapat menjamin kelangsungan perusahaan dalam proses perencanaan dan pengembangan produk untuk menetapkan spesifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen. sehingga, kita dapat mengetahui dan mengevaluasi suatu produk dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen
Setiap organisasi memiliki pelanggan, baik itu pelanggan internal ataupun pelanggan eksternal. Ketika Anda harus bekerja untuk merancang dan membuat produk yang bisa melampaui ekspektasi pelanggan maka QFD akan sangat membantu. Quality Function Deployment (QFD) pertama kali dikembangkan di Jepang pada akhir 1960-an oleh Dr. Yoji Akao kemudian dibawa ke Amerika Serikat pada awal 1980-an dan semakin populer ketika sukses digunakan industri otomotif. Dr. Yoji Akao mendefinisikan QFD sebagai metode untuk mentransformasikan permintaan dari user menjadi sebuah design quality ke dalam sistem, bagian komponen, dan elemen-elemen spesifik dalam proses manufaktur. Sementara Jui-Chin J., Ming-Li S., & Mao-Hsiung T. dalam laporannya (QFD’s Evolution in Japan and the West), menyebut QFD sebagai metode yang paling lengkap, sistematis dan meyakinkan untuk merancang produk dengan kualitas yang memenuhi keinginan konsumen. Para profesional di bidang quality pun merujuk QFD dengan berbagai istilah, mulai dari matrix product planning,, hingga customer-driven engineering. Manfaat utama QFD adalah membantu tim pengembangan produk berkomunikasi dengan manajemen tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan menunjukkan strategi untuk melangkah. Manajemen dapat meninjau rencana ini untuk kemudian mengalokasikan anggaran dan sumber daya lainnya. QFD akan membantu manajemen untuk mengevaluasi apakah rencana produk tersebut memiliki nilai investasi atau tidak. Dengan demikian keinginan antara tim proyek dan manajemen bisa selaras. Biasanya QFD digunakan ketika perusahaan ingin merancang dan mengembangkan produk baru atau ketika perusahaan ingin memodifikasi produk lama sesuai tren yang ada saat ini atau prediksi yang akan datang.
QFD akan membantu tim fokus pada karakteristik produk maupun layanan yang ada dari sudut pandang segmentasi pasar, perusahaan, atau kebutuhan pengembangan teknologi.
Nama: wi’edhya ilvi darmaputri
ReplyDeleteNpm : 1119210215
1. MANFAAT STATISTICAL PROCESS CONTROL DI MANAJEMEN KUALITAS
1) Pemantauan Kualitas (QC) yang Lebih Mudah
PC membuat kita lebih mudah untuk memantau kualitas produk yang sedang diproduksi secara real-time.
2) Keseragaman dan Kualitas Produk yang Lebih Baik
Yaitu membantu membuat produk dengan kualitas yang lebih seragam, sehingga mengurangi pemborosan.
3) Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi
Produktivitas proses manufaktur yang meningkat adalah salah satu manfaat utama dari SPC. Ini karena tool SPC membantu kita menemukan dan memperbaiki root cause (akar masalah) dengan lebih mudah.
2. APA ITU QFD DAN APA MANFAATNYA BAGI PERUSAHAAN
Quality Function Deployment (QFD) merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menggabungkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dalam produk dan jasa yang disediakan bagi konsumen.
MANFAAT:
Membantu tim pengembangan produk berkomunikasi dengan manajemen tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan menunjukkan strategi untuk melangkah. Manajemen dapat meninjau rencana ini untuk kemudian mengalokasikan anggaran dan sumber daya lainnya.
Farah Alivia Nur Azizah
ReplyDelete1119210234
1.SPC berguna untuk mengidentifikasi permasalahan atau kejadian yang tidak lazim, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan.
2.QFD merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menggabungkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dalam produk dan jasa yang disediakan bagi konsumen.
Manfaat utama QFD adalah membantu tim pengembangan produk berkomunikasi dengan manajemen tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan menunjukkan strategi untuk melangkah, bagi perusahaan yang berusaha meningkatkan daya saingnya melaui perbaikan kualitas dan produktifitasnya secara berkesinambungan adalah sebagai berikut : 1. Fokus pada pelanggan. 2. Efisiensi waktu. 3. Orientasi kerja sama tim (Teamwork Oriented).
1. Keuntungan dari melakukan pengendalian kualitas dengan mengggunakan statistic process control adalah pengendalian (control), di mana perusahaan dapat melakukan penyelidikan yang sekiranya dibutuhkan sehingga dapat mengurangi ataupun menghilangkan titik kesulitan tertentu, baik dalam spesifikasi ataupun dalam proses produksi.
ReplyDelete2. QFD merupakan praktek untuk merancang suatu proses sebagai tanggapan terhadap kebutuhan pelanggan. Manfaat QFD bagi perusahaan yaitu mendorong kerjasama di perusahaan, QFD berusaha meningkatkan komunikasi secara horizontal. Input yang digunakan dalam sistem organisasi dimulai dari pemasaran, produksi, hingga bagian penjualan. Setiap keinginan pelanggan diproses melalui setiap departemen. Sehingga Efisiensi dan produktivitas selalu ditingkatkan bersamaan dengan kerjasama.
1.SPC berguna untuk mengidentifikasi permasalahan atau kejadian yang tidak lazim, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan.
ReplyDelete2.QFD atau Quality Function Deployment merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam proses produksi (pelayanan) dengan menterjemahkan keinginan konsumen kedalam karakteristik teknis yang dimiliki perusahaan. Dan secara spesifik manfaat dari penerapan QFD ini yaitu untuk meningkatkan kepuasan konsumen, memperpendek time to market, mereduksi biaya perancangan, meningkatkan komunikasi, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan keuntungan perusahaan.
Nama : Aida
ReplyDeleteNpm : 1119210173
1. Apa manfaat Statistic Process Control di dalam Manajemen Kualitas?
Jawab :
SPC berguna untuk mengidentifikasi permasalahan atau kejadian yang tidak lazim, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan.
2. Apa itu QFD dan apa manfaatnya bagi perusahaan?
Jawab :
• Definisi QFD : Quality Function Deployment (QFD) adalah suatu metode terstruktur yang digunakan dalam proses perencanaan dan pengembangan produk untuk menetapkan spesifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta mengevaluasi secara sistematis kapabilitas suatu produk atau jasa dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
• Manfaat bagi perusahaan :
1. Fokus pada pelanggan
QFD memerlukan pengumpulan masukan dan umpan balik dari pelanggan, hal ini menunjukkan bahwa organisasi yang menerapkan QFD terbukti berfokus pada pelanggan.
2. Efisiensi waktu
QFD dapat mengurangi waktu pengembangan produk, karena memfokuskan pada persyaratan pelanggan yang spesifik dan melakukan identifikasi dengan jelas.
3. Orientasi kerja sama tim (Teamwork Oriented)
QFD merupakan pendekatan kerjasama tim, semua keputusan dalam proses didasarkan konsensus dan dicapai melalui diskusi mendalam dan brainstorming.
4. Orientasi pada dokumentasi
Salah satu produk yang dihasilkan dari proses QFD adalah dokumen komprehensif, yang berisi mengenai semua data yang berhubungan dengan segala proses yang ada dan perbandingannya dengan persyaratan pelanggan.
1. Manfaat SPC dalam manajemen kualitas dapat melakukan analisa berdasarkan variasi proses dalam bentuk grafik dan Pengambilan kesimpulan berdasarkan data, bukan berdasarkan perkiraan belaka.
ReplyDelete2. QFD merupakan metode perencanaan yang digunakan untuk memperbaiki proses produksi melalui pengumpulan informasi mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen. Manfaatnya bagi perusahaan QFD ini akan membantu tim fokus pada karakteristik produk maupun layanan yang ada dari sudut pandang segmentasi pasar, perusahaan, atau kebutuhan pengembangan teknologi.
Fachrul Rozi
ReplyDelete1119210156
1. SPC membuat kita lebih mudah untuk memantau kualitas produk yang sedang di diproduksi secara real-time.
-mengidentifikasi adanya variasi tempat sebelum kita terjebak dalam masalah produksi besar yang mahal untuk diperbaiki
-membantu membuat produk dengan kualitas yang lebih seragam, sehingga mengurangi pemborosan.
2. (QFD) merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen.
Manfaat QFD bagi perusahaan yang berusaha meningkatkan daya saingnya melalui perbaikan kualitas dan produktifitasnya secara berkesinambungan
1). Manfaat SPC berguna untuk mengidentifikasi permasalahan atau kejadian yang tidak lazim, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan.
ReplyDelete2). Quality Function Deployment (QFD) merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam proses produksi (pelayanan) dengan menterjemahkan keinginan konsumen kedalam karakteristik teknis yang dimiliki perusahaan.
manfaat penerapan QFD yaitu meningkatkan Keandalan Produk; Meningkatkan Kualitas Produk; Meningkatkan Kepuasan Konsumen; Memperpendek Time to market; Mereduksi Biaya Perancangan; Meningkatkan Komunikasi; Meningkatkan Produktivitas;
SPC membantu mengurangi skrap, limbah, cacat, dan pengerjaan ulang, meningkatkan kualitas produk, menghilangkan variasi dalam proses, dan menjaga kepatuhan terhadap peraturan dan persyaratan pelanggan.
ReplyDeleteQFD adalah sebuah sistem pengembangan produk yang dimulai dari mendesain, porses manufaktur sampai produk tersebut ke tangan konsumen, di mana pengembangan produk berdasarkan kepada konsumen.
1.menentukan dan menerjemahkan kebutuhan pelanggan ke dalam karakteristik dan spesifikasi teknis;
2.membangun dan memberikan produk atau layanan yang berkualitas dengan memfokuskan semua karyawan pada kepuasan pelanggan
3.meningkatkan kepuasan pelanggan
4.meningkatkan kualitas
Anisa Sri Utami
ReplyDelete1119210089
1. Pengendalian kualitas proses statistik atau lebih dikenal dengan pengendalian kualitas statistik statistical quality control dikatakan berada dalam batas pengendalian apabila hanya terdapat kesalah yang disebabkan oleh sebab umum. Berdasarkan hal tersebut tentunya memberikan manfaat penting, yaitu Gryna,2001: 1. Proses memiliki stabilitas yang akan memungkinkan organisasi dapat memprediksi perilaku paling tidak untuk jangka pendek. 2. Proses memiliki identitas dalam menyusun seperangkat kondisi yang penting untuk membuat prediksi masa mendatang. 3. Proses yang berada dalam kondisi “berada dalam batas pengendalian statistik” beroperasi dengan variabilitas yang lebih kecil daripada proses yang memiliki penyebab khusus, variabilitas yang rendah penting untuk memenangkan persaingan.
2.Adapun manfaat lainnya dari QFD sebagai berikut:
1. Fokus pada konsumen
Perusahaan akan lebih fokus pada konsumen. Sehingga metode QFD ini secara tidak langsung memberikan arti bahwa konsumen adalah segalanya. Perusahaan mengumpulkan sejumlah informasi seperti apa saja masukan dari konsumen. Kemudian innformasi tersebut diterjemahkan kedalam persyaratan pelanggan yang spesifik terhadap produk yang diinginkannya.
2. Menghemat biaya
Metode QFD dapat menghemat cost production (biaya produksi) karena perbaikan yang dilakukan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan. Perusahaan tidak memerlukan pengulangan pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.
1.) Manfaat SPC
ReplyDeleteMeningkatakan mutu bahan dan material yang dibeli melalui penerapan Incoming Inspection. Meningkatkan produktivitas dengan menekan prosentase produk cacat, kesalahan produksi, proses rework produk gagal atau cacat. Kemampuan melakukan analisa berdasarkan variasi proses dalam bentuk grafik.
2.)QFD adalah suatu metodologi terstruktur yang digunakan dalam proses perencanaan dan pengembangan produk untuk menetapkan spesifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta mengefaluasi secara sistematis kapabilitas suatu produk atau jasa dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Berdasarkan definisinya, QFD merupakan praktek untuk merancang suatu proses sebagai tanggapan terhadap kebutuhan pelanggan. QFD menterjemahkan apa yang dibutuhkan pelanggan menjadi apa yang dihasilkan oleh organisasi. QFD memungkinkan organisasi untuk memprioritaskan kebutuhan pelanggan, menemukan tanggapan inovatif terhadap kebutuhan tersebut dan memperbaiki proses hingga tercapainya efektifitas maksimum.
QFD juga merupakan praktik menuju perbaikan proses yang dapat memungkinkan organisasi untuk melampaui harapan pelanggan. Manfaat QFD bagi perusahaan yang berusaha meningkatkan daya saingnya melalui perbaikan kualitas dan produktifitasnya secara berkesinambungan adalah sebagai berikut :
1.Fokus pada pelanggan. Organisasi TQM merupakan organisasi yang berfokus pada pelanggan. QFD memerlukan pengumpulan masukkan dan umpan balik dari pelanggan.
2.Efisiensi waktu. QFD dapat mengurangi waktu pengembangan produk karena memfokuskan pada persyaratan pelanggan yang spesifik dan telah diidentifikasikan dengan jelas
ReplyDeleteManfaat Training Statistical Process Control (SPC)
Meningkatakan mutu bahan dan material yang dibeli melalui penerapan Incoming Inspection.
2. Quality Function Deployment (QFD) merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menggabungkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dalam produk dan jasa yang disediakan bagi konsumen.
Meningkatkan produktivitas dengan menekan persentase cacat, kesalahan ataupun rework.
manfaat penerapan QFD yaitu meningkatkan Keandalan Produk; Meningkatkan Kualitas Produk; Meningkatkan Kepuasan Konsumen; Memperpendek Time to market; Mereduksi Biaya Perancangan; Meningkatkan Komunikasi; Meningkatkan Produktivitas.
1.) Manfaat SPC
DeleteMeningkatakan mutu bahan dan material yang dibeli melalui penerapan Incoming Inspection. Meningkatkan produktivitas dengan menekan prosentase produk cacat, kesalahan produksi, proses rework produk gagal atau cacat. Kemampuan melakukan analisa berdasarkan variasi proses dalam bentuk grafik
1. manfaat statictic process control yaitu dapat membantu perusahaan lebih mudah memantau kualitas produk, memastikan bahwa produknya seragam, lebih memuaskan pelanggan dan membuat proses produksi lebih efisien. Manfaat lain termasuk reputasi perusahaan yang meningkat, berbagai penghematan biaya, dan pencegahan recall produk serta pengembalian produk yang cacat. Saat membuat produk, kita dapat menghemat waktu ketika terjadi kerusakan pada bagian tertentu. Ini karena tool SPC membantu kita menemukan dan memperbaiki root cause (akar masalah) dengan lebih mudah, mengurangi kebutuhan untuk mematikan seluruh lini produksi ketika menangani root cause tersebut.
ReplyDelete2. Quality Function Deployment (QFD) atau juga dikenal sebagai voice of the customer (suara konsumen) adalah metode perencanaan yang digunakan untuk memperbaiki proses produksi melalui pengumpulan informasi mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen. QFD ini digunakan untuk mendukung dan melaksanakan TQM (Total Quality Management) karena baik QFD dan TQM memiliki tujuan akhir yang sama, yakni memenuhi kepuasan pelanggan.
manfaat dari QFD yaitu fokus pada konsumen dg cara mengumpulkan informasi seperti apa saja masukan konsumen. dapat menghemat biaya produksi, efisiensi waktu dibutuhkan dalam pengembangan produk dan meningkatkan pendapatan perusahaan
rifqi fauzan
ReplyDelete1119210073
1)SPC berguna untuk mengidentifikasi permasalahan atau kejadian yang tidak lazim, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan.
2)Quality Function Deployment (QFD) merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menggabungkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dalam produk dan jasa yang disediakan bagi konsumen.
manfaat:
a.Fokus pada pelanggan. Organisasi TQM merupakan organisasi yang berfokus pada pelanggan. QFD memerlukan pengumpulan masukkan dan umpan balik dari pelanggan.
b.Efisiensi waktu. QFD dapat mengurangi waktu pengembangan produk karena memfokuskan pada persyaratan pelanggan yang spesifik dan telah diidentifikasikan dengan jelas.
c.Orientasi kerja sama tim (Teamwork Oriented). QFD merupakan pendekatan kerjasama tim. Semua keputusan dalam proses didasarkan konsensus dan dicapai melalui diskusi mendalam dan brainstorming.
d.Orientasi pada dokumentasi. Salah satu produk yang dihasilkan dari proses QFD adalah dokumen komprehensif mengenai semua data yang berhubungan dengan segala proses yang ada dan perbandingannya dengan persyaratan pelanggan.
haekal shadafy
ReplyDelete1119210059
1.SPC berguna untuk mengidentifikasi permasalahan atau kejadian yang tidak lazim, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan.
2.Quality Function Deployment (QFD) merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam proses produksi (pelayanan) dengan menterjemahkan keinginan konsumen kedalam karakteristik teknis yang dimiliki perusahaan.
Manfaat utama QFD adalah membantu tim pengembangan produk berkomunikasi dengan manajemen tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan menunjukkan strategi untuk melangkah. Manajemen dapat meninjau rencana ini untuk kemudian mengalokasikan anggaran dan sumber daya lainnya
Erta Sihura
ReplyDelete1119210180
1. Pengendalian (control), di mana perusahaan dapat melakukan penyelidikan yang sekiranya dibutuhkan sehingga dapat mengurangi ataupun menghilangkan titik kesulitan tertentu, baik dalam spesifikasi ataupun dalam proses produksi.
Mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan pada proses karena dilakukannya pengawasan dan pengendalian sebelum terjadi masalah yang serius. Dengan begitu, jumlah produk cacat (defect) dapat dikurangi.
Mampu menghemat waktu dan biaya analisa karena dalam pelaksanaannya menggunakan teknik sampling, di mana produk yang akan diperiksa/dianalisa hanya sebagian dari seluruh jumlah produksi.
2.Quality Function Deployment (QFD) merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam proses produksi (pelayanan) dengan menterjemahkan keinginan konsumen kedalam karakteristik teknis yang dimiliki perusahaan.
manfaatnya :
Meningkatkan Keandalan Produk.
Meningkatkan Kualitas Produk.
Meningkatkan Kepuasan Konsumen.
Memperpendek time to market.
Mereduksi biaya perancangan.
Meningkatkan komunikasi.
Meningkatkan Produktivitas.
Meningkatkan keuntungan perusahaan.
1.SPC berguna untuk mengidentifikasi permasalahan atau kejadian yang tidak lazim, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan.
ReplyDelete2.Quality Function Deployment (QFD) merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menggabungkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dalam produk dan jasa yang disediakan bagi konsumen.
Bunga Tasya Adelia 1119210096
ReplyDelete1) manfaat SPC untuk mengidentifikasi permasalahan atau kejadian yang tidak lazim, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan.
2) QFD merupakan suatu metode perencanaan yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen. Manfaat QFD bagi perusahaan : a)Fokus pada pelanggan. b)Efisiensi waktu. c)Orientasi kerja sama tim. d) meningkatkan keuntungan pada perusahaan.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDelete1. SPC berguna untuk mengidentifikasi permasalahan, sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikan kinerja proses sekarang ini, serta meramalkan kinerja yang akan datang dan menyarankan tindakan perbaikan yang diperlukan. 2. QFD adalah suatu metodologi terstruktur yang digunakan dalam proses perencanaan dan pengembangan produk untuk menetapkan spesifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta mengefaluasi secara sistematis kapabilitas suatu produk atau jasa dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Manfaaat QFD bagi perusahaan
ReplyDelete- Fokus pada pelanggan. Organisasi TQM merupakan organisasi yang berfokus pada pelanggan. QFD memerlukan pengumpulan masukkan dan umpan balik dari pelanggan.
- Efisiensi waktu. QFD dapat mengurangi waktu pengembangan produk karena memfokuskan pada persyaratan pelanggan yang spesifik dan telah diidentifikasikan dengan jelas.
Santoso Tri Indra Putra (1119210119)
ReplyDelete1. Statistic process control digunakan perusahaan / organisasi untuk memastikan proses memenuhi standar untuk menghasilkan sebuah produk yang berkualitas
2. QFD ( Quality Function deployment ) adalah sebuah sistem pengembangan produk yang dimulai dari mendasain, proses manufaktur sampai produk tersebut ke tangan konsumen, di mana pengembangan produk berdasarkan kepada kehendak konsumen.
manfaat penerapan QFD yaitu : meningkatkan keandalan produk, meningkatkan kualitas produk, meningkatkan kepuasan konsumen, memperpendek time to market, mereduksi biaya, meningkatkan komunikasi, meningkatkan produktivitas, meningkatkan keuntungan perusahaan.
SPC membuat kita lebih mudah untuk memantau kualitas produk yang sedang diproduksi secara real-time. SPC juga mengidentifikasi adanya variasi tempat sebelum kita terjebak dalam masalah produksi besar yang mahal untuk diperbaiki. Meskipun matematika di balik SPC kadang rumit, ada beberapa opsi perangkat lunak (software SPC) yang menangani analisis dan pelaporan sehingga kita tak perlu sering melakukan inspeksi manual.
ReplyDeleteKeuntungan lain dari SPC adalah membantu membuat produk dengan kualitas yang lebih seragam, sehingga mengurangi pemborosan.
Manfaat utama QFD adalah membantu tim pengembangan produk berkomunikasi dengan manajemen tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan menunjukkan strategi untuk melangkah. Manajemen dapat meninjau rencana ini untuk kemudian mengalokasikan anggaran dan sumber daya lainnya
Alyanada
ReplyDelete1119210091
1) Keuntungan SPC :
SPC membuat kita lebih mudah untuk memantau kualitas produk yang sedang diproduksi secara real-time, membantu membuat produk dengan kualitas yang lebih seragam, sehingga mengurangi pemborosan.Menggunakan SPC juga membantu mengurangi waktu dan uang yang dihabiskan untuk menangani pengembalian produk oleh pelanggan, atau klaim garansi, karena pelanggan tidak menerima produk yang tepat atau menerima produk yang rusak.
2) QFD merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menggabungkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dalam produk/jasa yang disediakan bagi konsumen.
Manfaatnya: (1) Membantu dalam membuat trade-off antara apa yang diinginkan oleh pelanggan dengan apa yang mampu dihasilkan oleh perusahaan. (2) Meningkatkan kepuasan pelanggan, karena kebutuhan pelanggan menjadi pertimbangan dalam proses pengembangan produk. (3) Menyebabkan karyawan menyediakan dokumentasi yang cukup karena mereka melihat pentingnya informasi. (4) Meningkatkan komunikasi yang efektif antara divisi perusahaan.
Muhamad Syahran (1119210141)
ReplyDeleteSPC membuat kita lebih mudah untuk memantau kualitas produk yang sedang diproduksi secara real-time. SPC juga mengidentifikasi adanya variasi tempat sebelum kita terjebak dalam masalah produksi besar yang mahal untuk diperbaiki. Meskipun matematika di balik SPC kadang rumit, ada beberapa opsi perangkat lunak (software SPC) yang menangani analisis dan pelaporan sehingga kita tak perlu sering melakukan inspeksi manual.
Keuntungan lain dari SPC adalah membantu membuat produk dengan kualitas yang lebih seragam, sehingga mengurangi pemborosan.
Manfaat utama QFD adalah membantu tim pengembangan produk berkomunikasi dengan manajemen tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan menunjukkan strategi untuk melangkah. Manajemen dapat meninjau rencana ini untuk kemudian mengalokasikan anggaran dan sumber daya lainnya
Alfina Damayanti (1119210071)
ReplyDelete1. Manfaat Statistic Process Control di dalam Manajemen Kualitas
Manfaat terbesar dari kontrol proses statistik adalah bukan tindakan setelah kegagalan namun fokusnya adalah pada fungsi pencegahan. Bahkan jika cacat itu tidak segera terjadi berdasarkan statistik, mungkin untuk mengidentifikasi potensi risiko cacat dalam proses saat ini memungkinkan untuk mengambil tindakan sebelumnya. Dengan meminimalkan tingkat cacat di semua proses perusahaan, biaya pemeriksaan kualitas setelah produksi dan mengurangi biaya penanganan produk yang cacat. Mampu menanggapi terlebih dahulu risiko potensi cacat dalam proses, meminimalkan tingkat cacat dengan sistem pemantauan rutin karena peningkatan yang dihasilkan dalam produktivitas dan penurunan biaya, serta memaksimalkan keuntungan perusahaan.
2. Apa itu QFD dan apa manfaatnya bagi perusahaan
Quality Function Deployment (QFD) adalah teknik pengambilan keputusan yang digunakan untuk mengembangkan produk baru atau meningkatkan produk yang sudah ada, membantu mencerminkan kebutuhandan harapan pelanggan dalam desain produk perusahaan.
Manfaat QFD adalah sebagai berikut: (1) Digunakan untuk memprioritaskan kebutuhan pelanggan. (2) Mengubah kebutuhan pelanggan menjadi desain yang dapat ditindaklanjuti seperti karakteristik dan spesifikasi teknis. (3) Mengkonsentrasikan berbagai kegiatan bisnis untuk mencapai tujuan bersama yaitu kepuasan pelanggan, dengan demikian membangun sistem untuk menyediakan produk dan layanan yang berkualitas. (4) QFD telah diterapkan ke semua industri.
Rizca Puteri Khairunisa
ReplyDelete1119210155
1. MANFAAT STATISTICAL PROCESS CONTROL DI MANAJEMEN KUALITAS
1) Pemantauan Kualitas (QC) yang Lebih Mudah
PC membuat kita lebih mudah untuk memantau kualitas produk yang sedang diproduksi secara real-time.
2) Keseragaman dan Kualitas Produk yang Lebih Baik
Yaitu membantu membuat produk dengan kualitas yang lebih seragam, sehingga mengurangi pemborosan.
3) Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi
Produktivitas proses manufaktur yang meningkat adalah salah satu manfaat utama dari SPC. Ini karena tool SPC membantu kita menemukan dan memperbaiki root cause (akar masalah) dengan lebih mudah.
2. APA ITU QFD DAN APA MANFAATNYA BAGI PERUSAHAAN
Quality Function Deployment (QFD) merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menggabungkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dalam produk dan jasa yang disediakan bagi konsumen.
MANFAAT:
Membantu tim pengembangan produk berkomunikasi dengan manajemen tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan menunjukkan strategi untuk melangkah. Manajemen dapat meninjau rencana ini untuk kemudian mengalokasikan anggaran dan sumber daya lainnya.
Nama: Nadila Bilqis
ReplyDeleteNpm: 1119210107
1. Menggunakan SPC dapat membantu perusahaan lebih mudah memantau kualitas produk, memastikan bahwa produknya seragam, lebih memuaskan pelanggan dan membuat proses produksi Anda lebih efisien.
2. Quality Function Deployment (QFD) merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam proses produksi (pelayanan) dengan menterjemahkan keinginan konsumen kedalam karakteristik teknis yang dimiliki perusahaan.
Manfaat utama QFD adalah membantu tim pengembangan produk berkomunikasi dengan manajemen tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan menunjukkan strategi untuk melangkah. Manajemen dapat meninjau rencana ini untuk kemudian mengalokasikan anggaran dan sumber daya lainnya.
Firmansyah (1119215006)
ReplyDelete1. Manfaat Training Statistical Process Control (SPC)
Mengurangi biaya-biaya yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan, misalnya : rework cost, sorting cost, Punishment cost akibat customer complaint, dll. Meningkatakan mutu bahan dan material yang dibeli melalui penerapan Incoming Inspection.
2.Quality Function Deployment (QFD) merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam proses produksi (pelayanan) dengan menterjemahkan keinginan konsumen kedalam karakteristik teknis yang dimiliki perusahaan.
Manfaat (QFD)
Meningkatkan kerja sama tim antara teknisi-teknisi di departemen. Meningkatkan kepuasan pelanggan (hal ini disebabkan karena kebutuhan pelanggan menjadi pertimbangan dalam proses pengembangan produk) Mempersingkat waktu sampai dengan diluncurkan ke pasar.
fathul hidayat (1119215003)
ReplyDelete1. SPC membuat kita lebih mudah untuk memantau kualitas produk yang sedang diproduksi secara real-time. SPC juga mengidentifikasi adanya variasi tempat sebelum kita terjebak dalam masalah produksi besar yang mahal untuk diperbaiki. Meskipun matematika di balik SPC kadang rumit, ada beberapa opsi perangkat lunak (software SPC) yang menangani analisis dan pelaporan sehingga kita tak perlu sering melakukan inspeksi manual.
Kita cukup menggunakan informasi langsung terkait proses untuk menemukan masalah besar lebih awal, membandingkan kinerja saat ini dengan data sebelumnya dan meningkatkan proses produksi dalam jangka panjang. Pada saat yang sama, kita akan tahu persis proses mana yang bekerja dengan baik, sehingga dapat menghindari penyesuaian yang tidak perlu.
Keuntungan lain dari SPC adalah membantu membuat produk dengan kualitas yang lebih seragam, sehingga mengurangi pemborosan. Jika perusahaan kita memproduksi sepatu kulit desainer, misalnya, menggunakan SPC akan membantu memastikan bahwa masing-masing sepatu memiliki ukuran dan desain yang sama sehingga pelanggan mendapatkan produk tepat seperti yang mereka pesan dari kita. Kalau tidak, kita harus berkutat dengan sepatu-sepatu yang perlu diperbaiki, membuat material dan waktu produksi terbuang percuma.
Menggunakan SPC juga membantu mengurangi waktu dan uang yang dihabiskan untuk menangani pengembalian produk oleh pelanggan, atau klaim garansi, karena pelanggan tidak menerima produk yang tepat atau menerima produk yang rusak. Sebagai manfaat tambahan, kepuasan pelanggan akan meningkat dan perusahaan kita akan memiliki reputasi yang lebih baik karena menghasilkan produk yang berkualitas.
Produktivitas proses manufaktur yang meningkat adalah salah satu manfaat utama dari SPC. Saat membuat produk, kita dapat menghemat waktu ketika terjadi kerusakan pada bagian tertentu. Ini karena tool SPC membantu kita menemukan dan memperbaiki root cause (akar masalah) dengan lebih mudah, mengurangi kebutuhan untuk mematikan seluruh lini produksi ketika menangani root cause tersebut.
2. karena penerapan Quality Function Deployment itu dapat menjamin kelangsungan perusahaan dalam proses perencanaan dan pengembangan produk untuk menetapkan spesifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen. sehingga, kita dapat mengetahui dan mengevaluasi suatu produk dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen
Ismail Sholeh_1119218005
ReplyDeleteSetiap organisasi memiliki pelanggan, baik itu pelanggan internal ataupun pelanggan eksternal. Ketika Anda harus bekerja untuk merancang dan membuat produk yang bisa melampaui ekspektasi pelanggan maka QFD akan sangat membantu.
Quality Function Deployment (QFD) pertama kali dikembangkan di Jepang pada akhir 1960-an oleh Dr. Yoji Akao kemudian dibawa ke Amerika Serikat pada awal 1980-an dan semakin populer ketika sukses digunakan industri otomotif. Dr. Yoji Akao mendefinisikan QFD sebagai metode untuk mentransformasikan permintaan dari user menjadi sebuah design quality ke dalam sistem, bagian komponen, dan elemen-elemen spesifik dalam proses manufaktur. Sementara Jui-Chin J., Ming-Li S., & Mao-Hsiung T. dalam laporannya (QFD’s Evolution in Japan and the West), menyebut QFD sebagai metode yang paling lengkap, sistematis dan meyakinkan untuk merancang produk dengan kualitas yang memenuhi keinginan konsumen. Para profesional di bidang quality pun merujuk QFD dengan berbagai istilah, mulai dari matrix product planning,, hingga customer-driven engineering.
Manfaat utama QFD adalah membantu tim pengembangan produk berkomunikasi dengan manajemen tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan menunjukkan strategi untuk melangkah. Manajemen dapat meninjau rencana ini untuk kemudian mengalokasikan anggaran dan sumber daya lainnya. QFD akan membantu manajemen untuk mengevaluasi apakah rencana produk tersebut memiliki nilai investasi atau tidak. Dengan demikian keinginan antara tim proyek dan manajemen bisa selaras. Biasanya QFD digunakan ketika perusahaan ingin merancang dan mengembangkan produk baru atau ketika perusahaan ingin memodifikasi produk lama sesuai tren yang ada saat ini atau prediksi yang akan datang.
QFD akan membantu tim fokus pada karakteristik produk maupun layanan yang ada dari sudut pandang segmentasi pasar, perusahaan, atau kebutuhan pengembangan teknologi.