Followers

Thursday, April 7, 2022

Discussion Forum 4-5 Kelas Reguler Khusus

 Topik Minggu ini;

1. Mengapa kita perlu mengelola kualitas dan proses manajemen kualitas.
2. Mengapa kita harus fokus pada kepuasan pelanggan 
Berikan pendapatmu di kolom comment dibawah ini

48 comments:

  1. Ririh Diyah Pratista 1121217017
    Kualitas perlu dikelola agar terus terjaga, konsisten, dan terus meningkat sehingga kepercayaan dari pelanggan dapat didapatkan oleh perusahaan.

    Perusahaan harus fokus pada kepuasan pelanggan karena dengan adanya kepuasan pelanggan, maka produk yang dihasilkan akan semakin disukai dan dikenal publik, apabila kepuasan ini tidak didapatkan ditempat lain oleh konsumen, maka konsumen akan menjadi loyal dan berdampak positif bagi perusahaan yaitu meningkatnya penjualan

    ReplyDelete
  2. Natasya Aprilia - 1121218006

    1. Setiap individu maupun perusahan perlu mengelola kualitas. Kualitas atau mutu adalah tingkat baik buruknya atau taraf atau derajat sesuatu. Seseorang menilai sesuatu berdasarkan kualitas, sehingga kualitas sangat penting untuk dikelola. Semakin tinggi kualitas individu atau perusahaan semakin tinggi pula kepercayaan orang terhadap kita. Untuk memperoleh kualitas yang baik, proses manajemen kualitas juga perlu diperhatikan, karena kualitas yang baik adalah cerminan dari sebuah proses manajemen kualitas yang baul. Sehingga kedua aspek tersebut perlu dikelola dengan sebaik-baiknya.

    2. Kepuasan pelanggan merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Kepuasan pelanggan mencerminkan kinerja perusahaan, sehingga semakin tinggi kepuasan pelanggan semakin tinggi pula loyalitas pelanggan terhadap perusahaan pula. Dengan kepuasan pelanggan juga perusahaan dapat menilai apakah nilai-nilai yang ingin ditunjukan perusahaan kepada konsumen sudah terealisasi dengan baik atau belum. Dengan adanya kepuasan pelanggan pelanggan juga perusahaan dapat mengevaluasi kinerja perusahaan.

    ReplyDelete
  3. 1121217015 - Shifa Chairunissa.

    1. Karena konsumen akan melihat kinerja sebuah perusahaan dari seberapa baik kualitas produk/jasa dari perusahaan tersebut. Apabila perusahaan tersebut menjaga manajemen kualitas dari produk/jasa yang diberikan, maka konsumen akan terus-menerus menggunakan jasa/produk dari perusahaan tersebut.

    2. Karena kepuasan pelanggan selalu menjadi yang terdepan bagi sebuah perusahaan. Apabila konsumen puas dengan produk/jasa yang diberikan oleh sebuah perusahaan, maka konsumen akan terus menggunakan, dan bahkan merekomendasikan produk/jasa dari perusahaan tersebut pada orang lain karena kualitas yang diberikan sangat baik.

    ReplyDelete
  4. Kenyar Naradipa Hutama (1119215005)

    1. Alasan kita perlu mengelola kualitas dan proses manajemen kualitas adalah karena kualitas lah yang dinilai konsumen, bukan yang lain. Mungkin konsumen tidak peduli bagaimana kita melakukannya, tetapi mereka hanya peduli pada kualitas apa yang mereka dapatkan dengan produk atau layanan Anda. Saat ini konsumen cenderung memilih sebuah produk karena kelebihan, baik itu fitur yang lebih komplit atau pun pelayanan pelanggan yang lebih baik. Anda harus bisa mewujudkan itu. Kita harus berikan sesuatu yang unik atau berbeda, yaitu apa yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Kita jadikan kualitas menjadi hal utama.

    2. Karena jika pelanggan puas dengan produk yang dijual, maka mereka akan menjadi loyal sehingga bisa merekomendasikan produk kita kepada orang lain. Serta itu juga berdampak positif dan bagus terhadap perusahaan atau bisnis yang kita jalankan.

    ReplyDelete
  5. SIDIK HIDAYATULLOH_1120215005

    Karena dapat meningkatkan reputasi perusahaan, dan dapat menjadi kunci untuk mendapat loyalitas pelanggan,

    kita harus fokus kepada kepuasan pelanggan karena pelanggan yang setia adalah harta yang paling berharga untuk bisnis, dan juga
    pelanggan bisa berpindah ke kompetitor dalam sekejap

    ReplyDelete
  6. Arifin Amjad 1119215030April 7, 2022 at 7:20 PM

    Nama arifin Amjad
    1119215030

    karena kualitas merupakan inti bisnis dari semua kegiatan perusahaan yang menjadi harapan dan keinginan semua orang khususnya pelanggan. Oleh karena itu, para pelaku bisnis dan produsen harus terus berusaha mengembangkan konsepsi dan teknologi kualitas sejalan dengan trend globalisasi. Peningkatan kualitas membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya sehingga akan meningkatkan pendapatan laba perusahaan. Kualitas sebagai elemen penting dalam operasi, seperti menjaga reputasi perusahaan dan kehandalan produk yang dibuatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arifin Amjad 1119215030April 7, 2022 at 7:22 PM

      2.karena agar produk dikenal dan dipercaya masyarakat luas. Jika ingin meningkatkan loyalitas ke level yang lebih tinggi pastikan meningkatkan kualitas terlebih dahulu. Baik kualitas produk maupun kualitas pelayanan. serta Mengidentifikasi Kebutuhan Konsumen dan
      Menjalin Komunikasi yang Efektif

      Delete
  7. Alisia Damayanti
    1121218007
    Menurut saya, kualitas sangat diperlukan oleh perusahaan untuk memastikan dan menyamakan persepsi dengan produk yang diinginkan oleh konsumen. Selanjutnya, alasan mengapa kita harus berfokus kepada kepuasan konsumen adalah karena konsumen adalah orang yang akan memakai produk kita, ketika konsumen tidak puas dengan produk kita maka konsumen tidak akan melakukan repeat order dan selanjutnya maka pendapatan perusahaan akan menurun dan lebih buruknya adalah dapat kalah bersaing dengan perusahaan lain sehingga menyebabkan perusahaan merugi. Untuk itu kita harus berfokus pada kepuasan konsumen karena berkaitan erat dengan nama baik perusahaan dan keuntungan perusahaan.

    ReplyDelete
  8. Tiara Aprilia-1120215016

    1. Dengan menciptakan produk yang baik, berkualitas dan memenuhi standar maka akan menambah nilai plus dari pelanggan untuk perusahaan kita, sehingga pelanggan akan terus menerus mempercayai untuk membeli di perusahaan kita

    2. Kita harus fokus pada kepuasan pelanggan karena jika pelanggan puas dengan produk kita, maka pelanggan tersebut menjadi loyal dan mempromosikan produk kita kepada orang lain sehingga banyak peminatnya

    ReplyDelete
  9. Firmansyah (1119215006)
    1. Kualitas menjadi kunci utama agar produk dikenal dan dipercaya masyarakat luas. Jika ingin meningkatkan loyalitas ke level yang lebih tinggi pastikan Anda meningkatkan kualitas terlebih dahulu.
    Tujuan dari diadakannya manajemen kualitas adalah untuk memastikan bahwa setiap produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang sama dan konsisten.
    2. Tujuan utama dari fokus kepuasan pelanggan adalah memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. Dan juga berperan penting untuk suksesnya sebuah bisnis.

    ReplyDelete
  10. Dinda NA -1119215029
    1. Karena kualitas dapat meningkatkan kebutuhan pelanggan maupun minat pelanggan baru, produk yang sesuai dengan kepuasan atau keinginan yang dibutuhkan sangat diminati pelanggan hal ini juga dapat meningkatkan permintaan pasar sehingga meningkatkan pemasaran maupun target pencapaian, dimana penjagaan proses kualitas harus terkualifikasi oleh badan resmi negara dan standar ketentuan yang diharuskan dimana pembuatan nya atau prosesnya pun dijaga ketat dengan SOP yang berlaku sehingga dapat me-manage kualitas yang diinginkan.

    2.Karena kepuasan pelanggan menarik minat dan tingkatan pendapatan yang dihasilkan maupun kebutuhan dr pasar, serta bisa dijadikan pula taraf ukur standar untuk inovasi lainnya sehingga dapat juga memperkenalkan produk ter update dengan mudah.

    ReplyDelete
  11. 1121218005 - Sephia Nur Zahra

    1.
    A.Meningkatkan reputasi perusahaan
    Dengan menciptakan produk yang berkualitas, perusahaan akan mendapatkan predikat yang bagus di mata pelanggan. Bahkan tidak menutup kemungkinan produk akan cepat berekspansi ke pasar global.

    B. Kesempatan mewujudkan cost reduction
    Dengan menghasilkan produk yang berkualitas, berarti perusahaan mampu melakukan kegiatan produksi dengan efektif dan efisien. Produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan sehingga jumlah produk defect atau barang cacat dapat ditekan sekecil mungkin (zero waste)

    C. Menjadi kunci untuk mendapat loyalitas pelanggan
    Kualitas menjadi kunci utama agar produk dikenal dan dipercaya masyarakat luas. Jika ingin meningkatkan loyalitas ke level yang lebih tinggi pastikan kita meningkatkan kualitas terlebih dahulu. Baik kualitas produk maupun kualitas pelayanan.

    2. Tujuan utama dari customer focus adalah memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. Customer focus juga berperan penting untuk suksesnya sebuah bisnis. Jika seorang pelanggan merasa puas dengan produk yang dijual, mereka akan menjadi pelanggan yang loyal dan akan merekomendasikan produk kita pada orang lain.

    ReplyDelete
  12. SAID MUHAMMAD IQBAL ( 1119215002 )

    1. Kita perlu mengelola kualitas & Proses manajemen kualitas, Karena agar produk kita mudah dikenal masyarakat luas
    dan loyal dengan produk kita. Untuk meningkatkan loyalitas pastinya peningkatan kualitas produk & layanan harus
    kita kekola dengan baik terlebih dahulu.
    Manajemen kualitas juga perlu kita kelola, untuk memenuhi selera konsumen sesuai dengan seiring perkembangan zaman.

    2. Kita harus fokus pada kepuasan pelanggan, karena bagi perusahaan tidak serta merta selalu berhubungan dengan profit,
    tetapi juga dengan kualitas produk kita. Karena pelanggan, kita bisa mengukur bagaimana kualitas produk perusahaan kita,
    biasanya dari review pelanggan, perusahaan kita bisa mengetahui apa keunggulan dan kelemahan produk kita.

    ReplyDelete
  13. Isyeh Indah Sari (1120215013)

    Menurut saya, mengelola kualitas sendiri itu penting karena dapat membantu strategi diferensiasi, biaya produksi yang rendah, merespon dengan cepat perubahan lingkungan untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. selain itu, kualitas yang baik dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan sehingga akan berdampak pada kenaikan laba perusahaan.

    2. kepuasan pelanggan ini paling penting, jika seorang pelanggan merasa puas dengan produk yang kita jual, maka mereka akan menjadi pelanggan yang loyal dan memungkinkan akan merekomendasikan produk kita pada orang lain

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Maria Aurelia Patricia SeranApril 7, 2022 at 7:24 PM

    Maria Aurelia Patricia Seran (1120215015)

    1)Menurut saya, pengelolaan kualitas sangat diperlukan karena dengan mengelola kualitas yang dimiliki maka kita dapat meningkatkan produk/layanan yang kita hasilkan, dan kita dapat pula menunjukkan improvement akan kinerja kita. Proses manajemen kualitas perlu kita ketahui secara baik karena hal tersebut menunjang keberhasilan kita. Dengan adanya proses manajemen kualitas, kita dapat menetapkan visi dan standar kerja dalam suatu organisasi/perusahaan , dapat membangun motivasi dan budaya kerja di dalam organisasi tersebut, serta membantu meningkatkan kepercayaan bagi klien, pelanggan maupun anggota perusahaan terhadap produk yang kita hasilkan.

    2)Menurut saya, alasan kita harus fokus kepada kepuasan pelanggan karena pelanggan merupakan penentu keberhasilan produk/layanan yang kita ciptakan. Apabila produk/layanan kita berhasil memberikan kepuasan kepada pelanggan, maka akan memunculkan kemungkinan untuk pembelian kembali (re-purchase), dapat mendorong terciptanya loyalitas pelanggan akan produk/layanan kita, serta akan timbul kesediaan pelanggan untuk membayar produk/layanan kita dengan harga yang wajar atas apa yang diterimanya.

    ReplyDelete
  16. Rika dianni 1120215001April 7, 2022 at 7:25 PM

    1. Peningkatan kualitas ditujukan untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa yang sedang diproduksi oleh perusahaan. Pada umumnya, peningkatan kualitas ini berfokus pada proses produksi dan dijalankan saat proses produksi berjalan. Hal ini dilakukan agar proses produksi menjadi lebih optimal dan produk yang dihasilkan dapat dipercaya kualitasnya.
    2. Band (1991) berpendapat kepuasan pelanggan merupakan suatu tingkatan di mana kebutuhan, keinginan, dan harapan dari pelanggan dapat terpenuhi yang akan mengakibatkan terjadinya pembelian ulang atau kesetiaan yang berlanjut. Gerson (1993:5) mengemukakan customer satisfaction it is the customer’s perception that his or her expectations have been met or surpassed. Kepuasan pelanggan adalah persepsi pelanggan tentang harapannya apakah telah sesuai atau melebihi dari yang diharapkannya terhadap suatu organisasi. Disimpulkan kepuasan pelanggan adalah sejauh mana kinerja produk memenuhi harapan pemakai. Jika kinerja produk lebih rendah daripada harapan pelanggan, maka pembelinya tidak puas. Bila prestasi sesuai atau melebihi harapan, maka pembelinya merasa puas.

    ReplyDelete
  17. Widia Astuti (1120218005)
    1.Kita perlu mengelola kualitas dan proses manajemen kualitas karena dengan terjaganya kualitas dari suatu barang / jasa maka suatu perusahaan mendapatkan predikat yang baik dimata customer dan berdampak kepada kepuasan konsumen

    2.Kita harus fokus pada kepuasan pelanggan karena kepuasan dari pelanggan tersebut dapat memberikan penilaian positif terhadap kinerja dari barang/jasa yang kita hasilkan yang berimbas kepada meningkatnya jumlah customer

    ReplyDelete
  18. Rini Nani NA (1120215003)April 7, 2022 at 7:26 PM

    1. Mengapa kita perlu mengelola kualitas dan proses manajemen kualitas.
    Karena kualitas merupaka sesuatu yang penting bagi suatu produk yang sangat di perhitungkan oleh pelanggan dalam memilikh suatu produk, untuk mewujudkan kualitas suatu produk maka kita harus melaksanakam manajemen kualitas yang kita miliki agar bisa konsisten menghasilkan produk yang sesuai kebutuhan pelanggan sehingga menghasilkan kepuasan pelanggan.
    2. Mengapa kita harus fokus pada kepuasan pelanggan
    Kepuasan pelanggan merupakan tujuan utama perusahaan dalam mengasilkan suatu produk baik barang maupun jasa,oleh karena itu kepuasan pelanggan harus menjadi focus kita dalam menjalankan suatu usaha agar mendapatkan pelanggan yg loyal bahwan mendaatkan pelanggan yang baru sehingga tujuan utaman perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dapat tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  19. 1. Dengan produk yang berkualitas perusahaan akan mendapat pandangan baik dari konsumen, kualitas menjadi hal utama agar produk di kenal dan di percaya oleh konsumen
    2. Karena kulitas adalah hal yang di nilai oleh konsumen, konsumen akan lebih memilih produk yang memiliki kelebihan baik dari sisi produk maulun pelayanan yang baik
    Rizky haekal 1119215016

    ReplyDelete
  20. Sakila Ulfatri 1120215002April 7, 2022 at 7:28 PM

    1. Kita perlu mengelola kualitas dan proses manajemen kualitas karna manajemen kualitas sangat penting . Tujuan diadakan manajemen mutu untuk memastikan bahwa setiap produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang sama dan konsisten. Jika manajemen mutu tidak ada ,tentu kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan bisa naik turun.
    2.karena kepuasan pelanggan adalah hal yang sangat penting dalam membangun sebuah usaha. Jika seorang pelanggan merasa puas dengan produk yang dijual,mereka akan menjadi pelanggan yang loyal dan akan merekomendasikan produk anda pada orang lain

    ReplyDelete
  21. Zahrifah Farhataeni R 1121218002

    1.Kita perlu mengelola kualitas dan proses manajemen kualitas karena kedua hal tersebut adalah kunci utama agar produk dikenal dan dipercaya masyarakat luas yang bisa meningkatkan loyalitas customer ke level yang lebih tinggi. Selain itu kualitas dapat meningkatkan reputasi perusahaan dan dapat menghasilkan produk yg sesuai kebutuhan pelanggan


    2.kepuasan pelanggan sangat berpengaruh terhadap perkembangan suatu bisnis, Dalam membangun sebuah usaha hal yang paling penting adalah kepuasan pelanggan. Jika seorang pelanggan merasa puas dengan produk yang dijual, mereka akan menjadi pelanggan yang loyal dan akan merekomendasikan produk yang kita miliki pada orang lain.

    ReplyDelete
  22. karena jika kualitas yang dihasilkan suatu produk itu kurang bagus, maka konsumen akan enggan untuk membeli produk tersebut, maka dari itu jika ingin mendapatkan keuntungan, kita harus mempertimbangkan kualitas produk.

    Karena setiap perusaahan menginginkan perusahaannya berkembang dan semakin maju, salah satu caranya adalah memperhatikan kepuasan pelanggan, dengan contoh, perusahaan memberikan pelayanan yg baik, murah senyum, selalu berpenampilan menarik.

    ReplyDelete
  23. Ayuning Wulandari 1121217022
    Mengelola kualitas sangat penting supaya kita dapat mengetahui sejauh mana proses dan hasil produk atau jasa tersebut , apakah sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan perusahaan atau tidak. dan juga untuk menilai apakah produk/jasa yang kita berikan kepada pelanggan sudah sesuai dengan ekspetasi, keinginan dan kepuasan pelanggan.
    Kualitas adalah kunci utama agar produk/jasa dikenal dan dipercaya masyarakat luas. Kualitas yang baik akan meningkatkan reputasi perusahaan tersebut. Jika perusahaan ingin meningkatkan loyalitas ke level yang lebih tinggi perusahaan harus meningkatkan kualitas terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  24. Almira Zia
    1121218004

    1. Kualitas dari suatu produk penting karena agar produk yang dihasilkan mendapatkan nilai yang bagus dimata pelanggan karena memenuhi kebutuhan dan harapan mereka. Memiliki kualitas yang sama dan konsisten juga dapat membawa citra yang baik bagi perusahaan. Untuk mencapai ke arah sana, diperlukannya proses manajemen kualitas yang direncanakan agar dapat mengambil keputusan yang tepat, terarah dan sesuai.

    2. Dengan fokus dengan kepuasaan pelanggan, perusahaan dapat mengetahui apa yang diharapkan oleh pelanggan. Selain itu, produk yang kita hasilkan akan berpontensi meningkatkan citra dan loyalitas dari produk. Jika pelanggan puas, maka pelanggan biasanya akan memasarkan produk kita kembali kepada masyarakat luas baik melalui media sosial atau secara langsung.

    ReplyDelete
  25. Yosi Simanullang
    1119215035

    karena jika kualitas yang dihasilkan suatu produk itu kurang bagus, maka konsumen akan enggan untuk membeli produk tersebut, maka dari itu jika ingin mendapatkan keuntungan, kita harus mempertimbangkan kualitas produk.

    Karena setiap perusaahan menginginkan perusahaannya berkembang dan semakin maju, salah satu caranya adalah memperhatikan kepuasan pelanggan, dengan contoh, perusahaan memberikan pelayanan yg baik, murah senyum, selalu berpenampilan menarik.

    ReplyDelete
  26. 1. Kulaitas merupakan faktor terpenting dalam penawaran barang/jasa. Tingginya persaingan pasar membuat kualitas menjadi salah satu patokan utama dalam pemilihan barabg/jasa bagi konsumen. Oleh karena itu, pengelolaan kualitas menjadi penting untuk membangun bisnis yang sukses yang mampu memenuhi bahkan melebihi ekpektasi konsumen. Pengelolaan kualitas yang baik juga berdampak pada efisiensi produksi yang mampu meminimalkan pembuangan dan meningkatkan produktivitas. Sedangkan pada proses manajemen kualitas, sebuah usaha dilakukan secara konsisten untuk mempertahankan/meningkatkan proses bisnis yang baik dalam rangka menciptakan prduk yang berkualitas.

    2. Dengan berfokus pada kepuasan pelanggan dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan hingga mampu menarik pelanggan pelanggan baru senhingga bisnis akan menjadi semakin berkembang.

    ReplyDelete
  27. Ayudyah Fitriani 1120215006
    1. Perusahaan akan tetap ada jika dapat memenuhi selera konsumen. Kualitas merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Itu adalah "wajah" bagi perusahaan. Dalam mengelola kualitas harus memperhatikan bebarapa aspek. Baik aspek dalam mengelola kualitas produk maupun kualitas pelayanan kepada pelanggan. Perusahaan harus mengelola cara agar kualitas produk tetap baik mulai dari kualitas bahan baku hingga menjadi barang paki, sampai dengan kualitas pelayanan pelanggan setalah produk sampai ditangan pelanggan. Manajemen kualitas adalah cara untuk dapat meningkatkan menigkatkan sistem kualitas. Selain itu Manajemen kualitas digunakan juga untuk terus mengembangkan produk dalam suatu perusahaan. Mulai dari perusahaan harus mengetahui selera konsumen, membuat inovasi baru, ataupun memperbaiki produk lama menjadi beserta proses produksi yang ada saat ini.
    2. Pelanggan adalah "Raja" itu adalah slogan yang sering kita dengar. Setiap perusahaan memiliki strategi customer focus masing-masing. Bagian "Pelayanan pelanggan" sangat penting bagi perusahaan karena berkaitan kangsung dengan pelanggan. Dengan adanya bagian ini, perusahaan dapat menyimpulkan bagaimana produk mereka di mata konsumen. Apakah konsumen merasa puas dangan produk/layanan perusahaan. Jika seorang pelanggan merasa puas dengan produk yang dijual, mereka akan menjadi pelanggan yang loyal dan akan merekomendasikan produk Anda pada orang lain. Namun sebaliknya, jika seorang pelanggan merasa kurang puas maka citra perusahaan akan cenderung buruk jika tidak ditangani dengan baik dan benar.

    ReplyDelete
  28. 1. Tujuan dari diadakannya mengelola kualitas adalah untuk memastikan bahwa setiap produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang sama dan konsisten. Dan
    Dengan menciptakan produk yang berkualitas, perusahaan akan mendapatkan predikat yang bagus di mata pelanggan. Bahkan tidak menutup kemungkinan produk akan cepat berekspansi ke pasar global.

    2. Dalam pelayanan pelanggan tentu saja, customer atau pelanggan menjadi kunci kesuksesan keberlangsungan produsen. Untuk kesuksesan dalam mengambil hati konsumen, perlu adanya customer focus.

    Customer focus sendiri merupakan sebuah orientasi yang wajib dilakukan oleh sebuah perusahaan tertentu maupun produsen tertentu dalam membangun kerajaan bisnisnya.

    ReplyDelete
  29. 1. Bertujuan untuk menjaga kualitas produk maupun kualitas perusahaan dan hal ini pun menunjukan konsisten terhadap perusahaan dalam mengembangkan produk yang akan di jual. Karena kualitas merupakan suatu kunci dari produk yang akan dijual, oleh karena itu perusahaan-perusahaan selalu meningkatkan kualitas pada produk yang dijualnya. Terlebih lagi pesaing-pesaing yang selalu mencipatkan inovasi-inovasi terbaru dalam produk. Dan hal ini pun untuk meningkatkan penjualan pada perusahaan.

    2. Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. Dan ini merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan, karena pelayanan kepada pelanggan merupakan hal yang dinilai oleh pelanggan terhadap kualitas yang dimiliki perusahaan tersebut. Salah satu tindakan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk maupun pelayanan yang diberikan dari perusahaan tersebut.

    ReplyDelete
  30. ika noviana(1120217011)
    1. karena dengan pengelolaan kualitas semua kegiatan dari keseluruhan fungsi manajemen yang menentukan kebijakan kualitas, tujuan-tujuan dan tanggung jawab, serta menerapkannya melalui perencanaan kualitas, peningkatan kualitas, pengendalian kualitas, dan jaminan kualitas. proses manajamen kualitas untuk menjaga semua kegiatan dan tugas yang diinginkan untuk mempertahankan setiap tingkat kualitas yang diinginkan.

    2. karena dengan kepuasan pelanggan dapat terlihat bagaimana produk itu dapat didapatkan dan dirasakan. semakin baik kualitas produk maka kepuasan pelanggan akan semakin baik.

    ReplyDelete
  31. Irene Febriyantika Rahayu (1120215008)April 7, 2022 at 7:36 PM

    Irene Febriyantika Rahayu (1120215008)
    1. Tujuan dari diadakannya manajemen mutu adalah untuk memastikan bahwa setiap produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang sama dan konsisten. Produk yang berkualitas tinggi adalah kunci utama dalam memenangkan persaingan. Kualitas produk merupakan suatu ciri dari perusahaan yang mana pelanggan akan merasa puas saat melakukan pembelian maupun mengkonsumsi produk tersebut.
    2. Dalam membangun sebuah usaha hal yang paling penting adalah kepuasan pelanggan. Jika seorang pelanggan merasa puas dengan produk yang dijual, mereka akan menjadi pelanggan yang loyal dan akan merekomendasikan produk Anda pada orang lain.

    ReplyDelete
  32. 1121217016 – ASTRI AULIA ANDINI DEWI
    Kualitas merupakan kemampuan suatu produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya, dan kualitas merupakan hal penting yang menentukan kesuksesan bisnis karena berkaitan dengan implikasi global, kewajiban produk, dan reputasi perusahaan.
    Perusahaan dengan kualitas terbaik memiliki tingkat produktifitas yang tinggi dibandingkan dengan yang perusahaan yang mempunyai kualitas rendah atau dibawah rata-rata.
    Pengelolaan kualitas adalah kegiatan dari keseluruhan fungsi manajemen yang menentukan kebijakan kualitas, tujuan-tujuan dan tanggung jawab, serta menerapkannya melalui perencanaan, peningkatan, pengendalian dan jaminan kualitas.

    Selain produksi dan pelayanan, kepuasan pelanggan adalah salah satu hal yang harus dijadikan fokus oleh perusahaan, karena kepuasan pelanggan memberikan manfaat dalam hubungan antara pelanggan dengan perusahaan, memberikan dasar yang baik bagi pembeli untuk membeli ulang, terciptanya loyalitas pelanggan serta terbentuknya rekomendasi yang menguntungkan perusahaan.

    ReplyDelete
  33. Nadhiva Mutiara -1120217010

    1. Perusahaan dituntut untuk meningkatkan kualitas produk/layanan dan juga improvement pada rangkaian proses penyediaannya agar semakin efisiensi sehingga mampu menghadirkan harga jual yang kompetitif. Kualitas produk yang tinggi akan meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan yang pada akhirnya berdampak pada penjualan produk. Dengan terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk dengan harga yang kompetitif serta meningkatkan dukungan layanan pelanggan diharapkan dapat memperbesar peluang meningkatnya penjualan dan profitabilitas.

    2. Kepuasan pelanggan merupakan bagian dari suksesnya sebuah bisnis. Selain itu membuat pemilik bisnis lebih menyadari kebutuhan yang paling diperlukan oleh pelanggan. Sehingga bisa diketahui bagian mana yang perlu difokuskan agar bisnis lebih berkembang.

    Tujuan utama dari kepuasan pelanggan adalah memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. Kepuasan pelanggan juga berperan penting untuk suksesnya sebuah bisnis. Setiap pelanggan dan bisnis memiliki jenis dan strategi customer focus yang berbeda-beda satu sama lain. Masing-masing keadaan tidak bisa disamakan karena karakter dan juga tipe bisnis yang dijalankan berbeda satu sama lain.

    ReplyDelete
  34. Francisca Veronica 1119215037

    Karna dengan mengelola kualitas dan proses manajemen kualitas, dapat menjadi sebuah acuan atau tolak ukur dalam mengelola kualitas yang diberikan oleh suatu perusahaan, organisasi maupun badan usaha. Dan juga akan sangat mempengaruhi kualitas dan kinerja seluruh anggota perusahaan dalam menjalankan tugasnya masing2 guna mencapai tujuan dan visi dari perusahaan.


    Kita harus fokus pada kepuasan pelanggan karna apabila seorang pelanggan merasa puas, mereka akan menjadi pelanggan yang loyal dan akan merekomendasikan produk kepada orang lain, dengan begitu akan ada banyak pelanggan yang berdatangan mencari produk kita.

    ReplyDelete
  35. Ismail Sholeh_1119218005April 7, 2022 at 7:42 PM

    Ismail Sholeh_1119218005

    1. penerapan Total Quality Management (TQM) dan Six Sigma di perusahaan selalu berbicara bagaimana kita bisa membuat terobosan untuk meningkatkan kualitas layanan melalui perbaikan-perbaikan.
    Contoh manfaat dalam penerapannya sebagai berikut:

    1. Meningkatkan reputasi perusahaan
    Dengan menciptakan produk yang berkualitas, perusahaan akan mendapatkan predikat yang bagus di mata pelanggan. Bahkan tidak menutup kemungkinan produk akan cepat berekspansi ke pasar global.

    2. Kesempatan mewujudkan cost reduction
    Dengan menghasilkan produk yang berkualitas, berarti perusahaan mampu melakukan kegiatan produksi dengan efektif dan efisien. Produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan sehingga jumlah produk defect atau barang cacat dapat ditekan sekecil mungkin (zero waste)

    3. Menjadi kunci untuk mendapat loyalitas pelanggan
    Kualitas menjadi kunci utama agar produk dikenal dan dipercaya masyarakat luas. Jika ingin meningkatkan loyalitas ke level yang lebih tinggi pastikan Anda meningkatkan kualitas terlebih dahulu. Baik kualitas produk maupun kualitas pelayanan.

    2. Fokus pada kepuasan pelanggan dapat memberikan beberapa manfaat, yaitu:
    1) terjalin hubungan yang harmonis antara organisasi dan pelanggan,
    2) memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang,
    3) mendorong terciptanya loyalitas pelanggan,
    4) membentuk suatu rekomendasi dari customer ke customer yg lain

    Berikut beberapa aspek penting dan definisi fokus pelanggan:

    • Peningkatan fokus pelanggan berkontribusi terhadap pertumbuhan dan kesuksesan bisnis
    • Menempatkan kepentingan pelanggan di atas segalanya membantu memastikan kebahagiaan dan kepuasan pelanggan
    • Memenuhi kebutuhan pelanggan dan berusaha melampaui harapan pelanggan
    • Mengembangkan dan pertahankan hubungan pelanggan yang produktif
    • Memahami pelanggan dan mengambil tindakan cepat untuk menyelesaikan masalah pelanggan

    ReplyDelete
  36. Soelarso saroa (1119218006)
    1. perlu mengelolah kualitas, agar proses penyedian semakin efisiensi sehingga mampu bersaing dari segi harga ataupun produk
    2. bisnis bergantung pada pelangan, oleh kare itu bisnis seharusnya memahami kebutuhan pelanggan masa sekarang atau masa yang akan datang, juga harus memenuhi persyartan dan berusaha melampaui harapan pelangan.

    ReplyDelete
  37. nama : fathul Hidayat
    Nim : 1119215003

    1. kita perlu mengelola manajemen kualitas karenaakan membantu perusahaan dalam menjaga konsistensi kualitas produk yang dihasilkan. Tentunya hal ini berperan penting dalam mempertahankan loyalitas pelanggan agar mereka tidak kecewa saat melakukan pembelian berikutnya.
    dan juga jika perusahaan melakukan tahapan manajemen kualitas dilakukan secara tepat juga akan berpengaruh terhadap tingkat efisiensi proses produksi baik dari segi waktu maupun bahan baku. Sehingga perusahaan dapat terhindar dari aktivitas pemborosan serta karyawan juga akan menjadi lebih produktif karena dapat memaksimalkan jam kerjanya.

    2. kita harus fokus pada kepuasan pelanggan karena merupakan bagian dari suksesnya sebuah bisnis. kepuasan pelanggan membuat pemilik bisnis lebih menyadari kebutuhan yang paling diperlukan oleh pelanggan. Sehingga bisa diketahui bagian mana yang perlu difokuskan agar bisnis lebih berkembang.

    Tujuan utama dari kepuasan pelanggan adalah memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. kepuasan pelanggan juga berperan penting untuk suksesnya sebuah bisnis. Setiap pelanggan dan bisnis memiliki jenis dan strategi customer focus yang berbeda-beda satu sama lain. Masing-masing keadaan tidak bisa disamakan karena karakter dan juga tipe bisnis yang dijalankan berbeda satu sama lain

    ReplyDelete
  38. Diaz Fransiscus Marbun (1119215021)

    1. Kita perlu mengelola kualitas dan proses manajemen kualitas karena kualitas merupakan hal penting yang menentukan kesuksesan bisnis karena berkaitan dengan implikasi global, kewajiban produk, dan reputasi perusahaan. Kemudian manajemen kualitas dapat memastikan bahwa setiap produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang sama dan konsisten. Tanpa adanya manajemen kualitas ini, tentu kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan kita bisa jadi naik turun. Yang mana hal tersebut akan menjadi minus di mata pelanggan karena kita dianggap tak mampu mempertahankan kualitas produk dan pelayanan secara konstan.

    2. Alasan kita perlu berfokus pada kepuasan pelanggan karena keberhasilan adalah
    a. strategi pemasaran suatu usaha dapat dicapai jika kepuasan pelanggan telah terpenuhi.
    b. dengan fokus pada kepuasan pelanggan mampu meningkatkan Key Performance Index (KPI) masing-masing departemen di perusahaan.
    3. perusahaan akan lebih mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pelanggan. Nantinya kebutuhan tersebutlah yang akan menjadi perhatian untuk menentukan kebijkan perusahaan untuk selanjutnya dikembangkan.

    ReplyDelete
  39. Tiara intan 1119215036April 7, 2022 at 9:42 PM

    Tiara intan P - 1119215036

    1. kualitas adalah satu dari sekian banyaknya faktor terpenting dalam menjalankan suatu perusahaan, yang mana kualitas produk sangat menentukan tingkat kepuasan konsumen dan juga masa depan perusahaan
    2. Dalam membangun sebuah bisnis atau usaha hal yang paling penting adalah kepuasan pelanggan. Jika seorang pelanggan merasa puas dengan produk yang dijual, konsumen akan menjadi pelanggan yang loyal dan akan merekomendasikan produk pada orang lain. Dengan begitu, akan ada banyak pelanggan baru yang berdatangan mencari produk tersebut.

    ReplyDelete
  40. KUALITAS merupakan faktor yang sangat amat penting & wajib di jaga dalam sebuah perusahaan. Dimana, salah satu fungsinya adalah jika kualitas kita baik maka akan berbanding lurus pula dengan LOYALITAS PELANGGAN

    Hal ini sebenrnya memiliki kesinambungan dengan pertanyaan ke 2. dimana, KEPUASAN PELANGGAN PUN , wajib kita junjung tinggi. karena mereka lah yang akan menentukan reputasi dari perusahaan kita sendiri..

    Pelanggan merupakan sebuah objek yg wajib kita jaga dan junjung tinggi, hal ini dikarenakan pelanggan adalah suafy object yang menentukan naik atau turunnya omset dalam perusahaan juga

    ReplyDelete
  41. jhon christian 1121217018April 8, 2022 at 5:11 PM

    Nama : jhon christian
    Nim : 1121217018

    menurut saya kenapa mengelola kualitas itu penting : selain untuk konsistensi juga untuk perbaikan guna tetap eksis di tengah ketatnya persaingan di suatu perusahaan / industri yg ada. kualitas tersebut juga dimaksud sebagai totalitas dari karakteristik suatu produk yang menunjang kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dispesifikasikan atau ditetapkan.

    menjaga kualitas juga sebagai tolak ukur integritas dan identitas bagi suatu perusahaan tersebut untuk bersaing dan konsistensi kedepannya

    ReplyDelete
  42. Arvia Estiningtyas 1120215021
    1. Karena kualitas merupakan hal penting yang menentukan kesuksesan bisnis karena berkaitan dengan reputasi perusahaan. Perusahaan dituntut untuk meningkatkan kualitas produk/layanan dan juga improvement pada rangkaian proses penyediaannya agar semakin efisiensi sehingga mampu menghadirkan harga jual yang kompetitif. Kualitas produk yang tinggi akan meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan yang pada akhirnya berdampak pada penjualan produk. Dengan terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk dengan harga yang kompetitif serta meningkatkan dukungan layanan pelanggan diharapkan dapat memperbesar peluang meningkatnya penjualan dan profitabilitas.
    2. Karena pelanggan adalah raja. Perusahaan harus menetapkan komitmen untuk melayani pelanggan dengan baik. Kebutuhan dan harapan pelanggan harus diidentifikasi dan perusahaan harus meninjau kemampuan internalnya untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

    ReplyDelete
  43. Fani eria anggraini (1119215004)

    1. Dengan menciptakan produk yang berkualitas, perusahaan akan mendapatkan predikat yang bagus di mata pelanggan. Bahkan tidak menutup kemungkinan produk akan cepat berekspansi ke pasar global.
    Manajemen merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan produktivitas terhadap waktu. karena waktu merupakan sumber daya yang terbatas, oleh karena itu harus dikelola secara efisien dan efektif. Tujuan manajemen waktu adalah untuk mencapai target dalam waktu yang sudah ditetapkan. Dengan begitu, waktu akan dimanfaatkan sebaik mungkin.

    2. Kepuasan merupakan landasan utama rasa suka terhadap produk atau jasa yang diberikan. Jika pelanggan suka terhadap jasa atau produk maka pelanggan tersebut memiliki kemungkinan yang besar untuk kembali membeli produk atau jasa. Bahkan jika mereka loyal, mereka bisa merekomendasikan produk atau jasa kamu kepada orang lain tanpa kamu menyuruhnya.

    ReplyDelete
  44. ibnu rifkal - 1120215019

    Mengelola kualitas di perlukan agar produk dapat dikenal dan tetap dipercaya oleh masyarakat luas. dengan tetap menjaga kualitas kita, maka, loyalitas para pengunjung atau konsumen akan semakin baik juga pada produk yang kita pasarkan. untuk itu mengelola kualitas merupakan hal yang harus dipertahankan dalam jangka waktu panjang

    2. Kepuasan pelanggan suatu hal yang harus kita ketauhi selain dari kualitas produk. semakin baik tingkat kepuasan pelangga, maka, semakin banyak juga pelanggan yang akan membeli tetap pada produk itu , sehingga konsumen yang telah puas pada produk dan cara menjual kita, maka konsumen tersebut akan dengan sengaja mempromosikan kepada teman teman dan lingkungannya, dan akan dikenal baik oleh sekitarnya

    ReplyDelete
  45. Salwa alifa 1119215034April 9, 2022 at 10:19 AM

    Salwa alifa 1119215034

    1. kualitas sangat perlu dikelola oleh perusahaan karena kualitas merupakan fitur dan karakteristik produk yang secara keseluruhan mengandalkan kapabilitas memuaskan kebutuhan yang dijanjikan baik secara nyata maupun tersirat. Kita memahami bahwa kualitas merupakan hal penting yang menentukan kesuksesan bisnis karena berkaitan dengan implikasi global, kewajiban produk, dan reputasi perusahaan. Dengan memperhatikan kualitas kinerja perusahaan dan produk atau jasa yang ditawarkan pelanggan, perusahaan akan lebih mudah mencapai kesuksesan jangka panjang karena sudah memiliki standar kualitas yang baik di mata pelanggan. Manejemen kualitas juga sangat penting dilakukan oleh perusahaan karena penerapannya menawarkan banyak manfaat bagi pemilik bisnis. Selain dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, juga dapat membuat perusahaan atau bisnis Anda lebih unggul dari kompetitor.

    2. Customer focus juga berperan penting untuk suksesnya sebuah bisnis. Tujuan utama dari customer focus adalah memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. Dalam membangun sebuah usaha hal yang paling penting adalah kepuasan pelanggan. Jika seorang pelanggan merasa puas dengan produk yang dijual, mereka akan menjadi pelanggan yang loyal dan akan merekomendasikan produk Anda pada orang lain. Dengan begitu, akan ada banyak pelanggan baru yang berdatangan. keberhasilan strategi pemasaran suatu usaha dapat dicapai jika kepuasan pelanggan telah terpenuhi.

    ReplyDelete
  46. Ratna diah sulistiowatiApril 27, 2022 at 7:57 PM

    Mengelola kualitas penting agar kita dapat mengetahui sampai sejauh mana proses dan hasil produk atau jasa yang dibuat sesuai dengan standar yang ditetapkan perusahaan. Serta Menekan atau mengurangi volume kesalahan dan perbaikan, Menjaga atau menaikkan kualitas sesuai standar, Mengurangi keluhan atau penolakan konsumen, Memungkinkan pengkelasan output (ouput grading) dan Menaikkan atau menjaga company image

    ReplyDelete