Followers

Tuesday, March 19, 2024

Discussion Forum 3

 Topik Minggu ini

Jelaskan mengapa manajemen kualitas dan proses pengelolaan kualitas sangat diperlukan?.
  Sebutkan alat-alat TQM yang banyak  digunakan orang.

BERIKAN pendapatmu di kolom commment berikut ini



15 comments:

  1. 1. Manajemen kualitas bertujuan untuk menghasilkan produk yg sesuai dengan standar perusahaan, proses pengelolaan kualitas diperlukan karena kualitas perlu dikelola dan diawasi oleh seseorang yg ahli (quality control) agar sesuai dengan standar yang ditetapkan
    2. Benchmarking, 7tools

    ReplyDelete
  2. saddam fathurrahman 1121210038

    Manajemen kualitas dan proses pengelolaan kualitas penting karena membantu organisasi mencapai keunggulan kompetitif, meningkatkan kepuasan pelanggan, mengurangi biaya, dan memperbaiki efisiensi operasional. Alat-alat TQM yang banyak digunakan termasuk Diagram Pareto, Diagram Ishikawa (atau Diagram Tulang Ikan), Pengendalian Statistik Proses (SPC), dan Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).

    ReplyDelete
  3. Muhammad Alfi Ramadhan_1121210020March 19, 2024 at 11:12 AM

    1. Manajemen kualitas penting karena memastikan produk atau layanan memenuhi standar yang diinginkan oleh pelanggan dan organisasi. Proses pengelolaan kualitas membantu memastikan efisiensi, konsistensi, dan kesesuaian produk atau layanan dengan kebutuhan pelanggan serta standar industri.
    2. Beberapa alat TQM yang banyak digunakan termasuk Diagram Pareto, Diagram Ishikawa (Fishbone), Peringkat Mutu, Pengendalian Statistik Proses (SPC), dan Metode Six Sigma.

    ReplyDelete
  4. manajemen kualitas sangat diperlukan untuk menentukan standar kualitas yang dihasilkan oleh suatu produk serta menjaga keberlangsungan penjualan produk terhadap kualitas yang ditawarkan memiliki sentimen positif bagi konsumen. dengan pengelolaan yang baik diharapkan perusahaan. mampu menghasilkan produk yang sudah sesuai standar nasional & bisa dirasakan oleh konsumen akan kualitas nya. berikut alat alat TQM yang bisa digunakan seperti alat prinsip pareto, bagan kendali dan diagram.

    ReplyDelete
  5. Manajemen kualitas dan proses pengelolaan kualitas sangat diperlukan karena mereka membantu organisasi dalam mencapai tujuan-tujuan tertentu terkait dengan kualitas produk atau layanan yang mereka hasilkan. Ini melibatkan identifikasi standar kualitas, pengembangan proses untuk memastikan standar tersebut terpenuhi, pengukuran kinerja, perbaikan berkelanjutan, dan pengendalian mutu. Dan alat TQM yg paling banyak di gunakan adalah Diagram Petro

    ReplyDelete
  6. nabila luthfiana w (1121210073)March 19, 2024 at 11:12 AM

    1. untuk menciptakan produk yang baik, berkualitas dan memenuhi standar sehingga akan menambah nilai plus dari pelanggan untuk perusahaan dan pelanggan akan terus menerus mempercayai untuk membeli di perusahaan

    2. alat-alat TQM: PDSA, benchmarking, 7 tools, sixsigma

    ReplyDelete
  7. Tu Bela Agustina / 1121210003March 19, 2024 at 11:13 AM

    Manajemen kualitas dan proses pengelolaan kualitas sangat diperlukan karena dapat mengidentifikasi, mencegah, dan mengatasi masalah yang berkaitan dengan kualitas sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, mengurangi biaya perbaikan, dan meningkatkan reputasi perusahaan.

    Alat TQM yang banyak orang gunakan :
    1. Diagram Pareto
    2. Diagram Ishikawa (Fishbone atau Diagram Tulang Ikan)
    3. Histogram
    4. Diagram Alir Proses
    5. Pengendalian Statistik Proses (SPC)

    ReplyDelete
  8. Reviadi Putra M_1121210079

    Manajemen kualitas dan proses pengelolaan kualitas sangat diperlukan karena:

    1. Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan produk atau layanan yang berkualitas.
    2. Mengurangi biaya pemborosan dan peningkatan efisiensi operasional.
    3. Meningkatkan reputasi dan daya saing perusahaan di pasar.
    4. Mendorong inovasi dan pengembangan produk yang lebih baik.
    5. Memastikan kepatuhan terhadap standar dan regulasi yang berlaku.

    Alat TQM
    1. Curah pendapat (sumbang saran) Brainstorming
    2. Diagram alur (bagan arus proses) - Flow Chart
    3. Analisis SWOT
    4. Benchmarking
    5. Analisis tulang ikan

    ReplyDelete
  9. Rifky Adilla_1121210078

    Manajemen kualitas dan proses pengelolaan kualitas sangat diperlukan dan penting. Selain keduanya berkaitan yakni dimana dengan adanya manajemen kualitas maka perusahaan dapat memenuhi selera maupun kebutuhan konsumen terhadap barang, dari memproduksi barang" tersebut agar sesuai dengan yang diharapkan konsumen pasti melalui proses pengelolaan kualitas produk apakah sudah sesuai atau belum. Proses pengelolaan kualitas yakni bisa dengan memanfaatkan beberapa tools untuk mengetahui keputusan produksi yang akan diambil dari perjalanan customer maupun perbandingan dari perusahaan agar menciptakan keunggulan kompetitif

    Beberapa alat TQM yakni benchmarking, Six Sigma

    ReplyDelete
  10. 1. Menejemen kualitas diperlukan untuk menjaga nama baik perusahaan dalam jangka panjang dan membetuk suatu lingkungan yang profesional bagi kinerjanya, hal tersebut lumrah di sisi suatu perusahaan karena perusahaan bergantung pada nama baik yang mereka punya. TQM juga berfungsi untuk membuat produk atau jasa yang dijual mengalami penurunan fungsi utama dan masyarakat kehilanga interest terhadap barang tersebut dan mencari produk penggantinya

    TQM yang sering di pakai :
    1. Employee Empowerment
    2. Bench marking
    3. Just in time

    ReplyDelete
  11. Manajemen kualitas dan proses pengelolaan kualitas sangat diperlukan karena mereka membantu perusahaan dalam mencapai tingkat kualitas yang tinggi, mengurangi biaya produksi, meningkatkan produktivitas, dan memperbaiki pelayanan pelanggan.

    Alat Alat TQM:
    -Benchmarking
    -ISO
    -Six Sigma
    -Banker et.al

    ReplyDelete
  12. Manajemen kualitas dan proses pengelolaan kualitas sangat penting untuk dilakukan supaya memenuhi ekspektasi konsumen terhadap produk atau jasa. Ekspektasi konsumen ini yang nantinya akan menentukan baik atau tidaknya kualitas dari suatu produk atau jasa. Proses pengelolaan kualitas penting untuk dilakukan untuk memastikan bahwa produk atau jasa yang dihasilkan berkualitas tinggi sesuai standar yang ditentukan.

    Beberapa alat TQM yang sering digunakan:
    - Pareto Chart
    - Check Sheet
    - Scatter Diagram

    ReplyDelete
  13. Diva Ananda 1121210077March 19, 2024 at 11:33 AM

    Diva Ananda 1121210077

    1. Manajemen kualitas dan proses pengelolaan kualitas sangat diperlukan karena berkontribusi secara signifikan terhadap keberhasilan jangka panjang suatu organisasi. ada beberapa alasan mengapa manajemen kualitas dan proses pengelolaan kualitas sangat penting:
    a. Peningkatan Kepuasan Pelanggan
    b. Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas
    c. Penurunan Biaya
    d. Peningkatan Reputasi dan Daya Saing
    e. Kepatuhan Regulasi
    f. Peningkatan Inovasi

    2. Ada beberapa alat Total Quality Management (TQM) yang sering digunakan
    a. Diagram Pareto
    b. Diagram Ishikawa (Fishbone)
    c. Control Charts (Grafik Kendali)
    d. Metode Six Sigma
    e. Benchmarking

    ReplyDelete
  14. Nathaniel Ephraim 1121210053 ( Revisi )March 19, 2024 at 11:37 AM

    Revisi
    Menejemen kualitas diperlukan untuk menjaga nama baik perusahaan dalam jangka panjang dan membetuk suatu lingkungan yang profesional bagi kinerjanya, hal tersebut lumrah di sisi suatu perusahaan karena perusahaan bergantung pada nama baik yang mereka punya. TQM juga berfungsi untuk mencegah produk atau jasa yang dijual mengalami penurunan fungsi utama dan masyarakat kehilanga interest terhadap barang tersebut dan mencari produk penggantinya. Namun kualitas perusahaan tersebut dapat mengalami kenaikan fungsi, durabilitas, dan juga umur ekonomis sesuai dengan preferensi konsumen seiring berjalannya waktu.

    TQM yang sering di pakai :
    1. Employee Empowerment
    2. Bench marking
    3. Just in time

    ReplyDelete
  15. Manajemen kualitas dan proses pengelolaan kualitas sangat diperlukan untuk beberapa alasan utama, yaitu:

    1. Konsistensi produk dan layanan: Dengan manajemen kualitas yang baik, organisasi dapat memastikan bahwa produk atau layanan yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang konsisten. Hal ini membantu memenuhi harapan pelanggan dan menjaga reputasi perusahaan.

    2. Efisiensi operasional: Proses pengelolaan kualitas yang efektif dapat mengidentifikasi dan mengurangi pemborosan, cacat, serta meningkatkan efisiensi dalam operasi. Ini dapat mengurangi biaya dan memaksimalkan produktivitas.

    3. Kepuasan pelanggan: Ketika kualitas produk dan layanan terjaga dengan baik, pelanggan akan merasa puas. Ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan mendorong referensi positif, yang berdampak pada pertumbuhan bisnis.

    4. Perbaikan berkelanjutan: Manajemen kualitas mendorong budaya perbaikan terus-menerus. Organisasi dapat terus mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan proses, produk, dan layanan mereka.

    5. Kepatuhan dan standar: Dalam banyak industri, ada peraturan dan standar kualitas yang harus dipenuhi. Manajemen kualitas memastikan organisasi mematuhi persyaratan ini dan menghindari risiko hukum atau reputasi.

    6. Keunggulan kompetitif: Organisasi yang menerapkan manajemen kualitas yang kuat dapat memperoleh keunggulan kompetitif di pasar dengan menawarkan produk dan layanan yang lebih baik kualitasnya.

    Secara keseluruhan, manajemen kualitas dan proses pengelolaan kualitas yang efektif memungkinkan organisasi untuk meningkatkan efisiensi, kepuasan pelanggan, kepatuhan, dan daya saing dalam jangka panjang.

    Beberapa alat Total Quality Management (TQM) yang sering digunakan orang antara lain:

    1. Diagram Pareto
    2. Diagram Sebab-Akibat (Fishbone/Ishikawa)
    3. Histogram
    4. Lembar Periksa (Checksheet)
    5. Diagram Pencar (Scatter Diagram)
    6. Peta kendali (control chart)
    7. Brainstorming

    ReplyDelete