Followers

Monday, March 20, 2023

Discussion Forum 3 - Kelas DMP

 Topik Minggu ini


Berikan pendapatmu di kolom Comment dibawah ini

39 comments:

  1. Daya saing adalah kemampuan perusahaan untuk bersaing dengan kompetitornya, dimana dapat setara atau mengungguli
    Daya saing perlu diciptakan yaitu untuk adanya persaingan yang kompetitif antar usaha sejenis tujuannya adalah agar perusahaan terus berlomba melakukan perbaikan dan inovasi agar dapat memenuhi kebutuhan para konsumennya yang dimana ujungnya untuk keberlangsungan dan keberhasilan perusahaan dalam industri tersebut.

    5 kekuatan faktor persaingan (michael porter)
    -persaingan dalam Industri yang sama
    -bergaining power pemasok
    -bergaining pembeli
    -Ancaman pendatang baru
    -ancaman produk subtitusi

    ReplyDelete
  2. Daya saing adalah suatu kemampuan, kekuatan seseorang atau pelaku usaha untuk tetap mengembangkan dan memajukan usahanya dengan baik antara entitas sejenis dalam suatu lingkungan yang sama.

    pentingnya daya saing tinggi bagi perusahaan karena akan menghasilkan pertumbuhan perusahaan yang tinggi, bisa bertahan lebih lama atau jangka panjang, memiliki ciri khas yang cepat dikenal bagi para konsumen dan pelanggan

    5 kekuatan faktor persaingan
    1. Persaingan industri
    2. Ancaman pendatang baru
    3. Ancaman produk pengganti
    4. Daya tawar pembeli
    5. Kekuatan tawar-menawar pemasok

    ReplyDelete
  3. 1. Daya saing adalah kemampuan suatu komoditi untuk masuk ke dalam pasar luar negeri dan kemampuan untuk bertahan dalam pasar tersebut.
    Mengapa diciptakan, karena daya saing dapat mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri; dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat; dan juga kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.
    2. Michael Porter yang menyatakan bahwa faktor paling utama yang menentukan kinerja perusahaan adalah kekuatan industri dalam persaingan, 5 Forces Analysis (M. Porter) :
    1) Ancaman Pendatang Baru (Threat of New Entrants).
    2) Ancaman Produk atau Jasa Pengganti (Threat of Substitutes).
    3) Kekuatan Tawar Menawar Pembeli (Bargaining Power of Buyers).
    4) Kekuatan Tawar Menawar Pemasok (Bargaining Power of Suppliers).
    5) Persaingan dalam Industri Sejenis (Rivalry of Competitors).
    1120210172 cintya f. a

    ReplyDelete
  4. 1. Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau negara untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Dengan adanya daya saing bagi perusahaan maka akan meningkat kan keuntungan yakni dari sisi konsumen, produksi, citra baik dalam pandangan konsumen dan pelanggan, dan meningkatkan pendapatan.

    2. Lima kekuatan M.Porter adalah:

    Persaingan di industri

    Potensi pendatang baru di industri

    Kekuatan pemasok

    Kekuatan pelanggan

    Ancaman produk pengganti

    ReplyDelete
  5. Naufal Labib Q (1120210269) DMP

    1. Daya saing merupakan kemampuan perusahaan untuk dapat bersaing dengan perusahaan pesaingnya, daya saing perlu dicptakan karena dapat mendorong produktivitas ataupun meningkatkan kemampuan mandiri dan dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi dapat meningkat.

    2. Porter’s Five Forces Model (Lima kekuatan M.Porter):
    >Ancaman Pendatang Baru
    >Ancaman Produk atau Jasa Pengganti
    >Kekuatan Tawar Menawar Pembeli
    >Kekuatan Tawar Menawar Pemasok
    >Persaingan dalam Industri Sejenis

    ReplyDelete
  6. 1. Daya saing adalah kemampuan perusahaan, industri atau antar daerah yang menghasilkan faktor pendapatan dan pengerjaan yang relatif lebih tinggi dan berkesinambungan untuk menghadapi persaingan internasional.
    Mengapa daya saing perlu diciptakan ?
    Karena dapat mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, dapat meningkatkan kapasitas ekonomi baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi.

    2. 5 kekuatan M. Porter yaitu :
    - persaingan yang kompetitif
    - kekuatan pemasok
    - kekuatan pelanggan
    - ancaman produk pengganti
    - ancaman pendatang baru

    ReplyDelete
  7. Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Daya saing perlu diciptakan karena perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan hal terbaik dalam aspek pelayanan, kepada masyarakat.
    5 kekuatan faktor persaingan m.porter
    1. Persaingan industri
    2. Ancaman pendatang baru
    3. Ancaman produk pengganti
    4. Daya tawar pembeli
    5. Kekuatan tawar menawar pemasok

    ReplyDelete
  8. (1) Daya saing perlu diciptakan guna mengukur kemampuan agar dapat meningkatkan lagi kualitas produk/layanan jasa dengan inovasi2 baru yang lebih baik.

    (2)5 kekuatan atau faktor persiangan m.porter
    - Persiangan dalam industri yg sama
    - Bergaining power pemasok
    - Bergaining pembeli
    - Ancaman pendatang baru
    - Ancaman produk substitusi

    Regina evani (1118210152)

    ReplyDelete
  9. 1. Daya saing merupakan kemampuan menghasilkan produk barang dan jasa yang memenuhi pengujian internasional, dan dalam saat bersamaan juga dapat memelihara tingkat pendapatan yang tinggi dan berkelanjutan, atau kemampuan daerah menghasilkan tingkat pendpatan dan kesempatan kerja yang tinggi dengan tetap terbuka terhadap persaingan eksternal. Pentingnya daya saing diciptakan karena untuk membuat: 1) perusahaan tersebut berbeda dari pesaingnya, 2) memberikan keuntungan ekonomi, 3) tidak mudah ditiru.

    2. a. Persaingan yang Kompetitif
    b. Kekuatan Pemasok
    c. Kekuatan Pelanggan
    d. Ancaman Produk Pengganti
    e. Ancaman Pendatang Baru

    Tazkia Melania 1120210110

    ReplyDelete
  10. 1. Daya Saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, negara untuk menjual dan memasok barang atau jasa yg diberikan dalam pasar. kenapa perlu diciptakan karena dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.

    2. -pesaing dalam industri yang sama
    -bergaining power pemasok
    -bergaining pembeli
    -ancaman pendatang baru
    -ancaman produk subtitusi

    ReplyDelete
  11. Intan Cahya Ningsi Talaohu_1120210186March 21, 2023 at 8:41 AM

    Daya saing merupakan kemampuan menghasilkan produk barang dan jasa yang memenuhi pengujian internasional, dan dalam saat bersamaan juga dapat memelihara tingkat pendapatan yang tinggi dan berkelanjutan, atau kemampuan daerah menghasilkan tingkat pendpatan dan kesempatan kerja yang tinggi dengan tetap terbuka terhadap persaingan eksternal. Pentingnya daya saing diciptakan karena untuk membuat:
    1) perusahaan tersebut berbeda dari pesaingnya,
    2) memberikan keuntungan ekonomi,
    3) tidak mudah ditiru.

    2.
    a. Persaingan yang Kompetitif
    b. Kekuatan Pemasok
    c. Kekuatan Pelanggan
    d. Ancaman Produk Pengganti
    e. Ancaman Pendatang Baru

    ReplyDelete
  12. della puspita sari_1120210147March 21, 2023 at 8:56 AM

    Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau negara untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Daya saing perlu diciptakan karena dapat mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat, dan meningkatkan kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.

    Faktor persaingan menurut Porter Five Force yaitu persaingan yang kompetitif, kekuatan pemasok, kekuatan pelanggan, ancaman produk pengganti, dan ancaman pendatang baru.

    ReplyDelete
  13. Amanda Sabrina - 1120210097March 21, 2023 at 8:56 AM

    1. Daya saing adalah kemampuan suatu komoditi untuk masuk ke dalam pasar luar negeri dan kemampuan untuk bertahan dalam pasar tersebut.
    dapat ditarik kesimpulan bahwa daya saing adalah kemampuan perusahaan untuk dapat bersaing atau menjadi unggul dari perusahaan pesaingnya dalam merebut perhatian dan loyalitas konsumen, memperoleh laba yang berkelanjutan dan mempertahankan pasar.
    Mengapa daya saing perlu diciptakan ?
    Karena dapat mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, dapat meningkatkan kapasitas ekonomi baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi.

    2. Porter’s Five Forces Model (Lima kekuatan M.Porter):
    >Ancaman Pendatang Baru
    >Ancaman Produk atau Jasa Pengganti
    >Kekuatan Tawar Menawar Pembeli
    >Kekuatan Tawar Menawar Pemasok
    >Persaingan dalam Industri Sejenis

    ReplyDelete
  14. Mohamad Rivaldi Fauzan 112010044
    Daya saing adalah kemampuan suatu produk, layanan, atau industri dalam mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasarnya di tengah persaingan yang semakin ketat. Daya saing dapat diukur dengan melihat kemampuan suatu produk atau layanan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan lebih baik daripada produk atau layanan sejenis yang ditawarkan oleh pesaing. Selain itu, daya saing juga dapat dilihat dari faktor-faktor seperti kualitas produk atau layanan, harga, branding, pemasaran, inovasi, dan efisiensi operasional. Tujuan dari meningkatkan daya saing adalah untuk menciptakan nilai tambah bagi pelanggan, meningkatkan keuntungan bisnis, dan memperkuat posisi pasar.

    5 Kekuatan :
    - Ancaman produk atau jasa pengganti
    - Persaingan antar pesaing
    - Negosiasi kekuatan pembeli
    - Negosiasi kekuatan pemasok
    - Ancaman masuknya pesaing baru

    ReplyDelete
  15. Kukuh Budi Satrio (1120210189)

    1.) Daya saing adalah kemampuan atau keunggulan yang dipergunakan untuk bersaing pada pasar tertentu. Jika suatu bisnis atau perusahaan yang memilik daya saing tinggi dibanding dengan perusahaan lain maka akan lebih mudah untuk menarik calon konsumen beralih kepada perusahaan kita dan bisa mempertahankan perusahaan lebih lama atau jangka panjang untuk beroperasi. 

    2.) 5 Forces Analysis by M. Porter
    1. Ancaman Pendatang Baru (Threat of New Entrants).
    2. Ancaman Produk atau Jasa Pengganti (Threat of Substitutes).
    3. Kekuatan Tawar Menawar Pembeli (Bargaining Power of Buyers).
    4. Kekuatan Tawar Menawar Pemasok (Bargaining Power of Suppliers).
    5. Persaingan dalam Industri Sejenis (Rivalry of Competitors).

    ReplyDelete
  16. Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau negara untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Daya saing sebuah negara dapat dicapai dari akumulasi daya saing strategis setiap perusahaan. Proses penciptaan nilai tambah (value added creation) berada pada lingkup perusahaan.

    Pentingnya daya saing untuk mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, dan dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat

    5 kekuatan sebagai faktor pesaing:
    1. Persaingan yang Kompetitif.
    2. Kekuatan Pemasok.
    3. Kekuatan Pelanggan.
    4. Ancaman Produk Pengganti.
    5. Ancaman Pendatang Baru.
    -Rihadatul Aisy

    ReplyDelete
  17. 1. Daaya saing adalah kemampuan perusahaan untuk dapat bersaing atau menjadi unggul dari perusahaan pesaingnya dalam merebut perhatian dan loyalitas konsumen, memperoleh laba yang berkelanjutan dan mempertahankan pasar.
    Pentingnya daya saing karena tiga hal berikut: (1) Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, (2) Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat, (3) Kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.

    2. 5 kekuatan sebagai faktor persaingan:
    1. Persaingan yang kompetitif
    2. Kekuatan pemasok
    3. Kekuatan pelanggan
    4. Ancaman produk pengganti
    5. Ancaman pendatang baru

    ReplyDelete
  18. Daya saing adalah kemampuan perusahaan untuk dapat bersaing dengan perusahaan pesaingnya.
    Pentingnya daya saing karena tiga hal yaitu : (1) Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri
    (2) Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat
    (3) Kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.

    Faktor 5 kekuatan porter :
    1. Persaingan Industri
    2. Ancaman Pendatang Baru
    3. Ancaman Produk pengganti
    4. Daya Tawar Pembeli
    5. Kekuatan Tawar - Menawar pemasok

    ReplyDelete
  19. Shafira Tri WahyuniMarch 21, 2023 at 11:06 AM

    1. Daya saing adalah kemampuan perusahaan untuk dapat bersaing atau menjadi unggul dari perusahaan pesaingnya dalam mempertahankan pasar.
    Daya saing perlu diciptakan untuk meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.

    2. lima kekuatan faktor persaingan :

    1. Persaingan yang Kompetitif
    2. Kekuatan Pemasok
    3. Kekuatan Pelanggan
    4. Ancaman Produk Pengganti
    5. Ancaman Pendatang Baru.

    ReplyDelete
  20. 1. Daya saing adalah kemampuan suatu komoditi untuk masuk ke dalam pasar luar negeri dan kemampuan untuk bertahan dalam pasar tersebut. Karena daya saing sangat penting sperti tiga hal berikut:
    (1) Mendorong produktivitas dan meningkatkan
    kemampuan mandiri.
    (2) Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik
    dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi
    sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat
    (3) Kepercayaan bahwa
    mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi

    2. Lima kekuatan M.Porter adalah:
    - Persaingan di industri
    - Potensi pendatang baru di industri
    -Kekuatan pemasok
    -Kekuatan pelanggan
    -Ancaman produk pengganti

    ReplyDelete
  21. 1. daya saing adalah kemampuan perusahaan untuk dapat bersaing atau menjadi unggul dari perusahaan pesaingnya dalam merebut perhatian dan loyalitas konsumen, memperoleh laba yang berkelanjutan dan mempertahankan pasar. daya saing perlu diciptakan untuk mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri

    2. ancaman pendatang baru, persaingan dalam industri sejenis, ancaman produk atau jasa pengganti, kekuatan tawar menawar pemasok, dan kekuatan tawar menawar pembeli

    ReplyDelete
  22. 1. Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar.
    Pentingnya daya saing karena tiga hal berikut: (1) Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, (2) Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat, (3) Kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.
    2.
    - persaingan industri
    - ancaman pendatang baru
    - ancaman produk pengganti
    - Kekuatan tawar menawar pembeli
    - Kekuatan tawar-menawar pemasok

    ReplyDelete
  23. MUHAMMAD IRGI LUTFANSYAH

    Daya saing merupakan suatu kemampuan, keahlian atau kekuatan seseorang atau pelaku usaha untuk memperbaiki, memajukan dan mengembangkan usahanya dengan baik dalam suatu lingkungan yang sama.

    pentingnya daya saing tinggi bagi suatu perusahaan yaitu untuk dapat menghasilkan pertumbuhan perusahaan yang tinggi serta dapat bertahan lebih lama atau jangka panjang.

    5 kekuatan faktor persaingan
    * Persaingan industri
    * Ancaman pendatang baru
    * Ancaman produk pengganti
    * Daya tawar pembeli
    * bergaining power pemasok

    ReplyDelete
  24. Syifa Malihah MumtazMarch 21, 2023 at 11:07 AM

    Daya saing adalah kemampuan suatu komoditi untuk masuk ke dalam pasar luar negeri dan kemampuan untuk bertahan dalam pasar tersebut.
    Pentingnya daya saing karena :
    (1) Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri,
    (2) Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi

    5 kekuatan faktor persaingan m.porter
    1. Persaingan industri
    2. Ancaman pendatang baru
    3. Ancaman produk pengganti
    4. Daya tawar pembeli
    5. Kekuatan tawar menawar pemasok

    ReplyDelete
  25. cristtina tri handayani
    1120210106

    Daya saing adalah kemampuan suatu komoditi untuk masuk ke dalam pasar luar negeri dan kemampuan untuk bertahan dalam pasar tersebut.
    daya saing penting agar dapat mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri

    5 kekuatan faktor persaingan by m porter
    1. Persaingan industri
    2. Ancaman pendatang baru
    3. Ancaman produk pengganti
    4. Daya tawar pembeli
    5. Kekuatan tawar-menawar pemasok

    ReplyDelete
  26. Daya saing adalah kemampuan suatu produk, layanan, atau industri dalam mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasarnya di tengah persaingan yang semakin ketat. Selain itu, daya saing juga dapat dilihat dari faktor-faktor seperti kualitas produk atau layanan, harga, branding, pemasaran, inovasi, dan efisiensi operasional. Tujuan dari meningkatkan daya saing adalah untuk menciptakan nilai tambah bagi pelanggan, meningkatkan keuntungan bisnis, dan memperkuat posisi pasar.

    5 Kekuatan :
    - Ancaman produk atau jasa pengganti
    - Persaingan antar pesaing
    - Negosiasi kekuatan pembeli
    - Negosiasi kekuatan pemasok
    - Ancaman masuknya pesaing baru

    ReplyDelete
  27. Daya saing merupakan sebuah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau negara untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Daya saing diciptakan agar setiap perusahaan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya dalam menjaga kualitas dari produk yang mereka miliki.

    5 faktor persaingan Porter
    1. Persaingan yang Kompetitif
    2. Kekuatan Pemasok
    3. Kekuatan Pelanggan
    4. Ancaman Produk Pengganti
    5. Ancaman Pendatang Baru

    Muhammad Ilham Nur Hakim
    1120210084

    ReplyDelete
  28. Amanda_1120210222
    daya saing adalah kemampuan perusahaan, industri,
    daerah, negara, atau antar daerah menghasilkan faktor pendapatan dan
    faktor pekerjaan yang relatif lebih tinggi dan berkesinambungan untuk
    menghadapi persaingan internasional.

    Pentingnya daya saing karena
    tiga hal berikut: (I) Mendorong produktivitas dan meningkatkan
    kemampuan mandiri, (2) Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik
    dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi
    sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat, (3) Kepercayaan bahwa
    mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.

    ReplyDelete
  29. 1. Daya saing adalah kemampuan suatu negara, perusahaan, atau individu untuk bersaing dengan negara, perusahaan, atau individu lain dalam mencapai tujuan tertentu seperti meningkatkan pangsa pasar, menghasilkan keuntungan, atau mencapai keunggulan teknologi. Daya saing dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti tingkat teknologi, sumber daya manusia, kebijakan pemerintah, stabilitas politik dan ekonomi, serta kondisi pasar global. Penting bagi suatu negara, perusahaan, atau individu untuk memperhatikan daya saing agar tetap dapat bersaing dan bertahan dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif.
    Dengan menggunakan data saing, perusahaan dapat memperoleh keunggulan kompetitif dan menjadi lebih inovatif dan efektif dalam mencapai tujuan bisnis mereka.
    2. Porter's Five Forces adalah kerangka kerja analisis industri yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan persaingan dalam suatu industri. Berikut adalah lima kekuatan yang dikenal sebagai faktor persaingan dalam kerangka kerja ini:
    1. Ancaman pendatang baru
    2. Kekuatan pemasok
    3. Ancaman produk pengganti
    4. Tingkat persaingan antar pesaing
    5. Kekuatan pembeli

    ReplyDelete
  30. SOFIA YOLANDA 1120210152

    Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau negara untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Daya saing sebuah negara dapat dicapai dari akumulasi daya saing strategis setiap perusahaan. Proses penciptaan nilai tambah (value added creation) berada pada lingkup perusahaan.

    Pentingnya daya saing karena tiga hal berikut: (1) Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri, (2) Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat, (3) Kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi

    Menurutnya ada lima kekuatan yang menentukan intensitas persaingan dalam suatu industri, yaitu (1) ancaman produk pengganti, (2) ancaman pesaing, (3) ancaman pendatang baru, (4) daya tawar pemasok, serta (5) daya tawar konsumen

    ReplyDelete
  31. Tiara Rima A
    1120210207

    1. daya saing adalah kemampuan perusahaan, industri, daerah, negara, atau antar daerah menghasilkan faktor pendapatan dan faktor pekerjaan yang relatif lebih tinggi dan berkesinambungan untuk menghadapi persaingan internasional. Pentingnya daya saing karena tiga hal berikut: -Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri,
    -Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat,
    -Kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi

    2. 5 kekuatan faktor persaingan
    * Persaingan industri
    * Ancaman pendatang baru
    * Ancaman produk pengganti
    * Daya tawar pembeli
    * bergaining power pemasok

    ReplyDelete
  32. Amanda_1120210222

    1. Daya saing adalah kemampuan perusahaan, industri,
    daerah, negara, atau antar daerah menghasilkan faktor pendapatan dan
    faktor pekerjaan yang relatif lebih tinggi dan berkesinambungan untuk
    menghadapi persaingan internasional.

    Pentingnya daya saing karena
    tiga hal berikut: (I) Mendorong produktivitas dan meningkatkan
    kemampuan mandiri, (2) Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik
    dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi
    sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat, (3) Kepercayaan bahwa
    mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.

    2.
    1. Persaingan yang Kompetitif.
    2. Kekuatan Pemasok.
    3. Kekuatan Pelanggan.
    4. Ancaman Produk Pengganti.
    5. Ancaman Pendatang Baru

    ReplyDelete
  33. Rizal Prasetyo wibowoMarch 21, 2023 at 11:13 AM

    Daya saing adalah suatu kemampuan, kekuatan seseorang atau pelaku usaha untuk tetap mengembangkan dan memajukan usahanya dengan baik antara entitas sejenis dalam suatu lingkungan yang sama.

    Mengapa diciptakan, karena daya saing dapat mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri; dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.

    5 kekuatan M. Porter yaitu :
    - persaingan yang kompetitif
    - kekuatan pemasok
    - kekuatan pelanggan
    - ancaman produk pengganti
    - ancaman pendatang baru

    ReplyDelete
  34. 1.Daya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, atau antar daerah yang menghasilkan faktor pendapatan dan pengerjaan yang relatif lebih tinggi dan berkesinambungan untuk menghadapi persaingan internasional.
    2. 5 kekuatan m porter adalah
    1.Daya tawar pembeli
    2.persaingan yang kompetitif
    3.Kekuatan Tawar Menawar Pembeli
    4.Ancaman pendatang baru
    5.Potensi pendatang baru di industri

    Muhammad Ilham Hidayatullah
    1120210043

    ReplyDelete
  35. Adelia Apriliani_1120210266March 21, 2023 at 11:18 AM

    1. daya saing adalah kemampuan perusahaan untuk menawarkan produk atau layanan yang memenuhi standar kualitas, harga pasar dan nilai baik dalam negeri maupun luar negeri serta mendapatkan keuntungan yang memadai sebagai pengganti sumber daya yang digunakan dalam proses produksi mereka.

    Karena untuk

    1. Mampu berkompetensi dengan perusahaan lain.
    2. Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri
    3. Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat
    4. Kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan nilai keuntungan

    2. - Persaingan yang Kompetitif
    - Kekuatan pemasok
    - Kekuatan pelanggan
    - Ancaman produk pengganti
    - Ancaman pendatang baru

    ReplyDelete
  36. Daya saing adalah kemampuan perusahaan untuk bersaing dengan kompetitornya, dimana dapat setara atau mengungguli
    Daya saing perlu diciptakan yaitu untuk adanya persaingan yang kompetitif antar usaha sejenis tujuannya adalah agar perusahaan terus berlomba melakukan perbaikan dan inovasi agar dapat memenuhi kebutuhan para konsumennya yang dimana ujungnya untuk keberlangsungan dan keberhasilan perusahaan dalam industri tersebut.
    2. Michael Porter yang menyatakan bahwa faktor paling utama yang menentukan kinerja perusahaan adalah kekuatan industri dalam persaingan, 5 Forces Analysis (M. Porter) :
    1) Ancaman Pendatang Baru (Threat of New Entrants).
    2) Ancaman Produk atau Jasa Pengganti (Threat of Substitutes).
    3) Kekuatan Tawar Menawar Pembeli (Bargaining Power of Buyers).
    4) Kekuatan Tawar Menawar Pemasok (Bargaining Power of Suppliers).
    5) Persaingan dalam Industri Sejenis (Rivalry of Competitors).
    1120210244 Luthfi Haikal

    ReplyDelete
  37. JAKNIS SRI DENPASARI 2020March 21, 2023 at 11:23 AM

    Data saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau negara untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Pentingnya daya saing karena tiga hal berikut:
    (1) Mendorong produktivitas dan meningkatkan kemampuan mandiri,
    (2) Dapat meningkatkan kapasitas ekonomi, baik dalam konteks regional ekonomi maupun kuantitas pelaku ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat,
    (3) Kepercayaan bahwa mekanisme pasar lebih menciptakan efisiensi.Dan berikut 5 faktor kekuatan menurut m.porter:
    -Persaingan yang Kompetitif. Kekuatan yang pertama mengacu pada jumlah pesaing dan juga kemampuan mereka dalam melemahkan perusahaan.
    -Kekuatan Pemasok.
    -Kekuatan Pelanggan.
    -Ancaman Produk Pengganti
    -Ancaman Pendatang Baru.

    ReplyDelete
  38. 1. Daya saing merupakan sebuah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan, sub-sektor atau negara untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Daya saing diciptakan agar setiap perusahaan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya dalam menjaga kualitas dari produk yang mereka miliki.
    

2. 5 faktor persaingan Porter

    1. Persaingan yang Kompetitif

    2. Kekuatan Pemasok

    3. Kekuatan Pelanggan
    
4. Ancaman Produk Pengganti

    5. Ancaman Pendatang Baru

    ReplyDelete