1). Pendapat saya tentang TQM merupakan suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus). TQM penting bagi perusahaan karena dengan adanya TQM perusahaan dapat meningkatkan kualitas, dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik sesuai harapan pelanggan dalam hal layanan, produk, dan pengalaman pelanggan sehingga perusahaan dapat meningkatkan competitive advantage perusahaan di mata pelanggan dibandingkan dengan para kompetitor.
2). Daya saing merupakan kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya. Daya saing perlu di ciptakan karena dengan adanya daya saing dapat mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, serta Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.
1. TQM adalah upaya yang dijalankan seluruh organisasi untuk menetapkan dan menciptakan iklim permanen, di mana karyawan terus meningkatkan kemampuan mereka untuk menyediakan produk dan layanan yang diminta oleh pelanggan yang akan menemukan nilai tertentu. TQM penting untuk membantu organisasi dalam merampingkan proses, dan memastikan sistem kerja proaktif yang siap untuk mengatasi penyimpangan dari kondisi ideal dan untuk mencapai produktivitas dan efisiensi proses dengan mengidentifikasi dan menghilangkan masalah dalam proses dan sistem kerja
2. Daya Saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau negara untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Daya saing sebuah negara dapat dicapai dari akumulasi daya saing strategis setiap perusahaan. Sedangkan pada level perusahaan, daya saing dibentuk dengan cara melakukan proses penciptaan nilai tambah secara berkesinambungan. Daya Saing itu sangat penting untuk menghadapi ketidakpastian perkembangan global, khususnya perlambatan pertumbuhan ekonomi dan untuk menghasilkan pertumbuhan perusahaan yang tinggi.
1.TQM merupakan penilaian terakhir dari prioritas utama dalam jaminan kualitas yang diberikan konsumen kepada perusahaan. TQM ini sangat penting bagi perusahaan karena dengan kualitas terbaik akan mempengaruhi loyalitas pelanggan. 2.Daya Saing adalah konsep perbandingan kemampuan dari sebuah usaha dalam menghasilkan barang dan jasa yang dapat memenuhi standar pasar penjualan baik itu yang berasal dari pasar domestik maupun pasar internasional. Daya saing perlu diciptakan agar terciptanya kemampuan dan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang tidak kalah dengan perusahaan atau negara lain.
1.Menurut pendapat saya, TQM merupakan sebuah kualitas yang lebih berfokus pada pelanggan dengan cara melibatkan seluruh level tingkatan karyawan dalam mengerjakan peningkatan atau perbaikan secara kontinyu. Dalam TQM, seluruh karyawan perusahaan harus tuntut serta aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan, serta budaya pada tempat kerja mereka, sehingga nantinya akan melahirkan kualitas terbaik dalam layanan atau produk demi mencapai kepuasan para pelanggannya. Dan mengapa hal ini penting karena berfungsi efektif dalam berbagai organisasi, yaitu sebagai sistem manajemen untuk meningkatkan kualitas produk atau outcome sehingga bisa diterima oleh pelanggan dan dapat menghindari timbulnya kesalahan yang fatal. 2.Daya saing merupakan kemampuan perusahaan, industri, daerah, negara, atau antar daerah menghasilakn faktor pendapatan dan faktor pekerjaan yang relatif lebih tinggi dan berkesinambungan untuk menghadapi persaingan internasional. Daya saing perlu diciptakan untuk mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, dapat meningkatkan kapasitas ekonomi baik itu dalam konteks regional maupun kuantitas sehingga pertumbuhan ekonomi akan meningkat nantinya, dan kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi
1. Menurut saya karena TQM merupakan pendekatan yang seharusnya dilakukan organisasi masa kini untuk memperbaiki kualitas produknya, menekan biaya produksi dan meningkatkan produktivitasnya. Selain itu juga untuk memberikan produk atau jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan dan kepuasan pasar konsumen secara berkelanjutan (sustainable satisfaction) yang pada gilirannya akan menimbulkan pembelian berkesinambungan sehingga dapat meningkatkan produktivitas produsen mencapai skala ekonomis dengan akibat penurunan biaya produksi.
2. Daya saing merupakan sebuah cara dengan melibatkan seluruh aspek dalam organisasi untuk memperoleh keuntungan dan memenangkan kompetisi. Dengan adanya daya saing tinggi bagi perusahaan maka akan bertambah pula keuntungan yakni dari sisi konsumen, produksi, citra baik dalam pandangan konsumen dan pelanggan, dan meningkatkan pendapatan.
1.Manajemen kualitas total (TQM) adalah proses berkelanjutan untuk mendeteksi dan mengurangi atau menghilangkan kesalahan dalam manufaktur, merampingkan manajemen rantai pasokan , meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memastikan bahwa karyawan mengikuti pelatihan. TQM sangat penting karena memberikan jaminan kualitas bahwa pelanggan akan mendapatkan apa yang mereka harapkan, serta proses untuk mengelola pelanggan yang tidak puas, membuat koreksi yang diperlukan dan mencegah pengulangan serupa. 2.Daya saing adalah suatu kemampuan, kekuatan seseorang atau pelaku usaha untuk tetap mengembangkan dan memajukan usahanya dengan baik antara entitas sejenis dalam suatu lingkungan yang sama. Ketika pasar daya saing/kompetitif tinggi, bisnis akan memiliki insentif yang lebih besar untuk menurunkan harga, meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka, dan memberikan lebih banyak pilihan kepada pembeli. Artinya, bisnis perlu berinovasi untuk membuat produk mereka berbeda dan lebih baik dari yang lain.
1. Mutu terpadu atau disebut juga Total Quality Management (TQM) dapat didefinisikan dari tiga kata yang dimilikinya yaitu: Total (keseluruhan), Quality (kualitas, derajat/tingkat keunggulan barang atau jasa), Management (tindakan, seni, cara menghendel, pengendalian, pengarahan). Dari ketiga kata yang dimilikinya, definisi TQM adalah: “sistem manajemen yang berorientasi pada kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dengan kegiatan yang diupayakan benar sekali (right first time), melalui perbaikan berkesinambungan (continous improvement) dan memotivasi karyawan “ ,Lima Pilar TQM :
1) Produk 2) Proses 3) Organisasi 4) Pemimpin 5) Komitmen Implementasi TQM --> TQM bertujuan untuk meningkatkan kualitas, dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik sesuai harapan pelanggan dalam hal layanan, produk, dan pengalaman pelanggan. Hal ini tentu juga akan meningkatkan competitive advantage perusahaan di mata pelanggan dibandingkan dengan para kompetitor. TQM Sebagai Wujud Peningkatan Mutu Pendidikan
Paradigma Total Quality Management ( TQM ) merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya. 2.Pengertian daya saing adalah kemampuan perusahaan, industri, daerah, negara, atau antar daerah menghasilkan faktor pendapatan dan faktor pekerjaan yang relatif lebih tinggi dan berkesinambungan untuk menghadapi persaingan internasional. Pentingnya daya saing karena tiga hal berikut: (1) Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, (2) Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.
1. Apa pendapatmu tentang TQM dan mengapa ini penting bagi perusahaan? Jawab : • Menurut saya TQM adalah suatu pendekatan yang sistematis, praktis dan strategis dalam menyelenggarakan suatu organisasi, yang mengutamakan kepentingan pelanggan. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengendalikan mutu. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat dinyatakan bahwa pada dasarnya kualitas mengacu kepada pokok-pokok sebagai berikut : 1. Kualitas terdiri dari sejumlah keistimewaan produk, baik keistimewaan langsung maupun keistimewaan atraktif yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan dengan demikian memberikan kepuasan atas penggunaan produk tersebut. 2. Kualitas terdiri dari segala sesuatu yang bebas dari kekurangan atau kerusakan. Dapat dikatakan bahwa pengertian kualitas tersebut diatas mengandung fokus, yaitu terhadap konsumen (customer focused quality), yang artinya bahwa produk atau jasa didesain, diproduksi, serta pelayanan terbaik diberikan kepada pelanggan. Sehingga kualitas senantiasa mengacu kepada segala sesuatu yang menentukan kepuasan pelanggan. • Mengapa penting bagi perusahaan : Karena dengan menggunakan konsep TQM dalam perusahaan memang memberikan banyak keuntungan terutama dalam jangka panjang. Kelebihan secara nyata seperti, peningkatan laba, produktivitas meningkat, dan lainnya. Selain itu, terdapat pula kelebihan intangible, yaitu meningkatnya motivasi karyawan, kerjasama efektif antar karyawan, kepuasan pelanggan, serta komunikasi memadai. Namun, untuk menerapkannya diperlukan waktu untuk dilakukannya proses pelatihan kepada karyawan terkait.
2. Apa itu daya saing, mengapa daya saing perlu di ciptakan? Jawab : • Daya saing adalah “kemampuan atau keunggulan yang dipergunakan untuk bersaing pada pasar tertentu. Daya saing ini diciptakan melalui pengembangan terus menerus di semua lini dalam organisasi, utamanya disektor produksi. • Mengapa daya saing perlu di ciptakan : Pentingnya daya saing karena tiga hal berikut : 1. Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, 2. Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat, 3. Kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.
Rizca Puteri Khairunisa (1119210155) 1.Menurut saya TQM adalah proses berkelanjutan untuk mendeteksi dan mengurangi atau menghilangkan kesalahan dalam manufaktur, merampingkan manajemen rantai pasokan, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memastikan bahwa karyawan mengikuti pelatihan. TQM sangat penting karena memberikan jaminan kualitas bahwa pelanggan akan mendapatkan apa yang mereka harapkan, serta proses untuk mengelola pelanggan yang tidak puas, membuat koreksi yang diperlukan dan mencegah pengulangan serupa. 2.Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau Negara untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Daya Saing itu sangat penting untuk menghadapi ketidakpastian perkembangan global, khususnya perlambatan pertumbuhan ekonomi dan untuk menghasilkan pertumbuhan perusahaan yang tinggi.
1. Mnurut saya Total Management System atau disingkat dengan TQM adalah suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus). Total Quality Management atau TQM menggunakan strategi, data dan komunikasi yang efektif untuk meng-integrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan perusahaan. Singkatnya, Total Quality Management (TQM) adalah pendekatan manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction). Dalam TQM (Total Quality Management), semua anggota organisasi atau karyawan perusahaan harus berpartisipasi aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan serta budaya dimana mereka bekerja sehingga menghasilkan kualitas terbaik dalam Produk dan Layanan yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan kepuasan pelanggan.
2. Daya saing merupakan kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya. Daya saing perlu di ciptakan karena dengan adanya daya saing dapat mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, serta Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat. Pentingnya daya saing karena tiga hal berikut : 1. Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, 2. Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat, 3. Kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.
1. TQM merupakan prinsip jangka panjang yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan kualitas dan mengidentifikasi kualitas sesuai harapan pelanggan. Penerapan TQM membantu organisasi dalam merampingkan proses, dan memastikan sistem kerja proaktif yang siap untuk mengatasi penyimpangan dari kondisi ideal. Untuk mencapai tujuannya, perusahaan harus berpegang kepada beberapa prinsip TQM. Di antaranya kepuasan pelanggan, keterlibatan karyawan, dan peningkatan kualitas yang berkelanjutan (continuous improvement). Penggunaan TQM dalam perusahaan dapat mengurangi defect dalam produksi sehingga mengurangi waktu yang diperlukan untuk memperbaiki kesahalan. Keberhasilan TQM yang terus dirasakan dan terbukti—khususnya karena partisipasi karyawan dalam keberhasilan itu—dapat mengarah pada peningkatan yang nyata dalam moral karyawan. Hal ini pada gilirannya mengurangi pergantian karyawan, dan karenanya mengurangi biaya untuk mempekerjakan dan melatih karyawan baru.
2. Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau negara untuk menjual dan memasok barang/ jasa yang diberikan dalam pasar. Daya saing dibentuk dengan cara melakukan proses penciptaan nilai tambah secara berkesinambungan. Kemampuan memperkokoh pangsa pasar, kemampuan meningkatkan kinerja tanpa henti, dan kemampuan menegakkan posisi yang menguntungkan adalah output yang dihasilkan oleh tenaga kerja untuk perusahaannya. Daya saing diciptakan akan memengaruhi prouktivitas, kemampuan mandiri para tenaga kerja, dan kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi dalam perusahaan. Pertumbuhan ekonomi otomatis juga meningkat karena kuantitas perilaku ekonomi
1. TQM (Total Quality Manajemen) adalah manajemen kualitas yang terpusat pada kualitas, dengan partisipasi semua anggotanya, bertujuan untuk kesuksesan jangka panjang, TQM merupakan pendekatan manajemen untuk kesuksesan jangka panjang melalui fokus kepada kepuasan pelanggan. TQM penting karena tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas terbaik sesuai harapan konsumen
2. Daya saing meruapakan kemampuan / keunggulan perusahaan dalam meningkatkan nilai produknya terus menerus untuk dapat bersaing di pasar domestik maupun pasar internasional Daya saing perlu diciptakan karena dapat mendorong perusahaan agar terus meningkatnya nilai produknya lebih baik daripada perusahaan lain. Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.
1.Quality Management merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, tenaga kerja, proses, dan lingkungannya. Penerapan TQM dalam suatu perusahaan dapat memberikan beberapa manfaat utama yang pada gilirannya meningkatkan laba serta daya saing perusahaan yang bersangkutan. Dengan melakukan perbaikan kualitas secara terusœmenerus maka perusahaan dapat meningkatkan labanya melalui dua rute, yang pertama yaitu rute pasar. 2.Daya saing adalah sebagai kemampuan suatu entitas perekonomian (negara/daerah) untuk mencapai pertumbuhan tinggi dan berkelanjutan. karna daya saing dapat melihat kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya. Sehingga faktor yang harus diperhatikan dalam persaingan adalah keunggulan
1) Menurut saya, TQM merupakan suatu pendekatan sistematis dan hati-hati untuk mencapai peningkatan kualitas yang tepat dengan cara yang konsisten dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. TQM penting bagi perusahaan karena dengan adanya TQM akan terdapat perubahan kualitas produk dan layanan, produktivitas akan meningkat, permasalahan dapat diselesaikan dengan tepat, serta membuat hubungan antara departemen satu dan lainnya lebih mudah. Dengan ini perusahaan akan terus peka terhadap kebutuhan pelanggan dan siap beradaptasi terhadap perubahan.
2) Daya saing merupakan kekuatan untuk berusaha menjadi lebih baik dari yang lain atau unggul dalam hal tertentu baik yang dilakukan seseorang, kelompok maupun institusi tertentu. Daya saing perlu diciptakan agar mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, serta menciptakan keunggulan komparatif untuk bersaing atau berkompetisi dengan perusahaan lain.
1. TQM merupakan upaya sistematis dari seluruh organisasi yang berfokus pada kualitas dan bertujuan untuk kesuksesan jangka panjang melalui partisipasi semua anggota, kepuasan pelanggan, dan penciptaan keuntungan bagi anggota organisasi dan masyarakat. TQM bukanlah seperangkat beberapa program, tetapi semacam sistem manajemen. Singkatnya, TQM dapat didefinisikan sebagai sistem manajemen terintegrasi yang berfokus pada kualitas layanan yang berorientasi pada pelanggan dan mempromosikan peningkatan layanan berkelanjutan melalui partisipasi semua karyawan untuk tujuan akhir kepuasan pelanggan dan peningkatan manajemen. TQM penting bagi perusahaaan karena pertama, kualitas ditentukan oleh pelanggan. Dengan kata lain, karakteristik barang atau jasa harus didefinisikan sesuai dengan keinginan pelanggan dan dapat menciptakan kepuasan pelanggan sejati bahkan kesenangan pelanggan. Kedua, bertujuan untuk menjadi sistem manajemen yang berfokus pada orang dengan menekankan proses produksi barang dan jasa yang menciptakan kepuasan pelanggan. Dengan kata lain, jika anggota organisasi cukup terlatih dan terdidik dalam pengenalan masalah dan pemecahan masalah, pengumpulan data dan pengambilan keputusan, teknik kepemimpinan dan diskusi kelompok, serta dalam proses kerja, mereka akan dapat menjalankan fungsi organisasi dengan baik.
2. Daya saing adalah kemampuan perusahaan untuk menawarkan produk atau jasa secara lebih efektif dan efisien daripada pesaing terkait. Ini berarti kesuksesan yang berkelanjutan di pasar internasional tanpa perlindungan atau subsidi. Meskipun biaya transportasi memungkinkan perusahaan lokal untuk berhasil bersaing di negaranya sendiri atau di negara tetangga, secara umum daya saing dapat dikatakan sebagai keunggulan yang diperoleh melalui produktivitas yang unggul. Daya saing perlu diciptakan karena standar hidup suatu negara semakin bergantung pada daya saing perusahaan. Daya saing menjadi kunci bagi perusahaan suatu negara untuk memanfaatkan peluang dalam perekonomian global. Perdagangan internasional dan investasi asing telah tumbuh lebih cepat dari produksi dunia selama ratusan tahun. Daya saing industri yang dihasilkan dari perdagangan internasional dan investasi asing langsung memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi. Terutama berlaku untuk negara-negara kecil, daya saing memungkinkan perusahaan mengatasi keterbatasan pasar dalam negeri kecil untuk mencapai potensi penuh mereka. Hal ini juga penting jika bisnis negara mempertahankan diri dari ancaman yang ditimbulkan oleh ekonomi internasional.
1.) Menurut saya TQM sangat penting karena dapat Meningkatkan reputasi perusahaan Dengan menciptakan produk yang berkualitas, perusahaan akan mendapatkan predikat yang bagus di mata pelanggan. Bahkan tidak menutup kemungkinan produk akan cepat berekspansi ke pasar global serta Kesempatan mewujudkan cost reduction Dengan menghasilkan produk yang berkualitas, berarti perusahaan mampu melakukan kegiatan produksi dengan efektif dan efisien. Produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan sehingga jumlah produk defect atau barang cacat dapat ditekan sekecil mungkin serta dapat Menjadi kunci untuk mendapat loyalitas pelanggan Kualitas menjadi kunci utama agar produk dikenal dan dipercaya masyarakat luas. Jika ingin meningkatkan loyalitas ke level yang lebih tinggi pastikan Anda meningkatkan kualitas terlebih dahulu. Baik kualitas produk maupun kualitas pelayanan.
2.) Daya saing merupakan kemampuan menghasilkan produk barang dan jasa yang memenuhi pengujian internasional, dan dalam saat bersamaan juga dapat memelihara tingkat pendapatan yang tinggi dan berkelanjutan, atau kemampuan daerah menghasilkan tingkat pendpatan dan kesempatan kerja yang tinggi dengan tetap terbuka terhadap persaingan eksternal.Pada dasarnya secara umum daya saing didefinisikan sebagai kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya. Sehingga faktor yang harus diperhatikan dalam persaingan adalah keunggulan.
1.kenapa TQM itu penting karena TQM bertujuan untuk meningkatkan kualitas, dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik sesuai harapan pelanggan dalam hal layanan, produk, dan pengalaman pelanggan. Hal ini tentu juga akan meningkatkan competitive advantage perusahaan di mata pelanggan dibandingkan dengan para kompetitor
2. daya saing didefinisikan sebagai kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya.
daya saing perlu di ciptakan karena Pentingnya daya saing karena Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.
1. Total Quality Management merupakan sebuah sistem manajemen untuk organisasi yang berfokus pada pelanggan yang melibatkan semua karyawan dalam perbaikan terus-menerus dengan menggunakan strategi, data, dan komunikasi yang efektif untuk mengintegrasikan mutu ke dalam budaya dan aktivitas organisasi. Adapun Manfaat jangka panjang utama dari Total Quality Management bagi perusahaan yaitu berkaitan dengan kepuasan pelanggan, meningkatkan kualitas, dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik sesuai harapan pelanggan dalam hal layanan, produk, dan pengalaman pelanggan. Hal ini tentu juga akan meningkatkan competitive advantage perusahaan di mata pelanggan dibandingkan dengan para kompetitor.
2. Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau negara untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Daya saing sebuah negara dapat dicapai dari akumulasi daya saing strategis setiap perusahaan. Sedangkan pada level perusahaan, daya saing dibentuk dengan cara melakukan proses penciptaan nilai tambah (value added creation) secara berkesinambungan. Kemampuan yang dimaksud adalah 1. kemampuan memperkokoh pangsa pasarnya, 2. kemampuan menghubungkan dengan lingkungannya, 3. kemampuan meningkatkan kinerja tanpa henti, 4. kemampuan menegakkan posisi yang menguntungkan. Pentingnya daya saing untuk diciptakan yaitu: 1. mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, 2. dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat, 3. kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.
rifqi fauzan 1119210073 1.TQM adalah suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus). mengapa TQM penting untuk meningkatkan kualitas, dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik sesuai harapan pelanggan dalam hal layanan, produk, dan pengalaman pelanggan. Hal ini tentu juga akan meningkatkan competitive advantage perusahaan di mata pelanggan dibandingkan dengan para kompetitor. 2. daya saing didefinisikan sebagai kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya mengapa daya saing perlu diciptakan 1)Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri 2)Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat
Soal 1: Total Quality Management (TQM) pada perusahaan selalu berbicara bagaimana kita bisa membuat terobosan untuk meningkatkan kualitas layanan melalui perbaikan. Kenapa kualitas ini menjadi penting bagi perusahaan?
1. Karena, TQM dapat Meningkatkan reputasi perusahaan dengan menciptakan produk yang berkualitas, perusahaan akan mendapatkan predikat yang bagus di mata pelanggan. Bahkan tidak menutup kemungkinan produk akan cepat berekspansi ke pasar global.
2. Kesempatan mewujudkan cost reduction Dengan menghasilkan produk yang berkualitas, berarti perusahaan mampu melakukan kegiatan produksi dengan efektif dan efisien.
3. Menjadi kunci untuk mendapat loyalitas pelanggan, Kualitas menjadi kunci utama agar produk dikenal dan dipercaya masyarakat luas. Baik kualitas produk maupun kualitas pelayanan.
Soal 2: Daya saing merupakan kemampuan untuk menunjukkan hasil yang lebih baik, lebih cepat dan lebih bermakna. Daya saing ditentukan oleh keunggulan bersaing suatu perusahaan dan sangat bergantung pada tingkat sumber daya relatif yang dimilikinya atau keunggulan kompetitif.
Mengapa daya saing perlu diciptakan? karena tiga hal yaitu: 1. Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri. 2. Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat. 3. Kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.
1.TQM adalah suatu manejemen yang membuat perencanaan dan mengambil keputusan, mengorganisir, memimpin, mengarahkan, mengolah, memanfaatkan seluruh modal peralatan dan material, teknologi, sitem informasi, energi dan sumber daya manusia untuk membuat produk atau jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan dan kepuasan pasar kosumen terus menerus untuk kelangsungan hidup perusahaan secara efisien, efektif dan bertanggungjawab dengan partisipasi seluruh sumber daya manusia. Perangkat Total Quality Management Siklus PDCA merupakan perangkat utama dari TQM untuk perbaikan secara terus menerus.
Plan - Pada tahap ini, tim menentukan masalah, mengumpulkan dan menganalisis data, menetapkan pengukuran dan merumuskan solusi untuk meningkatkan kualitas.
Do - Tim mengimplementasikan proses baru dan menguji hasilnya terhadap hasil yang diharapkan dari Quality Management System.
Check - Tim ini mengukur keefektifan dan melakukan penyesuaian untuk memperbaiki proses kualitas baru sampai hasil yang diinginkan tercapai.
Act - Proses perbaikan yang baru diterapkan, semua pihak diberi tahu dan dilatih mengenai proses dan metrik baru yang ditetapkan untuk memantau keefektifan proses mutu.
Pentingya TQM bagi perusahaan : Membuat Perusahaan dapat Berkompetisi. TQM sangat membantu dalam memahami persaingan dan juga mengembangkan strategi yang efektif dalam menghadapi kompetisi. TQM membantu dalam memahami pelanggan serta pasar. Ini memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk memenuhi kompetisi dengan menggunakan teknik TQM.
2.Daya saing merupakan kemampuan usaha suatu perusahaan dalam industri untuk mengadapi berbagai lingkungan yang dihadapi. Daya saing ditentukan oleh keunggulan bersaing suatu perusahaan dan sangat bergantung pada tingkat sumber daya relatif yang dimilikinya atau biasa kita sebut keunggulan kompetitif.Pentingnya daya saing diciptakan karena tiga hal berikut: 1. mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri. 2. dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat. 3.kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.
I Ketut Ardana Mahawira (1119210123) 1.) Pengertian Total Quality Management (TQM) – Total Management System atau disingkat dengan TQM adalah suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus). Total Quality Management atau TQM menggunakan strategi, data dan komunikasi yang efektif untuk meng-integrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan perusahaan. Singkatnya, Total Quality Management (TQM) adalah pendekatan manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction). Dalam TQM (Total Quality Management), semua anggota organisasi atau karyawan perusahaan harus berpartisipasi aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan serta budaya dimana mereka bekerja sehingga menghasilkan kualitas terbaik dalam Produk dan Layanan yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan kepuasan pelanggan.
2.)Pada dasarnya secara umum daya saing didefinisikan sebagai kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya.
1. TQM menurut saya adalah manajemen kualitas yang lebih berfokus pada pelanggan dengan cara melibatkan seluruh level tingkatan karyawan dalam mengerjakan peningkatan ataupun perbaikan secara kontinyu. TQM penting bagi perusahaan karena bertujuan untuk meningkatkan kualitas, dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik sesuai harapan pelanggan dalam hal layanan, produk, dan pengalaman pelanggan, sehingga diharapkan produk dapat diterima dengan baik oleh pelanggan.
2. Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau negara untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Mengapa daya saing perlu diciptakan, karena dapat Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri,dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.
Menurut saya TQM adalah manajemen kualitas yang terpusat pada kualitas, dengan partisipasi semua anggotanya, bertujuan untuk kesuksesan jangka panjang, TQM merupakan pendekatan manajemen untuk kesuksesan jangka panjang melalui fokus kepada kepuasan pelanggan. TQM penting karena tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas terbaik sesuai harapan konsumen.
Daya saing merupakan kekuatan untuk berusaha menjadi lebih baik dari yang lain atau unggul dalam hal tertentu baik yang dilakukan seseorang, kelompok maupun institusi tertentu. Daya saing perlu diciptakan agar mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, serta menciptakan keunggulan komparatif untuk bersaing atau berkompetisi dengan perusahaan lain.
Bunga Tasya Adelia 1119210096 1. TQM adalah suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus). Penerapan TQM dalam suatu perusahaan dapat memberikan beberapa manfaat utama yang pada gilirannya meningkatkan laba serta daya saing perusahaan yang bersangkutan. 2. daya saing adalah suatu kemampuan dari sebuah usaha dalam menghasilkan barang dan jasa yang dapat memenuhi standar pasar penjualan baik itu yang berasal dari pasar domestik maupun pasar internasional. daya saing perlu diciptakan agar : (1) Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, (2) Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.
Menurut saya, TQM penting bagi perusahaan karena bertujuan untuk meningkatkan kualitas, dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik sesuai harapan pelanggan dalam hal layanan, produk, dan pengalaman pelanggan. Hal ini tentu juga akan meningkatkan competitive advantage perusahaan di mata pelanggan dibandingkan dengan para kompetitor.
Menurut saya, daya saing perlu diciptakan karena merupakan kemampuan untuk menunjukkan hasil yang lebih baik, lebih cepat atau lebih bermakna.
1. Total Quality Management (TQM) TQM itu sebuah sistem manajemen kualitas yang fokus pada Pelanggan dengan melibatkan semua pekerja dalam melakukan peningkatan dan perbaikan yang kontinyu. TQM penting, karena untuk mencapai kepuasan konsumen atau pelanggan. terhadap barang dan jasa yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.
2. Daya saing itu kemampuan usaha dalam menghasilkan barang dan jasa yang dapat memenuhi standar pasar penjualan baik itu yang berasal dari pasar lokal maupun internasional. Daya saing perlu diciptakan, karena dengan adanya daya saing yang tinggi bagi perusahaan, akan bertambah pula keuntungan disisi pelanggan, produksi, dan images yang baik dalam pandangan pelanggan, sekaligus meningkatkan pendapatan perusahaan.
1. Apa pendapatmu tentang TQM dan mengapa ini penting bagi perusahaan? Karna untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Ini akan berlaku untuk pelanggan internal dan pelanggan eksternal. TQM membutuhkan integrasi semua aspek bisnis, dengan fokus pada kebutuhan pelanggan dan proses organisasi. Pengalaman dan pengetahuan para pekerja sangat berharga dalam memikirkan kembali setiap aspek bisnis dan mengoptimalkan pengalaman semua orang yang terlibat. Hasil yang sukses dari pendekatan manajemen kualitas total adalah produk yang berkualitas, pelanggan yang puas dan karyawan yang merasa dihargai dan dihargai.
2. Apa itu daya saing, mengapa daya saing perlu diciptakan? Daya saing merupakan kemampuan menghasilkan produk barang dan jasa yang memenuhi pengujian internasional, dan dalam saat bersamaan juga dapat memelihara tingkat pendapatan yang tinggi dan berkelanjutan, atau kemampuan daerah menghasilkan tingkat pendapatan dan kesempatan kerja yang tinggi dengan tetap terbuka terhadap persaingan eksternal. Pentingnya daya saing karena tiga hal berikut: 1) Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri 2) Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat 3) Kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi
1. Berdasarkan pengertian TQM, salah satunya yaitu TQM adalaah sebuah manajemen kualitas yang berfokus pada pelanggan dengan cara melibatkan seluruh level tingkatan karyawan dalam mengerjakan peningkatan ataupun perbaikan secara terus-menerus, maka bisa dikatakan TQM adalah pendekatan manajemen yang digunakan untuk mencapai kesuksesan jangka panjang dengan mengedepankan kepuasan pelanggan. TQM penting bagi perusahaan karena mampu memberikan keuntungan baik yang berwujud ataupun tidak berwujud.TQM cenderung akan melahirkan serangkaian perubahan secara terus-menerus, dan perusahaan juga fokus pada meningkatkan manajemen agar lebih akurat, dan efektif demi kemajuan perusahaan.
2. Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan untuk lebih baik, lebih cepat atau lebih bermakna. Daya saing diciptakan agar perusahaan dapat menunjukan kemampuan secara maksimal, yang berakibat pada peningkatan pendapatan dan kualitas.
1. Menurut saya TQM merupakan suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus). Pentingnya TQM bagi perusahaan karena dapat memberikan kualitas yang terbaik bagi pelanggan sehingga hal ini snagat benmanfaat bagi perusahaan untuk mendapatkan pendapatan yang tinggi sesuai tujuan perusahaan . 2. Daya saing merupakan kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya. Daya saing harus diciptakan agar perusahaan dapat meningkatkan kualitas agar bisa bertahan dalam perdagangannya.
Total Management System (TQM) adalah suatu cara / sistem manajemen kualitas dari suatu perusahaan / organisasi yang berfokus pada Pelanggan guna pendekatan dan konsistensi untuk meningkatkan kualitas yang mampu bersaing dan menjaga integritas perusahaan, biasanya bisa dari masukan dan saran dari pelanggan, selalu inovasi, maintance kualitas dan juga memperbaiki kekurangan agar terus improve guna mencapai keberhasilan jangka panjang melalui Kepuasan Pelanggan. secara tidak langsung daya saing tercipta dan akan terlihat melalui cara memanejement di suatu perusahaan terus berkeinginan menjaga kualitas dengan sistem berkala agar konsisten, kalau menurut dari pengalaman saya pribadi sistem suatu perusahaan dan peran SDM adalah salah satu peran yang saya bisa rasakan di perusahaan saya bekerja karna saya bekerja di rana F&B, salah satu contohnya : perusahaan ditempat saya kerja selalu memberikan kesempatan untuk belajar di seminar seminar talent management untuk engagement yang lebih ke calon cust / pelanggan.
1. Menurut saya TQM merupakan suatu pendekatan yang berorientasi pada pelanggan dengan memperkenalkan perubahan manajemen secara sistematik dan perbaikan terus menerus terhadap proses,produk dan pelayanan suatu organisasi. 2. Daya saing merupakan suatu kemampuan dari sebuah usaha dalam menghasilkan barang dan jasa yang dapat memenuhi standar pasar penjualan baik itu yang berasal dari pasar domestik maupun pasar internasional.
1. Menurut saya TQM adalah suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan secara terus-menerus. TQM menggunakan strategi, data dan komunikasi yang efektif untuk meng-integrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan perusahaan pendekatan manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui Kepuasan Pelanggan,semua anggota organisasi atau karyawan perusahaan harus berpartisipasi aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan serta budaya dimana mereka bekerja sehingga menghasilkan kualitas terbaik dalam Produk dan Layanan yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan kepuasan pelanggan. 2. Daya saing merupakan suatu kemampuan dari sebuah usaha dalam menghasilkan barang dan jasa yang dapat memenuhi standar pasar penjualan baik itu yang berasal dari pasar domestik maupun pasar internasional dan didefinisikan sebagai kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya.
1. Menurut saya TQM adalah suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan secara terus-menerus. TQM menggunakan strategi, data dan komunikasi yang efektif untuk meng-integrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan perusahaan pendekatan manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui Kepuasan Pelanggan,semua anggota organisasi atau karyawan perusahaan harus berpartisipasi aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan serta budaya dimana mereka bekerja sehingga menghasilkan kualitas terbaik dalam Produk dan Layanan yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan kepuasan pelanggan. 2. Daya saing merupakan suatu kemampuan dari sebuah usaha dalam menghasilkan barang dan jasa yang dapat memenuhi standar pasar penjualan baik itu yang berasal dari pasar domestik maupun pasar internasional dan didefinisikan sebagai kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya.
Regita Rustiani
ReplyDeleteNpm: 1119210233
1). Pendapat saya tentang TQM merupakan suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus).
TQM penting bagi perusahaan karena dengan adanya TQM perusahaan dapat meningkatkan kualitas, dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik sesuai harapan pelanggan dalam hal layanan, produk, dan pengalaman pelanggan sehingga perusahaan dapat meningkatkan competitive advantage perusahaan di mata pelanggan dibandingkan dengan para kompetitor.
2). Daya saing merupakan kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya.
Daya saing perlu di ciptakan karena dengan adanya daya saing dapat mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, serta Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.
Farah Alivia Nur Azizah
ReplyDelete1119210234
1. TQM adalah upaya yang dijalankan seluruh organisasi untuk menetapkan dan menciptakan iklim permanen, di mana karyawan terus meningkatkan kemampuan mereka untuk menyediakan produk dan layanan yang diminta oleh pelanggan yang akan menemukan nilai tertentu.
TQM penting untuk membantu organisasi dalam merampingkan proses, dan memastikan sistem kerja proaktif yang siap untuk mengatasi penyimpangan dari kondisi ideal dan untuk mencapai produktivitas dan efisiensi proses dengan mengidentifikasi dan menghilangkan masalah dalam proses dan sistem kerja
2. Daya Saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau negara untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Daya saing sebuah negara dapat dicapai dari akumulasi daya saing strategis setiap perusahaan. Sedangkan pada level perusahaan, daya saing dibentuk dengan cara melakukan proses penciptaan nilai tambah secara berkesinambungan.
Daya Saing itu sangat penting untuk menghadapi ketidakpastian perkembangan global, khususnya perlambatan pertumbuhan ekonomi dan untuk menghasilkan pertumbuhan perusahaan yang tinggi.
Rifani Titis Saputri
ReplyDelete1119210172
1.TQM merupakan penilaian terakhir dari prioritas utama dalam jaminan kualitas yang diberikan konsumen kepada perusahaan. TQM ini sangat penting bagi perusahaan karena dengan kualitas terbaik akan mempengaruhi loyalitas pelanggan.
2.Daya Saing adalah konsep perbandingan kemampuan dari sebuah usaha dalam menghasilkan barang dan jasa yang dapat memenuhi standar pasar penjualan baik itu yang berasal dari pasar domestik maupun pasar internasional.
Daya saing perlu diciptakan agar terciptanya kemampuan dan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang tidak kalah dengan perusahaan atau negara lain.
1.Menurut pendapat saya, TQM merupakan sebuah kualitas yang lebih berfokus pada pelanggan dengan cara melibatkan seluruh level tingkatan karyawan dalam mengerjakan peningkatan atau perbaikan secara kontinyu. Dalam TQM, seluruh karyawan perusahaan harus tuntut serta aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan, serta budaya pada tempat kerja mereka, sehingga nantinya akan melahirkan kualitas terbaik dalam layanan atau produk demi mencapai kepuasan para pelanggannya.
ReplyDeleteDan mengapa hal ini penting karena berfungsi efektif dalam berbagai organisasi, yaitu sebagai sistem manajemen untuk meningkatkan kualitas produk atau outcome sehingga bisa diterima oleh pelanggan dan dapat menghindari timbulnya kesalahan yang fatal.
2.Daya saing merupakan kemampuan perusahaan, industri, daerah, negara, atau antar daerah menghasilakn faktor pendapatan dan faktor pekerjaan yang relatif lebih tinggi dan berkesinambungan untuk menghadapi persaingan internasional. Daya saing perlu diciptakan untuk mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, dapat meningkatkan kapasitas ekonomi baik itu dalam konteks regional maupun kuantitas sehingga pertumbuhan ekonomi akan meningkat nantinya, dan kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi
1. Menurut saya karena TQM merupakan pendekatan yang seharusnya dilakukan organisasi masa kini
ReplyDeleteuntuk memperbaiki kualitas produknya, menekan biaya produksi dan meningkatkan produktivitasnya. Selain itu juga untuk memberikan produk atau jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan dan kepuasan pasar konsumen secara berkelanjutan (sustainable satisfaction) yang pada gilirannya akan menimbulkan pembelian berkesinambungan sehingga dapat meningkatkan produktivitas produsen mencapai skala ekonomis dengan akibat penurunan biaya produksi.
2. Daya saing merupakan sebuah cara dengan melibatkan seluruh
aspek dalam organisasi untuk memperoleh keuntungan dan memenangkan kompetisi. Dengan adanya daya saing tinggi bagi perusahaan maka akan bertambah pula keuntungan yakni dari sisi konsumen, produksi, citra baik dalam pandangan konsumen dan pelanggan, dan meningkatkan pendapatan.
1.Manajemen kualitas total (TQM) adalah proses berkelanjutan untuk mendeteksi dan mengurangi atau menghilangkan kesalahan dalam manufaktur, merampingkan manajemen rantai pasokan , meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memastikan bahwa karyawan mengikuti pelatihan.
ReplyDeleteTQM sangat penting karena memberikan jaminan kualitas bahwa pelanggan akan mendapatkan apa yang mereka harapkan, serta proses untuk mengelola pelanggan yang tidak puas, membuat koreksi yang diperlukan dan mencegah pengulangan serupa.
2.Daya saing adalah suatu kemampuan, kekuatan seseorang atau pelaku usaha untuk tetap mengembangkan dan memajukan usahanya dengan baik antara entitas sejenis dalam suatu lingkungan yang sama.
Ketika pasar daya saing/kompetitif tinggi, bisnis akan memiliki insentif yang lebih besar untuk menurunkan harga, meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka, dan memberikan lebih banyak pilihan kepada pembeli. Artinya, bisnis perlu berinovasi untuk membuat produk mereka berbeda dan lebih baik dari yang lain.
1. Mutu terpadu atau disebut juga Total Quality Management (TQM) dapat didefinisikan dari tiga kata yang dimilikinya yaitu: Total (keseluruhan), Quality (kualitas, derajat/tingkat keunggulan barang atau jasa), Management (tindakan, seni, cara menghendel, pengendalian, pengarahan). Dari ketiga kata yang dimilikinya, definisi TQM adalah: “sistem manajemen yang berorientasi pada kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dengan kegiatan yang diupayakan benar sekali (right first time), melalui perbaikan berkesinambungan (continous improvement) dan memotivasi karyawan “ ,Lima Pilar TQM :
ReplyDelete1) Produk
2) Proses
3) Organisasi
4) Pemimpin
5) Komitmen Implementasi TQM
--> TQM bertujuan untuk meningkatkan kualitas, dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik sesuai harapan pelanggan dalam hal layanan, produk, dan pengalaman pelanggan. Hal ini tentu juga akan meningkatkan competitive advantage perusahaan di mata pelanggan dibandingkan dengan para kompetitor. TQM Sebagai Wujud Peningkatan Mutu Pendidikan
Paradigma Total Quality Management ( TQM ) merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya.
2.Pengertian daya saing adalah kemampuan perusahaan, industri,
daerah, negara, atau antar daerah menghasilkan faktor pendapatan dan faktor pekerjaan yang relatif lebih tinggi dan berkesinambungan untuk menghadapi persaingan internasional. Pentingnya daya saing karena tiga hal berikut: (1) Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, (2) Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.
Nama : Aida
ReplyDeleteNpm : 1119210173
1. Apa pendapatmu tentang TQM dan mengapa ini penting bagi perusahaan?
Jawab :
• Menurut saya TQM adalah suatu pendekatan yang sistematis, praktis dan strategis dalam menyelenggarakan suatu organisasi, yang mengutamakan kepentingan pelanggan. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengendalikan mutu. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat dinyatakan bahwa pada dasarnya kualitas mengacu kepada pokok-pokok sebagai berikut :
1. Kualitas terdiri dari sejumlah keistimewaan produk, baik keistimewaan langsung maupun keistimewaan atraktif yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan dengan demikian memberikan kepuasan atas penggunaan produk tersebut.
2. Kualitas terdiri dari segala sesuatu yang bebas dari kekurangan atau kerusakan.
Dapat dikatakan bahwa pengertian kualitas tersebut diatas mengandung fokus, yaitu terhadap konsumen (customer focused quality), yang artinya bahwa produk atau jasa didesain, diproduksi, serta pelayanan terbaik diberikan kepada pelanggan. Sehingga kualitas senantiasa mengacu kepada segala sesuatu yang menentukan kepuasan pelanggan.
• Mengapa penting bagi perusahaan : Karena dengan menggunakan konsep TQM dalam perusahaan memang memberikan banyak keuntungan terutama dalam jangka panjang. Kelebihan secara nyata seperti, peningkatan laba, produktivitas meningkat, dan lainnya. Selain itu, terdapat pula kelebihan intangible, yaitu meningkatnya motivasi karyawan, kerjasama efektif antar karyawan, kepuasan pelanggan, serta komunikasi memadai. Namun, untuk menerapkannya diperlukan waktu untuk dilakukannya proses pelatihan kepada karyawan terkait.
2. Apa itu daya saing, mengapa daya saing perlu di ciptakan?
Jawab :
• Daya saing adalah “kemampuan atau keunggulan yang dipergunakan untuk bersaing pada pasar tertentu. Daya saing ini diciptakan melalui pengembangan terus menerus di semua lini dalam organisasi, utamanya disektor produksi.
• Mengapa daya saing perlu di ciptakan :
Pentingnya daya saing karena tiga hal berikut :
1. Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri,
2. Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat,
3. Kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.
Rizca Puteri Khairunisa (1119210155)
ReplyDelete1.Menurut saya TQM adalah proses berkelanjutan untuk mendeteksi dan mengurangi atau menghilangkan kesalahan dalam manufaktur, merampingkan manajemen rantai pasokan, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memastikan bahwa karyawan mengikuti pelatihan.
TQM sangat penting karena memberikan jaminan kualitas bahwa pelanggan akan mendapatkan apa yang mereka harapkan, serta proses untuk mengelola pelanggan yang tidak puas, membuat koreksi yang diperlukan dan mencegah pengulangan serupa.
2.Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau Negara untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Daya Saing itu sangat penting untuk menghadapi ketidakpastian perkembangan global, khususnya perlambatan pertumbuhan ekonomi dan untuk menghasilkan pertumbuhan perusahaan yang tinggi.
Nama : Wi'edhya Ilvi Darmaputri
ReplyDeleteNPM : 1119210215
1. Mnurut saya Total Management System atau disingkat dengan TQM adalah suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus). Total Quality Management atau TQM menggunakan strategi, data dan komunikasi yang efektif untuk meng-integrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan perusahaan. Singkatnya, Total Quality Management (TQM) adalah pendekatan manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction).
Dalam TQM (Total Quality Management), semua anggota organisasi atau karyawan perusahaan harus berpartisipasi aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan serta budaya dimana mereka bekerja sehingga menghasilkan kualitas terbaik dalam Produk dan Layanan yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan kepuasan pelanggan.
2. Daya saing merupakan kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya.
Daya saing perlu di ciptakan karena dengan adanya daya saing dapat mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, serta Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.
Pentingnya daya saing karena tiga hal berikut :
1. Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri,
2. Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat,
3. Kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.
1. TQM merupakan prinsip jangka panjang yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan kualitas dan mengidentifikasi kualitas sesuai harapan pelanggan. Penerapan TQM membantu organisasi dalam merampingkan proses, dan memastikan sistem kerja proaktif yang siap untuk mengatasi penyimpangan dari kondisi ideal. Untuk mencapai tujuannya, perusahaan harus berpegang kepada beberapa prinsip TQM. Di antaranya kepuasan pelanggan, keterlibatan karyawan, dan peningkatan kualitas yang berkelanjutan (continuous improvement).
ReplyDeletePenggunaan TQM dalam perusahaan dapat mengurangi defect dalam produksi sehingga mengurangi waktu yang diperlukan untuk memperbaiki kesahalan. Keberhasilan TQM yang terus dirasakan dan terbukti—khususnya karena partisipasi karyawan dalam keberhasilan itu—dapat mengarah pada peningkatan yang nyata dalam moral karyawan. Hal ini pada gilirannya mengurangi pergantian karyawan, dan karenanya mengurangi biaya untuk mempekerjakan dan melatih karyawan baru.
2. Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau negara untuk menjual dan memasok barang/ jasa yang diberikan dalam pasar. Daya saing dibentuk dengan cara melakukan proses penciptaan nilai tambah secara berkesinambungan. Kemampuan memperkokoh pangsa pasar, kemampuan meningkatkan kinerja tanpa henti, dan kemampuan menegakkan posisi yang menguntungkan adalah output yang dihasilkan oleh tenaga kerja untuk perusahaannya.
Daya saing diciptakan akan memengaruhi prouktivitas, kemampuan mandiri para tenaga kerja, dan kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi dalam perusahaan. Pertumbuhan ekonomi otomatis juga meningkat karena kuantitas perilaku ekonomi
Santoso Tri Indra Putra (1119210119)
ReplyDelete1. TQM (Total Quality Manajemen) adalah manajemen kualitas yang terpusat pada kualitas, dengan partisipasi semua anggotanya, bertujuan untuk kesuksesan jangka panjang,
TQM merupakan pendekatan manajemen untuk kesuksesan jangka panjang melalui fokus kepada kepuasan pelanggan. TQM penting karena tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas terbaik sesuai harapan konsumen
2. Daya saing meruapakan kemampuan / keunggulan perusahaan dalam meningkatkan nilai produknya terus menerus untuk dapat bersaing di pasar domestik maupun pasar internasional
Daya saing perlu diciptakan karena dapat mendorong perusahaan agar terus meningkatnya nilai produknya lebih baik daripada perusahaan lain. Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.
1.Quality Management merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, tenaga kerja, proses, dan lingkungannya.
ReplyDeletePenerapan TQM dalam suatu perusahaan dapat memberikan beberapa manfaat utama yang pada gilirannya meningkatkan laba serta daya saing perusahaan yang bersangkutan. Dengan melakukan perbaikan kualitas secara terusœmenerus maka perusahaan dapat meningkatkan labanya melalui dua rute, yang pertama yaitu rute pasar.
2.Daya saing adalah sebagai kemampuan suatu entitas perekonomian (negara/daerah) untuk mencapai pertumbuhan tinggi dan berkelanjutan.
karna daya saing dapat melihat kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya. Sehingga faktor yang harus diperhatikan dalam persaingan adalah keunggulan
Alyanada
ReplyDelete1119210091
1) Menurut saya, TQM merupakan suatu pendekatan sistematis dan hati-hati untuk mencapai peningkatan kualitas yang tepat dengan cara yang konsisten dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.
TQM penting bagi perusahaan karena dengan adanya TQM akan terdapat perubahan kualitas produk dan layanan, produktivitas akan meningkat, permasalahan dapat diselesaikan dengan tepat, serta membuat hubungan antara departemen satu dan lainnya lebih mudah. Dengan ini perusahaan akan terus peka terhadap kebutuhan pelanggan dan siap beradaptasi terhadap perubahan.
2) Daya saing merupakan kekuatan untuk berusaha menjadi lebih baik dari yang lain atau unggul dalam hal tertentu baik yang dilakukan seseorang, kelompok maupun institusi tertentu.
Daya saing perlu diciptakan agar mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, serta menciptakan keunggulan komparatif untuk bersaing atau berkompetisi dengan perusahaan lain.
Alfina Damayanti (1119210071)
ReplyDelete1. TQM merupakan upaya sistematis dari seluruh organisasi yang berfokus pada kualitas dan bertujuan untuk kesuksesan jangka panjang melalui partisipasi semua anggota, kepuasan pelanggan, dan penciptaan keuntungan bagi anggota organisasi dan masyarakat. TQM bukanlah seperangkat beberapa program, tetapi semacam sistem manajemen. Singkatnya, TQM dapat didefinisikan sebagai sistem manajemen terintegrasi yang berfokus pada kualitas layanan yang berorientasi pada pelanggan dan mempromosikan peningkatan layanan berkelanjutan melalui partisipasi semua karyawan untuk tujuan akhir kepuasan pelanggan dan peningkatan manajemen.
TQM penting bagi perusahaaan karena pertama, kualitas ditentukan oleh pelanggan. Dengan kata lain, karakteristik barang atau jasa harus didefinisikan sesuai dengan keinginan pelanggan dan dapat menciptakan kepuasan pelanggan sejati bahkan kesenangan pelanggan. Kedua, bertujuan untuk menjadi sistem manajemen yang berfokus pada orang dengan menekankan proses produksi barang dan jasa yang menciptakan kepuasan pelanggan. Dengan kata lain, jika anggota organisasi cukup terlatih dan terdidik dalam pengenalan masalah dan pemecahan masalah, pengumpulan data dan pengambilan keputusan, teknik kepemimpinan dan diskusi kelompok, serta dalam proses kerja, mereka akan dapat menjalankan fungsi organisasi dengan baik.
2. Daya saing adalah kemampuan perusahaan untuk menawarkan produk atau jasa secara lebih efektif dan efisien daripada pesaing terkait. Ini berarti kesuksesan yang berkelanjutan di pasar internasional tanpa perlindungan atau subsidi. Meskipun biaya transportasi memungkinkan perusahaan lokal untuk berhasil bersaing di negaranya sendiri atau di negara tetangga, secara umum daya saing dapat dikatakan sebagai keunggulan yang diperoleh melalui produktivitas yang unggul.
Daya saing perlu diciptakan karena standar hidup suatu negara semakin bergantung pada daya saing perusahaan. Daya saing menjadi kunci bagi perusahaan suatu negara untuk memanfaatkan peluang dalam perekonomian global. Perdagangan internasional dan investasi asing telah tumbuh lebih cepat dari produksi dunia selama ratusan tahun. Daya saing industri yang dihasilkan dari perdagangan internasional dan investasi asing langsung memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi. Terutama berlaku untuk negara-negara kecil, daya saing memungkinkan perusahaan mengatasi keterbatasan pasar dalam negeri kecil untuk mencapai potensi penuh mereka. Hal ini juga penting jika bisnis negara mempertahankan diri dari ancaman yang ditimbulkan oleh ekonomi internasional.
Giovanni Putri Andawa
ReplyDelete1119210118
1.) Menurut saya TQM sangat penting karena dapat Meningkatkan reputasi perusahaan Dengan menciptakan produk yang berkualitas, perusahaan akan mendapatkan predikat yang bagus di mata pelanggan. Bahkan tidak menutup kemungkinan produk akan cepat berekspansi ke pasar global serta Kesempatan mewujudkan cost reduction
Dengan menghasilkan produk yang berkualitas, berarti perusahaan mampu melakukan kegiatan produksi dengan efektif dan efisien. Produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan sehingga jumlah produk defect atau barang cacat dapat ditekan sekecil mungkin serta dapat Menjadi kunci untuk mendapat loyalitas pelanggan Kualitas menjadi kunci utama agar produk dikenal dan dipercaya masyarakat luas. Jika ingin meningkatkan loyalitas ke level yang lebih tinggi pastikan Anda meningkatkan kualitas terlebih dahulu. Baik kualitas produk maupun kualitas pelayanan.
2.) Daya saing merupakan kemampuan menghasilkan produk barang dan
jasa yang memenuhi pengujian internasional, dan dalam saat bersamaan juga dapat memelihara tingkat pendapatan yang tinggi dan berkelanjutan, atau kemampuan daerah menghasilkan tingkat pendpatan dan kesempatan kerja yang tinggi dengan tetap terbuka terhadap persaingan eksternal.Pada dasarnya secara umum daya saing didefinisikan sebagai kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya. Sehingga faktor yang harus diperhatikan dalam persaingan adalah
keunggulan.
haekal shadafy
ReplyDelete1119210059
1.kenapa TQM itu penting karena TQM bertujuan untuk meningkatkan kualitas, dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik sesuai harapan pelanggan dalam hal layanan, produk, dan pengalaman pelanggan. Hal ini tentu juga akan meningkatkan competitive advantage perusahaan di mata pelanggan dibandingkan dengan para kompetitor
2. daya saing didefinisikan sebagai kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya.
daya saing perlu di ciptakan karena Pentingnya daya saing karena Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.
KURNIAWAN 1119210075
ReplyDelete1. Total Quality Management merupakan sebuah sistem manajemen untuk organisasi yang berfokus pada pelanggan yang melibatkan semua karyawan dalam perbaikan terus-menerus dengan menggunakan strategi, data, dan komunikasi yang efektif untuk mengintegrasikan mutu ke dalam budaya dan aktivitas organisasi.
Adapun Manfaat jangka panjang utama dari Total Quality Management bagi perusahaan yaitu berkaitan dengan kepuasan pelanggan, meningkatkan kualitas, dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik sesuai harapan pelanggan dalam hal layanan, produk, dan pengalaman pelanggan. Hal ini tentu juga akan meningkatkan competitive advantage perusahaan di mata pelanggan dibandingkan dengan para kompetitor.
2. Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau negara untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Daya saing sebuah negara dapat dicapai dari akumulasi daya saing strategis setiap perusahaan. Sedangkan pada level perusahaan, daya saing dibentuk dengan cara melakukan proses penciptaan nilai tambah (value added creation) secara berkesinambungan.
Kemampuan yang dimaksud adalah
1. kemampuan memperkokoh pangsa pasarnya,
2. kemampuan menghubungkan dengan lingkungannya,
3. kemampuan meningkatkan kinerja tanpa henti,
4. kemampuan menegakkan posisi yang menguntungkan.
Pentingnya daya saing untuk diciptakan yaitu:
1. mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri,
2. dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat,
3. kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.
rifqi fauzan 1119210073
ReplyDelete1.TQM adalah suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus). mengapa TQM penting untuk meningkatkan kualitas, dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik sesuai harapan pelanggan dalam hal layanan, produk, dan pengalaman pelanggan. Hal ini tentu juga akan meningkatkan competitive advantage perusahaan di mata pelanggan dibandingkan dengan para kompetitor.
2. daya saing didefinisikan sebagai kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya
mengapa daya saing perlu diciptakan
1)Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri
2)Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat
Soal 1:
ReplyDeleteTotal Quality Management (TQM) pada perusahaan selalu berbicara bagaimana kita bisa membuat terobosan untuk meningkatkan kualitas layanan melalui perbaikan.
Kenapa kualitas ini menjadi penting bagi perusahaan?
1. Karena, TQM dapat Meningkatkan reputasi perusahaan dengan menciptakan produk yang berkualitas, perusahaan akan mendapatkan predikat yang bagus di mata pelanggan. Bahkan tidak menutup kemungkinan produk akan cepat berekspansi ke pasar global.
2. Kesempatan mewujudkan cost reduction
Dengan menghasilkan produk yang berkualitas, berarti perusahaan mampu melakukan kegiatan produksi dengan efektif dan efisien.
3. Menjadi kunci untuk mendapat loyalitas pelanggan, Kualitas menjadi kunci utama agar produk dikenal dan dipercaya masyarakat luas. Baik kualitas produk maupun kualitas pelayanan.
Soal 2:
Daya saing merupakan kemampuan untuk menunjukkan hasil yang lebih baik, lebih cepat dan lebih bermakna. Daya saing ditentukan oleh keunggulan bersaing suatu perusahaan
dan sangat bergantung pada tingkat sumber daya relatif yang dimilikinya
atau keunggulan kompetitif.
Mengapa daya saing perlu diciptakan?
karena tiga hal yaitu:
1. Mendorong produktivitas dan meningkatkan
kemampuan mandiri.
2. Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik
dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.
3. Kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.
Erta sihura
ReplyDelete1119210180
1.TQM adalah suatu manejemen yang membuat perencanaan dan mengambil keputusan, mengorganisir, memimpin, mengarahkan, mengolah, memanfaatkan seluruh modal peralatan dan material, teknologi, sitem informasi, energi dan sumber daya manusia untuk membuat produk atau jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan dan kepuasan pasar kosumen terus menerus untuk kelangsungan hidup perusahaan secara efisien, efektif dan bertanggungjawab dengan partisipasi seluruh sumber daya manusia.
Perangkat Total Quality Management
Siklus PDCA merupakan perangkat utama dari TQM untuk perbaikan secara terus menerus.
Plan - Pada tahap ini, tim menentukan masalah, mengumpulkan dan menganalisis data, menetapkan pengukuran dan merumuskan solusi untuk meningkatkan kualitas.
Do - Tim mengimplementasikan proses baru dan menguji hasilnya terhadap hasil yang diharapkan dari Quality Management System.
Check - Tim ini mengukur keefektifan dan melakukan penyesuaian untuk memperbaiki proses kualitas baru sampai hasil yang diinginkan tercapai.
Act - Proses perbaikan yang baru diterapkan, semua pihak diberi tahu dan dilatih mengenai proses dan metrik baru yang ditetapkan untuk memantau keefektifan proses mutu.
Pentingya TQM bagi perusahaan : Membuat Perusahaan dapat Berkompetisi. TQM sangat membantu dalam memahami persaingan dan juga mengembangkan strategi yang efektif dalam menghadapi kompetisi. TQM membantu dalam memahami pelanggan serta pasar. Ini memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk memenuhi kompetisi dengan menggunakan teknik TQM.
2.Daya saing merupakan kemampuan usaha suatu perusahaan dalam industri untuk mengadapi
berbagai lingkungan yang dihadapi. Daya saing ditentukan oleh keunggulan
bersaing suatu perusahaan dan sangat bergantung pada tingkat sumber daya
relatif yang dimilikinya atau biasa kita sebut keunggulan kompetitif.Pentingnya daya saing diciptakan karena tiga hal berikut:
1. mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri.
2. dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.
3.kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.
I Ketut Ardana Mahawira (1119210123)
ReplyDelete1.) Pengertian Total Quality Management (TQM) – Total Management System atau disingkat dengan TQM adalah suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus). Total Quality Management atau TQM menggunakan strategi, data dan komunikasi yang efektif untuk meng-integrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan perusahaan. Singkatnya, Total Quality Management (TQM) adalah pendekatan manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction).
Dalam TQM (Total Quality Management), semua anggota organisasi atau karyawan perusahaan harus berpartisipasi aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan serta budaya dimana mereka bekerja sehingga menghasilkan kualitas terbaik dalam Produk dan Layanan yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan kepuasan pelanggan.
2.)Pada dasarnya secara umum daya saing didefinisikan sebagai kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya.
Ahmad Lintang Zamarudy 1119210211
ReplyDelete1. TQM menurut saya adalah manajemen kualitas yang lebih berfokus pada pelanggan dengan cara melibatkan seluruh level tingkatan karyawan dalam mengerjakan peningkatan ataupun perbaikan secara kontinyu. TQM penting bagi perusahaan karena bertujuan untuk meningkatkan kualitas, dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik sesuai harapan pelanggan dalam hal layanan, produk, dan pengalaman pelanggan, sehingga diharapkan produk dapat diterima dengan baik oleh pelanggan.
2. Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau negara untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Mengapa daya saing perlu diciptakan, karena dapat Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri,dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.
Nama: Nadila Bilqis
DeleteNpm: 1119210107
Menurut saya TQM adalah manajemen kualitas yang terpusat pada kualitas, dengan partisipasi semua anggotanya, bertujuan untuk kesuksesan jangka panjang,
TQM merupakan pendekatan manajemen untuk kesuksesan jangka panjang melalui fokus kepada kepuasan pelanggan. TQM penting karena tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas terbaik sesuai harapan konsumen.
Daya saing merupakan kekuatan untuk berusaha menjadi lebih baik dari yang lain atau unggul dalam hal tertentu baik yang dilakukan seseorang, kelompok maupun institusi tertentu.
Daya saing perlu diciptakan agar mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, serta menciptakan keunggulan komparatif untuk bersaing atau berkompetisi dengan perusahaan lain.
Bunga Tasya Adelia
ReplyDelete1119210096
1. TQM adalah suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus). Penerapan TQM dalam suatu perusahaan dapat memberikan beberapa manfaat utama yang pada gilirannya meningkatkan laba serta daya saing perusahaan yang bersangkutan.
2. daya saing adalah suatu kemampuan dari sebuah usaha dalam menghasilkan barang dan jasa yang dapat memenuhi standar pasar penjualan baik itu yang berasal dari pasar domestik maupun pasar internasional.
daya saing perlu diciptakan agar :
(1) Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, (2) Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.
Muhamad Syahran (1119210141)
ReplyDeleteMenurut saya, TQM penting bagi perusahaan karena bertujuan untuk meningkatkan kualitas, dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik sesuai harapan pelanggan dalam hal layanan, produk, dan pengalaman pelanggan. Hal ini tentu juga akan meningkatkan competitive advantage perusahaan di mata pelanggan dibandingkan dengan para kompetitor.
Menurut saya, daya saing perlu diciptakan karena merupakan kemampuan untuk menunjukkan hasil yang lebih baik, lebih cepat atau lebih bermakna.
SAID MUHAMMAD IQBAL ( 1119215002 )
ReplyDelete1. Total Quality Management (TQM) TQM itu sebuah sistem manajemen kualitas yang fokus pada Pelanggan dengan melibatkan semua
pekerja dalam melakukan peningkatan dan perbaikan yang kontinyu. TQM penting, karena untuk mencapai kepuasan konsumen atau pelanggan.
terhadap barang dan jasa yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.
2. Daya saing itu kemampuan usaha dalam menghasilkan barang dan jasa yang dapat memenuhi standar pasar penjualan
baik itu yang berasal dari pasar lokal maupun internasional. Daya saing perlu diciptakan, karena dengan adanya daya saing yang tinggi bagi
perusahaan, akan bertambah pula keuntungan disisi pelanggan, produksi, dan images yang baik dalam pandangan pelanggan, sekaligus meningkatkan
pendapatan perusahaan.
1. Apa pendapatmu tentang TQM dan mengapa ini penting bagi perusahaan?
ReplyDeleteKarna untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Ini akan berlaku untuk pelanggan internal dan pelanggan eksternal. TQM membutuhkan integrasi semua aspek bisnis, dengan fokus pada kebutuhan pelanggan dan proses organisasi. Pengalaman dan pengetahuan para pekerja sangat berharga dalam memikirkan kembali setiap aspek bisnis dan mengoptimalkan pengalaman semua orang yang terlibat. Hasil yang sukses dari pendekatan manajemen kualitas total adalah produk yang berkualitas, pelanggan yang puas dan karyawan yang merasa dihargai dan dihargai.
2. Apa itu daya saing, mengapa daya saing perlu diciptakan?
Daya saing merupakan kemampuan menghasilkan produk barang dan jasa yang memenuhi pengujian internasional, dan dalam saat bersamaan juga dapat memelihara tingkat pendapatan yang tinggi dan berkelanjutan, atau kemampuan daerah menghasilkan tingkat pendapatan dan kesempatan kerja yang tinggi dengan tetap terbuka terhadap persaingan eksternal. Pentingnya daya saing karena tiga hal berikut:
1) Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri
2) Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat
3) Kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi
Astri Aulia
ReplyDeleteNPM : 1121217016
1. Berdasarkan pengertian TQM, salah satunya yaitu TQM adalaah sebuah manajemen kualitas yang berfokus pada pelanggan dengan cara melibatkan seluruh level tingkatan karyawan dalam mengerjakan peningkatan ataupun perbaikan secara terus-menerus, maka bisa dikatakan TQM adalah pendekatan manajemen yang digunakan untuk mencapai kesuksesan jangka panjang dengan mengedepankan kepuasan pelanggan.
TQM penting bagi perusahaan karena mampu memberikan keuntungan baik yang berwujud ataupun tidak berwujud.TQM cenderung akan melahirkan serangkaian perubahan secara terus-menerus, dan perusahaan juga fokus pada meningkatkan manajemen agar lebih akurat, dan efektif demi kemajuan perusahaan.
2. Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan untuk lebih baik, lebih cepat atau lebih bermakna. Daya saing diciptakan agar perusahaan dapat menunjukan kemampuan secara maksimal, yang berakibat pada peningkatan pendapatan dan kualitas.
1. Menurut saya TQM merupakan suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus). Pentingnya TQM bagi perusahaan karena dapat memberikan kualitas yang terbaik bagi pelanggan sehingga hal ini snagat benmanfaat bagi perusahaan untuk mendapatkan pendapatan yang tinggi sesuai tujuan perusahaan .
ReplyDelete2. Daya saing merupakan kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya. Daya saing harus diciptakan agar perusahaan dapat meningkatkan kualitas agar bisa bertahan dalam perdagangannya.
Total Management System (TQM) adalah suatu cara / sistem manajemen kualitas dari suatu perusahaan / organisasi yang berfokus pada Pelanggan guna pendekatan dan konsistensi untuk meningkatkan kualitas yang mampu bersaing dan menjaga integritas perusahaan, biasanya bisa dari masukan dan saran dari pelanggan, selalu inovasi, maintance kualitas dan juga memperbaiki kekurangan agar terus improve guna mencapai keberhasilan jangka panjang melalui Kepuasan Pelanggan.
ReplyDeletesecara tidak langsung daya saing tercipta dan akan terlihat melalui cara memanejement di suatu perusahaan terus berkeinginan menjaga kualitas dengan sistem berkala agar konsisten,
kalau menurut dari pengalaman saya pribadi sistem suatu perusahaan dan peran SDM adalah salah satu peran yang saya bisa rasakan di perusahaan saya bekerja karna saya bekerja di rana F&B,
salah satu contohnya : perusahaan ditempat saya kerja selalu memberikan kesempatan untuk belajar di seminar seminar talent management untuk engagement yang lebih ke calon cust / pelanggan.
Yosi Simanullang
ReplyDeleteNpm : 1119215035
1. Menurut saya TQM merupakan suatu pendekatan yang berorientasi pada pelanggan dengan memperkenalkan perubahan manajemen secara sistematik dan perbaikan terus menerus terhadap proses,produk dan pelayanan suatu organisasi.
2. Daya saing merupakan suatu kemampuan dari sebuah usaha dalam menghasilkan barang dan jasa yang dapat memenuhi standar pasar penjualan baik itu yang berasal dari pasar domestik maupun pasar internasional.
Yosi Simanullang
DeleteNpm : 1119215035
1. Menurut saya TQM adalah suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan secara terus-menerus. TQM menggunakan strategi, data dan komunikasi yang efektif untuk meng-integrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan perusahaan pendekatan manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui Kepuasan Pelanggan,semua anggota organisasi atau karyawan perusahaan harus berpartisipasi aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan serta budaya dimana mereka bekerja sehingga menghasilkan kualitas terbaik dalam Produk dan Layanan yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan kepuasan pelanggan.
2. Daya saing merupakan suatu kemampuan dari sebuah usaha dalam menghasilkan barang dan jasa yang dapat memenuhi standar pasar penjualan baik itu yang berasal dari pasar domestik maupun pasar internasional dan didefinisikan sebagai kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya.
Yosi Simanullang
ReplyDeleteNpm : 1119215035
1. Menurut saya TQM adalah suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan secara terus-menerus. TQM menggunakan strategi, data dan komunikasi yang efektif untuk meng-integrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan perusahaan pendekatan manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui Kepuasan Pelanggan,semua anggota organisasi atau karyawan perusahaan harus berpartisipasi aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan serta budaya dimana mereka bekerja sehingga menghasilkan kualitas terbaik dalam Produk dan Layanan yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan kepuasan pelanggan.
2. Daya saing merupakan suatu kemampuan dari sebuah usaha dalam menghasilkan barang dan jasa yang dapat memenuhi standar pasar penjualan baik itu yang berasal dari pasar domestik maupun pasar internasional dan didefinisikan sebagai kemampuan dari suatu industri untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan industri lainnya.