Followers

Tuesday, June 13, 2023

Discussion Forum 11 - Kelas AMP

Topik Minggu ini ;

Jelaskan bagaimana menurut anda keterlibatan SDM  (Sumber Daya Manusia) di dalam membangun  budaya mutu.




Berikan pendapatmu di kolom comment dibawah ini 

11 comments:

  1. Shinta Wulandari (1121210131)

    ReplyDelete
  2. Kompetensi/kemampuan Sumber Daya Manusia merupakan hal yang penting pula dalam mendukung capaian dan sasaran organisasi, dalam menghadapi derasnya perkembangan teknologi, organisasi tidak bisa lagi diam berpangku tangan sudah pasti akan terlindas oleh jaman, pada era sekarang ini bisa dibilang tidak bisa orang atau organisasi tidur ditengah hiruk pikuknya perkembangan disegala bidang, ketersediaan sumber daya manusia yang berkemampuan tinggi sangat diperlukan, membentuk suatu lingkungan organisasi yang memilikisistem nilai, tradisi, dan aturan-aturan yang mendukung untukmencapai perbaikan mutu secara terus-menerus.
    Dera chantika(1120210184)

    ReplyDelete
  3. claradhika putri/1121210014
    Mengidentifikasi perubahan /perbaikan yang dibutuhkan
    Masukkan perubahan yang direncanakan secara tertulis
    Mengembangkan rencana untuk membuat perubahan
    Memahami proses transisi emosional
    Mengidentifikasi orang-orang dan mendukung mereka
    Mengambil pendekatan hati dan pikiran
    Menerapkan strategi courtship
    Mendukung program Budaya Mutu

    ReplyDelete
  4. menurut saya keterlibatan sdm dalam membangun budaya mutu itu sangat penting, karena sumber daya yg di miliki manusia dapat dimanfaatkan sebagai usaha untuk meraih keberhasilan dalam mencapai tujuan baik secara pribadi individu maupun di dalam organisasi.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Azka Aulia 1121210145
    Penerapan fungsi-fungsi Manajemen SDM yang meliputi analisis dan rancangan pekerjaan, penarikan tenaga kerja, pendidikan dan latihan, pengembangan tenaga kerja, penilaian kinerja, pemberian kompensasi dan hubungan ketenagakerjaan. Untuk menerapkan budaya mutu pada SDM perlu ada komitmen dari pimpinan sampai tingkat paling bawah dalam organisasi. Dalam total quality perlu mengaktualisasikan misi maupun visi organisasi menjadi nilai-nilai yang didukung, yang selanjutnya menjadi pedoman sikap maupun perilaku pegawai melibatkan SDM dalam keseluruhan bagian organisasi, untuk itu perlu sosialisasi terhadap visi misi yang direncanakan.

    ReplyDelete
  8. SDM memiliki peranan penting dalam membangun budaya mutu dalam suatu perusahaan agar perusahaan tersebut menghasilkan produk yang berkualitas. Dan dengan membangun budaya mutu SDM yang baik maka akan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.
    Jenifer Sihombing 1121210148

    ReplyDelete
  9. 1. Memahami konsep mutu, sdm harus memahami konsep mutu dan bagaimana prinsip-prinsip mutu dapat diimplementasikan dalam seluruh proses organisasi.
    2. Menjadi motivator, sdm dapat menjadi motivator untuk seluruh karyawan dalam organisasi untuk berkontribusi dalam membangun budaya mutu.
    3. Menyediakan pelatihan, salah satu cara untuk membangun budaya mutu adalah dengan memberikan pelatihan pada karyawan.
    4. Menentukan KPI, sdm dapat menentukan Key Performance Indicator atau Indikator Kinerja Utama untuk setiap karyawan dan kelompok kerja.
    5. Menyelesaikan masalah,sdm harus memperhatikan setiap masalah yang timbul terkait dengan mutu dan memastikan bahwa masalah tersebut terselesaikan dengan cepat dan tepat.
    -Rayyanti Maulizza (1121210035)

    ReplyDelete


  10. Keterlibatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam membangun budaya mutu sangat penting dan berperan kunci dalam menciptakan lingkungan kerja yang berfokus pada kualitas. Budaya mutu adalah suatu sikap, nilai-nilai, kebiasaan, dan praktik yang dianut oleh organisasi dalam usaha meningkatkan kualitas produk atau layanan yang disediakan.

    Berikut adalah beberapa cara keterlibatan SDM dapat membantu membangun budaya mutu:

    1. Pemilihan SDM yang tepat: Langkah pertama dalam membangun budaya mutu adalah mempekerjakan individu yang memiliki komitmen terhadap kualitas. Selama proses rekrutmen, organisasi harus memperhatikan kemampuan, pengalaman, dan sikap calon karyawan terhadap kualitas produk atau layanan.

    2. Pelatihan dan pengembangan: SDM perlu diberikan pelatihan yang relevan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang kualitas dan bagaimana mencapainya. Ini termasuk pelatihan tentang prinsip-prinsip manajemen mutu, teknik pengendalian kualitas, dan pemahaman akan pentingnya kepuasan pelanggan.

    3. Pemberdayaan SDM: Organisasi harus memberikan kepercayaan dan tanggung jawab kepada SDM dalam hal pengambilan keputusan terkait kualitas. Hal ini mendorong partisipasi aktif dan meningkatkan rasa memiliki terhadap kualitas produk atau layanan yang dihasilkan.

    ReplyDelete
  11. Dengan adanya keterlibatan SDM dalan upaya meningkatkan budaya mutu mampu menjaga mutu/kualitas dari perencanaan, proses produksi sampai kepada eksekusi akhir karena SDM tersebut lah yang mempengaruhi tingkatan mutu/kualitas produk yang diperoleh dari kinerja baik/buruknya serta dipengaruhi produktivitas yang akan berkaitan juga pada efisiensi dan efektivitas.

    ReplyDelete