Followers

Thursday, November 4, 2021

Discussion Forum 7 - kelas HMK

 Topik Minggu ini

Mengapa perlu mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen dan bagaimana caranya?





Berikan tanggapanmu pada kolom Comment di bawah ini

11 comments:

  1. agar tepat sasaran, membantu perusahaan dalam menyusun strategi bisnis, menganalisa terkait berapa banyak produk atau jasa yang sekiranya dibutuhkan oleh customer dalam beberapa periode tertentu, dan dapat menemukan dan bahkan dapat membentuk produk yang akan menjadi trend pasar.


    dengan melakukan riset atau survey pasar

    ReplyDelete
  2. diperlukan karena kesuksesan suatu bisnis ditentukan pada jumlah konsumen dan kepuasannya. jika jumlah konsumen dan kepuasannya meningkat maka dapat menyebabkan keuntungan dari bisnis tersebut. caranya dapat dilakukan dengan pahami dan kenali siapa yg menjadi konsumen, menciptakan produk tepat sasaran, meningkatkan kualitas, dan meningkatkan pelayanan.

    ReplyDelete
  3. mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen merupakan hal penting bagi perusahaan untuk dapat mengetahui trend apa yang sedang berkembang dimasyarakat agar tidak adanya kegagalan pada barang atau jasa yang ditawarkan serta seberapa sanggup konsumen
    cara mengetahuinya antara lain:
    1. memastikan siapa pelanggan kita
    2. memastikan kebiasaan pelanggan yang kita targetkan
    3. mempengaruhi pelanggan dengan alasan yang tepat agar tertarik pada produk yang ditawarkan

    ReplyDelete
  4. karena Konsumen merupakan faktor yg mempengaruhi angka pendapatan suatu perusahaan. Caranya :
    1. harus benar2 mengetahui siapa konsumen perusahaan/organisasi tsb
    2. mengetahui apa yg dibutuhkan pelanggan misalnya ; mengumpulkan data/kuesioner/survei/pengamatan di lapangan.

    ReplyDelete
  5. karena kita harus memahami keinginan dan kebutuhan konsumen dengan baik agar dapat menawarkan produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan. identifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan juga berguna dalam proses pengembangan produk. dengan hal tsb kita juga dapat memperoleh loyalitas dan kepercayaan dari konsumen. Cara identifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen:
    1. mengumpulkan data dari konsumen
    2. menjadikan data tersebut sebagai kebutuhan dari pelanggan
    3. pengelompokan kebutuhan (primer/skunder)
    4. menetapkan derajat kepentingan dari setiap kebutuhan
    5. menggambarkan hasil

    ReplyDelete
  6. Karena konsumen merupakan faktor penting suatu perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Dengan melakukan identifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen maka perusahaan dapat mengetahui bagaimana dan apa kebutuhan konsumen yang sebenarnya. Sehingga nantinya mampu menciptakan produk atau jasa yang sesuai ataupun mendekati dengan kebutuhan konsumen itu sendiri. Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan perusahaan misalnya dengan mengamati calon konsumen yang akan ditargetkan seperti gender, pendapatan dan pengeluaran konsumen serta alasan mengapa konsumen membeli produk atau jasa tersebut.

    ReplyDelete
  7. karna kebutuhan dan keinginan konsumen adalah modal pertama untuk kita mengembangkan suatu usaha dan meningkatkan kualitas yang kita miliki

    dengan cara
    melakukan survei terhadap beberapa konsumen
    melakukan diskusi internal dengan team penjualan bagaimana respon
    konsumen dilapangan terhadap produk yang dimiliki ataupun bisa juga memantau melalui media sosial
    mengevaluasi hasil masukan yang didapatkan

    ReplyDelete
  8. Tujuan dari identifikasi kebutuhan pelanggan adalah sebagai berikut:1.Memastikan produk terfokus pada kebutuhan pelanggan (costumerneeds).2.Mengidentifikasi kebutuhan laten atau kebutuhan yang tersembunyi.3.Sebagai dasar dalam menetapkan spesifikasi produk.4.Membuat arsip yang merekam aktivitas dalam mengindentifikasikebutuhan pelanggan.5.Memastikan tidak ada kebutuhan pelanggan yang bersifat kritisterlewatkan atau terlupakan.6.Membangun pemahaman bersama tentang kebutuhan pelanggandiantara tim pengembangProses identifikasi kebutuhan pelanggan dibagi menjadi lima tahap, yaitu:1.Mengumpulkan data mentah dari pelanggan. 2.Menginterpretasikan data mentah menjadi kebutuhan pelanggan.


    ReplyDelete
  9. Tujuan dari identifikasi kebutuhan pelanggan adalah sebagai berikut:
    1.Memastikan produk terfokus pada kebutuhan pelanggan.
    2.Mengidentifikasi kebutuhan laten atau kebutuhan yang tersembunyi.
    3.Sebagai dasar dalam menetapkan spesifikasi produk.
    4.Membuat arsip yang merekam aktivitas dalam mengindentifikasikebutuhan pelanggan.
    5.Memastikan tidak ada kebutuhan pelanggan yang bersifat kritisterlewatkan atau terlupakan.
    6.Membangun pemahaman bersama tentang kebutuhan pelanggandiantara tim pengembang

    Proses identifikasi kebutuhan pelanggan dibagi menjadi lima tahap, yaitu :
    1.Mengumpulkan data mentah dari pelanggan. 2.Menginterpretasikan data mentah menjadi kebutuhan pelanggan.

    ReplyDelete
  10. 1. Membantu meningkatkan kualitas produk dan jasa
    Mendengarkan pelanggan Anda adalah satu-satunya cara untuk menjamin Anda membuat produk atau jasa yang mereka butuhkan sehingga terciptanya sebuah transaksi.

    2. Menjadi Tolak Ukur Kepuasan Pelanggan
    Mengukur kepuasan pelanggan membantu Anda menentukan apakah produk atau jasa memenuhi atau melebihi harapan pelanggan.

    3.Memberikan Wawasan untuk Menciptakan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik
    Meningkatkan pengalaman pelanggan harus menjadi alasan utama Anda dalam mengumpulkan tanggapan konsumen

    4. Membantu Meningkatkan Retensi Pelanggan
    Tanggapan pelanggan menawarkan jalur komunikasi langsung dengan pelanggan Anda sehingga Anda dapat menentukan apakah mereka tidak senang dengan produk atau layanan Anda sebelum mereka benar-benar meninggalkan Anda.

    5.5. Memberikan Data yang Nyata untuk Perkembangan Usaha
    Keputusan bisnis yang terbaik dapat diambil dari data yang nyata, bukan berdasarkan dari firasat atau hanya keinginan semata.
    6.6. Mengidentifikasi Pendukung Produk Anda
    Pelanggan Anda sudah pasti ada yang mati-matian akan menjadi pendukung Anda. Entah karena mereka sudah terbiasa dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan ataupun karena mereka sudah merasa nyaman dengan Anda.

    ReplyDelete
  11. . Membantu meningkatkan kualitas produk dan jasa
    Mendengarkan pelanggan Anda adalah satu-satunya cara untuk menjamin Anda membuat produk atau jasa yang mereka butuhkan sehingga terciptanya sebuah transaksi.

    2. Menjadi Tolak Ukur Kepuasan Pelanggan
    Mengukur kepuasan pelanggan membantu Anda menentukan apakah produk atau jasa memenuhi atau melebihi harapan pelanggan.

    3.Memberikan Wawasan untuk Menciptakan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik
    Meningkatkan pengalaman pelanggan harus menjadi alasan utama Anda dalam mengumpulkan tanggapan konsumen

    4. Membantu Meningkatkan Retensi Pelanggan
    Tanggapan pelanggan menawarkan jalur komunikasi langsung dengan pelanggan Anda sehingga Anda dapat menentukan apakah mereka tidak senang dengan produk atau layanan Anda sebelum mereka benar-benar meninggalkan Anda.

    5 Memberikan Data yang Nyata untuk Perkembangan Usaha
    Keputusan bisnis yang terbaik dapat diambil dari data yang nyata, bukan berdasarkan dari firasat atau hanya keinginan semata.
    6.6. Mengidentifikasi Pendukung Produk Anda
    Pelanggan Anda sudah pasti ada yang mati-matian akan menjadi pendukung Anda. Entah karena mereka sudah terbiasa dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan ataupun karena mereka sudah merasa nyaman dengan Anda.

    ReplyDelete